Pengertian Wawasan Nusantara Beserta Fungsinya

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi materi Pendidikan Kewarganegaraan atau sering disingkat PKn yang judulnya Pengertian Wawasan Nusantara Beserta Fungsi dan Tujuannya. Materi ini diajarkan di kelas 10 SMA, mungkin bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai wawasan nusantara, beruntunglah karena kalian menemukan blog saya ini.

Oke kita langsung saja ke materi bahasan kita kali ini. Pertama yang akan kita bahas yaitu pengertian dari wawasan nusantara itu sendiri. Nah, pengertiannya dibagi menjadi 3 yaitu secara umum, secara etimologis dan menurut definisi para ahli. Berikut ulasannya:

Pengertian Wawasan Nusantara Beserta Fungsinya

Pengertian secara Umum
⇔ Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografisnya menurut Pancasila dan UUD 1945 dalam mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Pengertian secara Etimologis
⇔ Wawasan Nusantara adalah cara pandang terhadap kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua dan dua samudra yaitu benua asia dan australia serta samudra hindia dan samudra pasifik.

Pengertian menurut para ahli
⇔ Prof. Dr. Wan Usman, menurut beliau wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

⇔ Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN. adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional

Nah setelah mengetahui pengertian dari wawasan nusantara sebagai mana sudah terpapar diatas, selanjutnya kita bahas mengenai fungsinya.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi wawasan nusantara yaitu sebagai berikut:

Secara Umum
⇔ Wawasan Nusantara berfungsi Sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggaraan Negara di pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Fungsi Lainnya
  • sebagai konsepsi ketahanan nasional yang meliputi pembangunan, pertahanan, dan kewilayahan.
  • sebagai pembangunan nasional yang mencakup semua aspek kehidupan negara yaitu politik, ekonomi, sosial, pertahanan dan keamanan.
  • sebagai penanda suatu wilayah agar tidak bersengketa dengan negara lain mengenai wilayah.

Nah setelah mengetahui fungsinya, kita lanjut lagi ke bagian faktor-faktor yang mempengaruhi wawasan nusantara. Silahkan Disimak pemaparannya dibawah ini:


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wawasan Nusantara
  • Wilayah (Geografi)
  • Geopolitik dan Geostrategi
  • Perkembangan Wilayah Indonesia dan Dasar Hukumnya
Itu dia 3 faktor penting dari wawasan nusantara. Sekian artikel kali ini yang berjudul pengertian wawasan nusantara beserta fungsinya, semoga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih sudah berkunjung ya...
Tag : pkn
0 Komentar untuk "Pengertian Wawasan Nusantara Beserta Fungsinya"

Back To Top
Ruangguru.com