Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan Beserta Contohnya

Hai semua, di kesempatan kali ini saya mau berbagi materi biologi yang judulnya Ciri Khas Hewan dan Tumbuhan. Allah SWT menciptakan manusia, hewan, dan tumbuhan dengan ciri khas atau ciri khusus yang membuatnya berbeda antara satu dengan yang lain.

Manusia memiliki ciri khusus sendiri, hewan juga memiliki ciri khusus sendiri, begitu juga dengan tumbuhan. Semua ciri tersebut berhubungan dengan kemampuan yang dimilikinya untuk bisa bertahan hidup. Tapi kali ini yang akan kita bahas yaitu ciri khas dan khusus hewan dan tumbuhan karena kalian kan sudah tahu ciri khusus dari diri kalian sendiri itu apa jadi saya tidak perlu menjelaskannya.

Oke simak baik-baik ya artikel ini....

Ciri-Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan

  • Ciri-Ciri Khusus Hewan
Pertama kita akan membahas ciri khusus yang ada pada hewan. Nah hewan sendiri memiliki ciri yang berbeda antara hewan satu dengan yang lainnya. Semua itu disesuaikan dengan kemampuannya bertahan hidup. Apa saja ciri-cirinya? silahkan disimak.

⇔ Mengeluarkan Tinta

Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan Beserta Contohnya

Hewan yang memiliki kemampuan mengeluarkan tinta dalam tubuhnya biasanya digunakan untuk pertahanan diri. Contohnya yaitu cumi-cumi.

⇔ Memiliki Punuk
Hewan yang memiliki punuk biasanya memiliki ketahanan hidup yang tinggi karena mampu bertahan hidup beberapa hari walau tanpa makan apapun. Hal tersebut karena adanya punuk yang menyimpan cadangan air dan makanan. Contohnya yaitu unta yang bisa hidup berhari-hari di gurun tanpa makanan dan minuman.

⇔ Memiliki Bisa Beracun
Hewan yang memiliki bisa contohnya adalah ular kobra. Ular kobra menggunakan bisa untuk melumpuhkan mangsanya yang kemudian setelah itu dimakannya.

⇔ Mampu Merubah Warna Tubuhnya
Hewan yang memiliki kemampuan untuk merubah warna tubuhnya biasanya cenderung diam dan agresif dalam waktu tertentu. Contohnya yaitu bunglon, hewan tersebut mampu berkamuflase dengan merubah warnanya menyerupai lingkungan sekitarnya untuk menghindari musuhnya atau untuk mengincar mangsanya.

⇔ Memiliki Leher Panjang
Hewan dengan leher panjang mampu menjangkau makanannya yang tinggi sekalipun. Contohnya yaitu Jerapah yang mampu menjangkau pucuk daun muda yang menjadi makanannya.

⇔ Kemampuan Berekolokasi

Kemampuan Ekolokasi Kelelawar

Kemampuan dalam melakukan ekolokasi ini pengertiannya yaitu mampu mendeteksi benda-benda yang ada ditempat gelap. Nah tidak semua hewan memiliki ciri ini, salah satu hewan yang memiliki kemampuan berekolokasi dan sering kita jumpai yaitu kelelawar.

⇔ Memiliki Lidah Panjang dan Lengket
Nah untuk yang satu ini setiap hewan memilikinya, tapi tidak semua dari mereka memiliki lidah yang lengket. Lidah yang panjang dan lengket ini umumnya digunakan untuk menangkap mangsanya yaitu dengan cara menjulurkan lidahnya ke arah mangsanya, kemudian setelah tertangkap pada lidahnya yang lengket selanjutnya ditariknya kembali lidah tersebut. Ada beberapa hewan yang memiliki ciri tersebut, antara lain katak, bunglon, tokek, dan cicak.

⇔ Mempunyai Kaki Berselaput
Nah sering kita temui hewan yang dengan mudahnya berenang di air dan tidak tenggelam. Nah umumnya hewan tersebut memiliki jenis kaki yang berselaput. Dengan adanya kaki tersebut, mereka dengan mudah bisa mengambang dan bergerak diatas air. Biasanya hewan dengan ciri tersebut sering menghabiskan waktunya di air untuk mencari makanannya. Contoh hewan yang memiliki tipe kaki berselaput adalah katak, itik, dan angsa.

⇔ Memiliki Kulit Berduri
Ciri khusus hewan selanjutnya yaitu memiliki kulit berduri. Sedikit ngeri memang jika kita melihat hewan-hewan dengan ciri tersebut berada disekitar kita. Nah kulit berduri yang ada pada tubuh hewan fungsinya sebagai pertahanan dan perlawanan dari para predatornya. Salah satu contoh dari hewan berduri adalah landak.

⇔ Memiliki Rangka Luar
Hewan yang memiliki rangka luar yang kuat biasanya digunakan untuk melindungi tubuhnya baik dari serangan musuh atau perlindungan lainnya. Rangka luar yang kuat membuat hewan-hewan tersebut lebih aman dan menjadi pertahanan yang paling sulit ditembus oleh musuh yang bergigi tajam sekalipun. Hewan yang memiliki ciri tersebut yaitu kepiting, lobster, dan rajungan.

Nah itu tadi Ciri Khusus dari hewan, selanjutnya yang akan kita bahas yaitu ciri Khusus pada Tumbuhan

  • Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan
Tumbuhan memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain, apa saja ciri khususnya? silahkan disimak.

⇔ Memiliki Batang Berongga
Nah ciri yang pertama yaitu memiliki batang berongga. Fungsi dari batang berongga itu sendiri adalah untuk menampung udara. Umumnya tumbuhan yang memiliki ciri tersebut hidup di air, yaitu dengan cara mengapung. Tumbuhan dengan ciri tersebut yang sering kita jumpai yaitu eceng gondok dan teratai.

⇔ Memiliki Bau busuk
Bau busuk yang dikeluarkan oleh beberapa jenis tumbuhan memiliki fungsi sebagai pertahanan diri dari musuh. Tapi tidak hanya itu saja, biasanya juga digunakan untuk menarik mangsanya agar mendekat dan kemudian dimakan dan juga untuk menarik serangga supaya bisa membantu proses penyerbukan tumbuhan.

⇔ Memiliki Daun Lebar dan Tipis
Tumbuhan yang memiliki ciri tersebut biasanya hidup di air dan memiliki jumlah air yang berlebih, karena fungsi dari daun lebar dan tipis adalah untuk mempercepat proses fotosintesis. Contoh tumbuhannya yaitu teratai dan talas.

⇔ Menggugurkan Daunnya

Ciri Khusus Tumbuhan Jati

Tumbuhan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan yang terjadi, sehingga kadar air dalam tubuhnya bisa di optimalkan. Contoh tumbuhannya yaitu pohon jati.

⇔ Memiliki Akar Nafas
Tumbuhan ini biasanya hidup di air, contohnya yaitu tumbuhan bakau. Tumbuhan tersebut menggunakan akar nafas saat tubuhnya tergenang air.

Nah itu dia ciri khusus hewan dan tumbuhan, semoga bermanfaat dan jangan lupa terus belajar dan raih masa depan. Terima Kasih.
Tag : biologi
0 Komentar untuk "Ciri Khusus Hewan dan Tumbuhan Beserta Contohnya"

Back To Top
Ruangguru.com