Proses Oogenesis (Pembentukan OVUM) pada Wanita

Hai sobat semua, pada artikel kali ini admin mau berbagi materi pelajaran yang pastinya bermanfaat banget bagi sobat yang sedang mencari materi biologi tentang Proses Oogenesis. Nah oogenesis atau lebih mudah kita kenal dengan proses pembentukan ovum ini terjadi pada wanita. Nah kalau pada laki-laki proses yang terjadi adalah proses pembentukan sperma atau spermatogenesis.

Banyak yang tidak tahu seperti apa sih proses oogenesis pada wanita itu berlangsung. Apa saja tahapan-tahapannya dan juga seperti apa sih jalannya proses tersebut. Nah daripada makin penasaran, langsung saja kita lihat artikel mengenai proses oogenesis atau pembentukan ovum pada manusia.

Proses Oogenesis Pada Wanita

Proses Oogenesis Pada Wanita

Oogenesis adalah proses pembentukan ovum yang terjadi pada ovarium. Oogenesis (sel benih) berkembang ukurannya menjadi oosit primer. Oosit primer (calon-calon sel telur) dibawah pengaruh hormon FSH melakukan pembelahan meiosis I menghasilkan oosit sekunder dan badan kutub primer (polosit primer). Oosit sekunder yang dikelilingi oleh folikel terus berkembang dan lama-kelamaan dipisahkan dari folikel-folikel oleh zona pelusida. 

Folikel-folikel ini kemudian membelah berkali-kali membentuk folikel Graaf (folikel masak) yang memproduksi estrogen. Terbentuknya estrogen merangsang hipofisis memproduksi LH yang merangsang terjadinya ovulasi, yaitu pengeluaran/pelepasan sel telur dari folikel.

Apabila pada saat ovulasi terjadi pembuahan, maka oosit sekunder membelah lagi secara meiosis menjadi ootid dan badan kutub sekunder. Dengan demikian, satu oogonium akan menghasilkan sebuah ootid yang akan tumbuh menjadi ovum dan tiga buah badan kutub sekunder (polosit).

Nah itu dia artikel mengenai proses oogenesis atau lebih mudah kita kenal dengan proses pembentukan Ovum. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa kunjungi terus informasibelajar.com untuk mendapatkan selalu update materi pelajaran terkini dari kami. Terimakasih
Tag : biologi
0 Komentar untuk "Proses Oogenesis (Pembentukan OVUM) pada Wanita"

Back To Top
Ruangguru.com