Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya Tentang Pendidikan

Yo semua apa kabar? kali ini saya akan berbagi artikel tentang contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya. Nah tentunya sobat yang sedang membaca artikel ini adalah murid-murid SMA kan? ya artikel ini memang ditujukkan untuk siswa SMA kelas 10 khususnya yang mana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ada salah satu bab yang membahas tentang teks ini.

Oke apa aja yang bakal kita bahas nanti kak? pertanyaan yang bagus, nanti kita akan membahas segala tentang teks ini. Jadi tidak hanya sebatas pengertian saja, melainkan ke hal-hal yang lebih komplek dan mendalam lagi yaitu struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan contohnya.

Ya nanti saya juga akan memberikan untuk sobat semua contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan yang mana menjadi topik umum dan sering dibahas. Saya sengaja memberikan penjelasan sangat detail supaya sobat semua lebih memahami apa itu teks tanggapan kritis, masalahnya jika saya hanya membahas sebatas pengertian dan contohnya saja tanpa memberikan ciri dan strukturnya nanti malah akan membuat sobat semua bingung.

Jadi lebih mantap kalau kita bahas semua hal tentang teks ini. Oke langsung saja kita mulai pembahasan kali ini. Silahkan simak ulasan berikut :


Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Definisi Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang isinya mengenai suatu kritikan pedas terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Umumnya penggunaan teks ini yaitu pada event atau acara debat di suatu forum. Kita juga dituntut untuk bisa menganalisis suatu pendapat dan kita juga harus menerima semua bentuk kritikan dari orang tentang pendapat yang kita utarakan.

Teks Tanggapan Kritis Struktur dan Contohnya

Struktur Teks Tanggapan Kritis yang Benar


Seperti jenis-jenis teks lainnya, teks tanggapan kritis juga memilki struktur yang wajib kamu ketahui, apa saja strukturnya? Silahkan simak dibawah ini.

  1. Evaluasi, adalah bagian awal yang berisi pernyataan umum yang disampaikan oleh penulis.
  2. Deskripsi Teks, adalah bagian isi yang didalamnya memuat informasi tentang data-data dan juga pendapat-pendapat yang mendukung maupun melemahkan suatu teori atau pendapat.
  3. Penegasan Ulang, adalah baian terakhir yang isinya tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.
Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

  1. Berisi tanggapan mengenai suatu fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar beserta fakta adn alasan yang menguatkannya.
  2. Memiliki 3 struktur yang sudah saya jelaskan diatas.
  3. Memiliki kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan.
Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  1. Kalimat Kompleks, adalah kalimat yang terdiri dari 2 verba dan 2 struktur.
  2. Konjungsi, adalah kata yang fungsinya untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat lainnya.
  3. Kata rujukan, adalah kalimat yang funsginya untuk menguatkan pendapat dari si-Pemberi pendapat.
  4. Pilihan kata, adalah penggunaan kata yang pas untuk digunakan dalam teks.

Contoh Teks Tanggapan Kritis beserta Strukturnya



Pilih Mana SMA atau SMK?
No
Strutur Teks
Kalimat
1
Evaluasi
Mungkin dari kalian yang saat ini masih SMP dan sebentar lagi mau lulus, akan bingung ingin meneruskan kemana, SMA atau SMK? Kalian tidak bisa sembarangan dalam menentukan mau lanjut kemana, soalnya piliha Anda sekarang, akan berdampak besar pada kalian di masa yang akan datang. Untuk itu, silahkan cari dulu kelebihan dan kekurangan kalian masing-masing sebelum memulai menentukan pilihan. Apa saja alasan-alasan yang bisa memperkuat pendirian Anda untuk memilih diantara keduanya?
2
Deskripsi Teks
Alasan pertama, jika melihat untuk urusan pekerjaan, SMK lebih tepat untuk dipilih, pasalnya kita sudah tahu kalau jurusan SMK lebih dipersiapkan untuk bekerja dibanding dengan lulusan SMA. Di SMK lebih ditekankan pada praktek dan hanya sedikit teori, sebaliknya di SMA lebih ditekankan pada teori sehingga cakupan teorinya lebih luas.

Siswa SMK memang dipersiapkan untuk langsung bekerja saat ia lulus, sebaliknya untuk siswa SMA lebih dipersiapkan untuk masuk perguruan tinggi terlebih dahulu sebelum selanjutnya dipersiapkan untuk bekerja.

Nah selanjutnya bagaimana jika lulusan SMK ingin kuliah? Lulusan SMK bisa kuliah, tapi sangat dibatasi, hanya beberapa jurusan saja yang diperbolehkan. Berbeda dengan SMA yang hampir semua jurusan bisa dimasuki karena memang SMA dipersiapkan untuk bekerja.

Bagimana kalau siswa SMA ingin langsung bekerja? Bisa sih tapi pada masa sekarang yang persaingan sangat ketat sekali dalam mencari pekerjaan, ijazah SMA sangat sulit sekali untuk memperoleh pekerjaan, walaupun mendapat pekerjaan gaji yang didapatkan tidak terlalu besar. Jadi untuk yang memilih jurusan SMA ada baiknya untuk memikirkan kedepannya untuk kuliah.
3
Penegasan Ulang
Denagn melihat beberapa pernyataan diatas, siswa SMK jauh lebih dipersiapkan untuk bekerja, sedangkan jurusan SMA lebih difokuskan untuk kuliahbterlebih dahulu. Sekarang pilihan ada ditangan Anda.

Nah sekian pembahasan kita kali ini mengenai contoh teks tanggapan kritis beserta struktunya, semoga bermanfaat untuk sobat semua, jangan lupa untuk like dan share jika bermanfaat ya. Terima kasih.
Tag : Indonesia
0 Komentar untuk "Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya Tentang Pendidikan"

Back To Top
Ruangguru.com