Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contohnya

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi materi baru, yaitu mengenai Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contohnya. Materi ini merupakan materi seni budaya atau seni rupa yang diajarkan di SMP dan dikembangkan di SMA.

Nah yang akan kita bahas pertama kali yaitu pengertian Seni Rupa. Silahkan simak penjelasan singkatnya berikut:

Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

Untuk memperoleh sebuah kesan yang dalam dari suatu karya seni rupa, diperlukan pengolahan konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika atau keindahan.

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contohnya

Seni rupa berdasarkan bentuk dan wujudnya dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

⇒ Seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki 2 ukuran panjang dan lebar saja, dengan kata lain, hanya bisa dilihat dari satu arah.

⇒ Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki volume atau memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Bisa dilihat dari segala arah.

Selanjutnya yaitu pembagian seni rupa berdasarkan fungsinya yaitu dibagi menjadi dua, seni rupa murni dan seni rupa terapan. Berikut penjelasannya:

Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan


  • Seni Rupa Murni
pengertian seni rupa adalah karya seni yang dibuat untuk dinikmati nilai estetika atau keindahannya saja untuk memberi kepuasan batin bagi pemiliknya.

Namun seiring berkembangnya waktu, fungsi dari seni rupa murni ini mulai bergeser, yaitu tidak hanya dinikmati keindahannya saja, tapi juga digunakan sebagai hiburan. Seni jenis ini cenderung lebih bebas dan memiliki nilai estetika yang tinggi, mampu membuat orang yang melihatnya tertarik atau terhibur. Seni rupa murni banyak digunakan untuk menghias sesuatu, lazimnya adalah untuk menghias ruangan.

Contoh dari seni rupa murni ini adalah lukisan, tulisan kaligrafi, patung, dan lainnya. Berikut penjelasan beberapa contoh dari karya jenis ini:
  1. Lukisan, karya dua dimensi yang termasuk dalam seni rupa murni karena memiliki nilai keindahan yang tinggi. Goresan demi goresan yang dituliskan oleh si Pelukis memiliki makna yang mendalam sehingga membuat suatu lukisan mendapat apresiasi yang tinggi. Banyak orang yang tidak segan mengeluarkan banyak uang hanya untuk mendapatkan lukisan dari pelukis terkenal Indonesia, karena lukisan yang mereka buat memiliki keindahan yang tidak bisa ternilai.

    Contoh Seni Rupa Murni Lukisan Affandi
  2. Kaligrafi, hampir sama dengan lukisan, tetapi kaligrafi tidak hanya dibuat di media kertas atau kanvas, tapi media lain seperti media kayu yang diukir dan media yang memungkinkan lainnya. Kaligrafi banyak digunakan untuk menghiasi suatu ruangan.
  3. Patung, karya seni 3 dimensi ini sudah ada sejak lama, terbukti dengan ditemukannya berbagai patung-patung dengan bentuk yang beragam.

    Contoh Seni Rupa Murni Patung
    sumber detik.com
  4. Grafis, merupakan salah satu karya seni modern yang dibuat menggunakan bantuan teknologi yang canggih. Hampir sama dengan lukisan namun dalam proses pembuatannya seni grafis cenderung lebih mudah karena dibantu dengan peralatan yang canggih tadi.
  • Seni Rupa Terapan
Pengertian dari seni rupa terapan adalah karya seni yang tidak hanya dinikmati segi keindahannya saja, tetapi juga memiliki nilai guna bagi pemiliknya.

Meskipun begitu, seni rupa terapan juga tidak mengesampingkan begitu saja aspek keindahan. Untuk beberapa benda malahan memiliki nilai keindahan yang melebihi karya seni murni. Contoh dari seni rupa terapan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari dan mungkin sering juga kita gunakan.

Contoh dari karya seni rupa terapan adalah seni kriya dan seni arsitektur, berikut penjelasannya satu persatu:
  1. Seni Kriya, merupakan karya seni yang dibuat berdasarkan hasil daya cipta manusia melalui keterampilan tangan dan kreatifitas dari si pembuat.
  2. Seni Arsitektur, merupakan seni rupa terapan yang mengutamakan nilai guna. Namun seiring berkembangnya zaman, seni arsitektur mulai memperhatikan aspek keindahan juga.
Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan, semoga bermanfaat bagi kalian semua Terima Kasih.
Tag : senirupa
0 Komentar untuk "Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan Beserta Contohnya"

Back To Top