Penjelasan Teks Eksemplum Bahasa Indonesia

Hai sobat semua pada artikel ini saya akan berbagi materi tentang Teks Eksemplum Bahasa Indonesia. Nah berbicara tentang teks eksemplum sendiri, saya sudah pernah membahasnya pada artikel sebelumnya, Jadi bagi sobat yang belum membaca tentang materi tersebut, silahkan kunjungi artikel saya sebelumnya yang akan saya berikan pada bagian tengah artikel ini.

Mengingat sedikit tentang teks eksemplum, teks ini membahas tentang suatu tokoh atau pelaku didalam cerita. Jadi pada teks ini, kita akan melihat seperti apa kehidupan dari suatu tokoh, mulai dari pengenalan, hingga permasalahan yang melingkupinya.

Didalam teks ini, pengalaman hidup suatu tokoh akan bisa kita lihat dan kita rasakan. Jadi jika kita ingin membahas suatu tokoh, maka yang kita gunakan adalah teks eksemplum ini. Tapi tidak sembarangan dalam penggunaannya. Ada struktur teks eksemplum yang harus dipenuhi.

Untuk detail lengkapnya, sobat bisa melihat artikel dari saya tentang pengertian teks eksemplum yang sudah saya buat pada pembahasan sebelumnya.

Pengertian Teks Eksemplum

Nah setelah sobat memahami mengenai struktur teks eksemplum, sekarang sobat bisa mulai untuk membuat teks tersebut dengan membahas suatu tokoh dari suatu cerita yang sudah sobat baca.

Ada 3 struktur yang harus sobat pahami, yaitu orientasi, insiden, dan interpretasi. Nah ketiga itu memiliki hubungan yang saling kait mengait antara satu dengan yang lain. Jadi untuk membuat sebuah teks eksemplum yang benar, sobat harus sesuai dengan 3 struktur yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa hal lain yang juga perlu sobat ketahui tentang teks eksemplum ini, yaitu mengenai unsur kebahasaannya. Ada beberapa unsur kebahasaannya, yaitu menggunakan kalimat kompleks, menggunakan kata rujukan, menggunakan konjungsi, dan juga menggunakan kata kerja.

Setelah memahami itu semua, silahkan sobat memulai untuk mengulas seorang tokoh. Nah saya sudah menyediakan contoh dari teks eksemplum untuk sobat, bagi yang ingin baca silahkan kunjungi saja artikel yang sudah saya sediakan diatas.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah berkunjung ke blog informasibelajar.com ini, kunjungan sobat semua sangat berarti untuk saya....
Tag : bindo, Indonesia
0 Komentar untuk "Penjelasan Teks Eksemplum Bahasa Indonesia"

Back To Top
Ruangguru.com