Biosfer Geografi Persebaran Flora dan Fauna

Hai sahabat semua, di kesempatan kali ini saya mau berbagi materi geografi yang judulnya Biosfer Geografi Persebaran Flora dan Fauna. Materi ini dipelajari pada kelas 11 untuk kurikulum 2013, jadi jika kalian sedang mencari materi tentang ini silahkan simak ulasannya berikut.

Nah seperti pada posting sebelum-sebelumnya, disini saya tidak ada kesan menggurui atau yang lainnya, disini saya hanya sekedar sharing apa yang saya dapatkan di sekolah kepada anda.

Kembali ke topik, yang akan kita bahas pertama kali adalah asal muasal istilah Biosfer dan pengertiannya.

Pengertian Biosfer Geografi

Pengertian Biosfer

Biosfer berasal dari 2 kata yaitu Bio dan Sphaira. Nah sekarang kita cari pengertiannya kata perkata sebagai berikut.

» Bio secara etimologis artinya Hidup
» Sphaira artinya Lapisan
Jadi secara singkat, biosfer bisa diartikan sebagai kehidupan mahluk hidup di semua lapisan bumi, baik dalam, tengah, maupun luar.

Nah jika kalian ingin mengetahui yang lebih spesifik lagi pengertian dari Biosfer, silahkan baca dibawah ini :

Biosfer adalah bagian dari bumi dan atmosfernya di mana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya.

Setelah mengetahui pengertian dari Biosfer ini, selanjutnya kita membahas materi yang sudah tertera pada judul yaitu Biosfer Geografi Persebaran Flora dan Fauna.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain iklim, tanah, topografi, dan biotik, Supaya lebih paham, mari kita bahas satu persatu:

» Faktor Klimatis atau Iklim
Iklim sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan, terutama pada persebaran flora dan fauna. Unsur-unsur dari iklim yang mempengaruhi hal tersebut antara lain

  1. Suhu
  2. Kelembapan Udara
  3. Angin
  4. Curah Hujan
  5. Sinar Matahari
Ke-5 unsur itulah yang mempengaruhi persebaran baik flora maupun fauna di Indonesia.


» Faktor Edafik atau Tanah
Didalam tanah terkandung banyak sekali unsur-unsur kimia yang diperlukan untuk tumbuhan atau flora untuk hidup. Nah jika kadar kimiawi dalam tanah tersebut memiliki dosis yang baik, maka tanah tersebut akan subur. Selain itu, sirkulasi dalam tanah juga sangat diperlukan supaya nantinya akar tanaman bisa melakukan respirasi dengan baik sehingga proses pertumbuhan tidak akan terhambat.

» Faktor Topografi
Faktor ini bisa juga disebut sebagai keadaan atau bentuk geografi dari muka bumi. Nah yang paling terlihat adalah tinggi rendahnya suatu tempat. Semakin tinggi tempat tersebut, maka suhunya semakin rendah, begitu juga sebaliknya.

Masing-masing wilayah tersebut memiliki keuntungan dan kerugian masing-masuing yang membuat flora dan fauna kita semakin kaya dan khas.

» Faktor Biotik atau Biologis
Faktor biotik atau biologis ini terdiri dari makhluk hidup itu sendiri seperti hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme-organisme lainnya.

Gambar Garis Wallacea dan Weber

Biosfer Geografi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

⇔ Persebaran Flora di Indonesia
Persebaran flora dipengaruhi oleh tiga faktor sebagai berikut :
  1. Letak Indonesia berada di kawasan tropis sehingga memiliki iklim yang stabil.
  2. Letak Indonesia diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia, artinya kepulauan Indonesia dilintasi 2 pusat persebaran biota asia dan australia.
  3. Karena berada diantara 2 benua tersebut, membuat flora dan fauna yang ada menjadi lebih beraneka ragam.
Secara umum, persebaran flora terdiri atas flora Sumatra-Kalimantan, Jawa-Bali, flora Wallace dan flora Papua.

⇔ Persebaran Fauna di Indonesia
Persebaran fauna di Indonesia dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu barat, tengah dan timur.

» Fauna Barat ⇒Bertipe Asiatis atau memiliki kesamaan dengan fauna di Asia. Fauna bagian barat disebut juga wilayah fauna dangkalan sunda. Wilayahnya meliputi Sumatra dan pulau kecil, Nias, Enggano, Bangka, Belitung, Kepulauan Riau, Jawa dan pulau kecil lainnya. Dibatasi oleh garis Wallace.

Contoh faunanya yaitu gajah, badak bercula satu, tapir, rusa, banteng, jalak, kutilang, ikan pesut, lumba-lumba air tawar di Sungai Mahakam, dan lainnya.

» Fauna Tengah ⇒disebut juga dengan fauna kepulauan Wallacea atau disebut juga fauna peralihan yaitu yang memisahkan antara Indonesia Barat dan Timur.

*Wilayahnya meliputi Sulawesi, Pulau Timor, Kepulauan Nusa Tenggara(Flores, Sumba, Lombok, Komodo dan pulau kecil lainnya).

*Contoh faunanya seperti anoa, kuskus, monyet hitam, komodo, monyet saba, katak air, banteng, kuda, sapi dan masih banyak lagi.

» Fauna Timur ⇒Fauna bagian timur disebut juga fauna dangkalan sahul. Jenis faunanya bertipe Australis karena mirip dengan yang ada di benua Australia.

*Wilayahnya meliputi kepulauan Maluku, Papua dan sekitarnya.

*Contoh faunanya seperti burung Cendrawasih, nodia, walabi, beruang, kasuari, katak pohon, katak terbang dan masih banyak lagi.

Nah saya rasa cukup sekian mengenai Biosfer Geografi Persebaran Flora dan Fauna, semoga bermanfaat. Terima Kasih
Berikut video tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia


Tag : geografi
0 Komentar untuk "Biosfer Geografi Persebaran Flora dan Fauna"

Back To Top
Ruangguru.com