Kerajinan dari Bahan Lunak Pengertian dan Contohnya

Sahabat semua, kembali lagi di blog sederhana saya ini, kali ini saya akan berbagi ilmu kepada anda mengenai Kerajinan dari Bahan Lunak Pengertian dan Contohnya yang mungkin bisa anda gunakan sebagai referensi jika ingin membuka usaha dibidang ini.

Jenis kerajinan di Indonesia sendiri yang dikenal ada tiga yaitu berdasarkan bahan baku, sifat bahannya, dan fungsinya. Nah untuk kerajinan dari bahan lunak sendiri masuk dalam kategori jenis kedua yaitu kerajinan berdasarkan bahan baku.

Sekarang timbul pertanyaan, apakah yang dimaksud kerajinan dari bahan lunak itu? Kerajinan dari bahan lunak adalah karya kerajinan yang dibuat dari bahan-bahan lunak atau mudah dibentuk. Jadi semua kerajinan yang dibuat dari bahan lunak atau bahan yang mudah dibentuk termasuk kedalam kategori ini.

Kerajinan dari Bahan Lunak Pengertian dan Contohnya

Setelah mengetahui pengertian dari kerajinan dari bahan lunak, selanjutnya kita akan membahas mengenai tujuan dan kegunaan dari kerajinan ini.

Jadi, kerajinan dari bahan lunak umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, namun bukan tidak mungkin kalau kerajinan ini juga bisa difungsikan sebagai benda hias karena untuk beberapa benda yang dibuat dengan telaten akan menghasilkan kerajinan yang memiliki nilai estetika yang tinggi,

Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan lunak ini sangat banyak, beberapa contohnya yaitu tanah liat, sabun, dan lilin.

Tanah liat merupakan bahan yang paling banyak digunakan dalam pembuatan kerajinan ini. Alasannya yaitu selain mudah didapat dan tidak terlalu mahal, kerajinan yang dibuat dari tanah liat memiliki tingkat ketahanan yang lebih jika dibanding dengan bahan lainnya.

Tanah liat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tidak sembarangan, hanya beberapa saja yang bisa dibuat menjadi sebuah karya antara lain :

  • Tanah liat yang mudah dibentuk serta memiliki tekstur yang halus, umumnya memiliki warna kekuningan, coklat, atau hitam.
  • Tanah sedimen atau endapan yang terbawa oleh arus sungai yang kemudian mengalami pengendapan.
  • Tanah kaulim, memiliki tekstur yang kasar, sukar dibentuk, dan tahan api membuat tanah ini cocok untuk dibuat kerajinan karena nantinya awet dan tahan lama.
Nah jika kalian ingin membuat sebuah kerajinan dari bahan lunak, perlu perhatikan hal ini sebelum memulainya karena jika tidak mungkin nanti anda kan mengalami kegagalan atau kendala di tengah pembuatan.

  1. Sebelumnya perhatikan terlebih dahulu kondisi bahan lunak yang anda gunakan, misalnya anda ingin menggunakan Tanah Liat, ya tanah liatnya itu harus dibersihkan dulu sebelum digunakan. Lihat juga kondisi bahannya, jika tidak memungkinkan untuk dilakukan proses selanjutnya, tinggalkan saja dan cari bahan lain.
  2. Perencanaan yang matang, jika anda ingin membuat sebuah kerajinan, perlu memperhatikan hal ini karena menentukan kualitas produk anda nantinya. 
Bagi kalian yang masih bingung mengenai pembuatan kerajinan bahan lunak ini, kalian bisa melihat contoh pembuatan keramik berikut ini:

Contoh Kerajinan Bahan Lunak Keramik

Tahap-tahap pembuatan keramik sebagai berikut :
  • Pengolahan Bahan
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membuat keramik adalah mengolah bahan baku yang belum siap pakai menjadi siap pakai. Pembuatannya bisa dengan tangan atau mesin dan menggunakan metode basah atau kering, jadi terserah anda tergantung kenyamanan masing-masing.

Semua bahan yang diperlukan dicampur menjadi satu hingga tercipta campuran yang homogen atau sejenis, nah setelah itu kalian bisa mencetaknya sesuai ukuran yang kalian inginkan.
  • Pembentukan
Sebelumnya sudah kita lakukan pencetakan pada bahan-bahan tadi, selanjutnya kita rapikan bongkahan tadi menjadi bentuk yang kita kehendaki. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti teknik tangan langsung, teknik putar, dan teknik cetak.

Bagi yang masih pemula seperti saya ada baiknya untuk menggunakan teknik cetak saja karena lebih simpel dan instant, tapi ya nggak seinstant mie instant heheheh....

Teknik cetak bisa kita gunakan jika bahan yang sudah dicampur sebelumnya dalam keadaan masih basah, sehingga nanti bisa kita tuangkan kedalam cetakan.
  • Pengeringan dan Pembakaran
Setelah hasil cetakan jadi, tahap selanjutnya adalah pengeringan. Gunanya untuk menghilangkan kandungan air sehingga keramik nanti lebih tahan lama.

Nah keramik yang sudah dikeringkan tadi masih harus dilakukan pembakaran, tujuannya adalah supaya keramik lebih kuat dan tahan lama serta tahan terhadap segala kondisi.
  • Finishing
Setelah semuanya selesai, tahap terakhir yang harus dilakukan adalah membuat keramik menjadi lebih cantik dan menarik sehingga nanti bila kalian ingin menjualnya, keramik tersebut berharga mahal jadi bisa untung deh....

ontoh kerajinan dari bahan lunak


Nah sekian postingan kali ini tentang kerajinan dari Bahan Lunak Pengertian dan contohnya, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa tinggalkan komen atau pertanyaan anda dikolom komentar. Terima Kasih..
Berikut ini contoh salah satu kerajinan yang dibuat dari bahan lunak yang berbahan dasar semen putih.

Tag : pkwu
0 Komentar untuk "Kerajinan dari Bahan Lunak Pengertian dan Contohnya"

Back To Top
Ruangguru.com