Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Hai teman semuanya bertemu lagi nih dengan saya. Pada artikel ini saya mau berbagi pengertian observasi menurut para ahli dan secara umum. Untuk itu bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai observasi sangat pas untuk membaca ulasan dari saya ini.

Oke langsung saja kita mulai pembahasannya ya..

Pertama kita akan mencari tahu pengertian atau definisi dari Observasi menurut para ahli. Silahkan disimak:

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli



  • Prof. Heru
Suatu pengamatan menunjukkan sebuah studi atau pembelajaran yang dilaksanakan dengan sengaja, terarah, berurutan, dan sesuai tujuan yang hendak dicapai pada suatu pengamatan yang dicatat segala kejadian dan fenomenanya yang disebut dengan hasil observasi. Hasil tadi dijelaskan dengan rinci, teliti, tepat, akurat, bermanfaat dan objektif sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
  • Nawawi dan Martini
Menurut mereka, observasi adalah pengamatan sekaligus pencatatan secara urut yang terdiri dari unsur-unsur yang bermunculan dalam suatu fenomena-fenomena dalam objek penelitian. Hasil dari pengamatan akan dilaporkan dengan susunan yang sistematis dan sesuai kaidah yang berlaku.
  • Sutrisno Hadi
Observasi adalah sebuah proses yang sangat kompleks yang terdiri dari berbagai macam proses baik proses biologis maupun proses psikologis yang lebih mementingkan proses-proses ingatan dan pengamatan.
  • Hanna Djumhana
Menurut beliau, observasi adalah suatu metode ilmiah yang hingga waktu ini masih menjadi tempat utama dalam ilmu pengetahuan empiris serta masih mendapat pengakuan dari dunia penelitian karya ilmiah sebagai metode yang sering digunakan dalam melakukan pengumpulan data.
  • Patton
Observasi menurut Patton adalah sebuah metode yang akurat dan spesifik dalam melakukan pengumpulan data serta memiliki tujuan mencari informasi mengenai segala kegiatan yang sedang berlangsung untuk dijadikan objek kajian dalam sebuah penelitian.
  • Sudjana
Observasi adalah metode penilaian yang sering digunakan untuk mengukur suatu proses dan tindakan individu dalam sebuah peristiwa yang sedang diamati.
  • Suharsimi Arikunto
Menurut beliau, observasi adalah pengamatan secara langsung terhadap suatu objek yang terdapat di lingkungan baik yang sedang berlangsung saat itu atau masih berjalan yang meliputi berbagai aktifitas perhatian terhadap suatu kajian objek dengan menggunakan pengindraan. Tindakan yang dilakukan dengan sengaja atau sadar dan sesuai urutan.\
  • Burhan
Observasi merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan pengamatan melalui hasil kerja dari salah satu panca indra yaitu mata serta dibantu oleh panca indra lainnya.
  • Karl Welck
Observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.
  • Kartono
Observasi adalah proses studi terhadap sesuatu yang dikerjakan dengan sadar dan sistematis yang membahas mengenai fenomena atau kejadian sosial dan psikis melalui pengamatan dan pencatatan.
  • Sugiyono
Menurut beliau, observasi dalam arti sempit adalah suatu proses penelitian dengan mengamati situasi serta kondisi dari bahan pengamatan. Teknik observasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk melakukan penelitian mengenai proses pembelajaran, sikap dan perilaku, dan lainnya.
  • Gibson, R.L dan Mitchell. M.H
Observasi yaitu teknik yang bis dipergunakan untuk menyeleksi derajat dalam menentukan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati. Pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibantu dengan metode penelitian yang lainnya.
  • Gall dkk
Observasi adalah sebuah metode pengumpulan data dan informasi yang dilakukan melalui pengamatan lingkungan dan tingkah laku baik secara pribadi maupun umum.

Nah itu dia beberapa pengertian observasi menurut para ahli, selanjutnya kita simpulkan dari semua pengertian diatas menjadi pengertian observasi secara umum.

Pengertian Observasi Secara Umum

Pengertian Observasi Secara Umum

Setelah mengetahui beberapa pengertian observasi menurut para ahli, selanjutnya kita akan menyimpulkannya menjadi pengertian yang konkrit dan mendalam dari observasi itu sendiri. Berikut pengertian secara umumnya:
Observasi adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengetahui sesuatu dari sebuah fenomena yang didasari pada pengetahuan dan gagasan yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi terkait dengan suatu fenomena atau peristiwa yang sudah atau sedang terjadi dilingkungan yang mana dalam mendapatkan informasi-informasi tadi harus objektif, nyata serta dapat dipertanggung jawabkan.
Nah sekian pembahasan kita kali ini mengenai pengertian observasi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel bermanfaat ini ya. Terima Kasih
Tag : sosiologi
0 Komentar untuk "Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum"

Back To Top
Ruangguru.com