Tanda Tanda Hari Kiamat Besar Menurut Islam

Tidak ada yang abadi didunia ini. Semuanya pasti akan musnah, tidak terkecuali kita para manusia, pasti akan bertemu dengan yang namanya kematian. Semua yang ada didunia ini sifatnya hanya sementara, dan pasti akan mengalami kemusnahan atau kehancuran.

Pada artikel ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya mengenai tanda-tanda hari kiamat yang tidak ada yang tahu kapan terjadinya kecuali hanya Allah SWT saja.

Kita sebagai umat islam, wajib mempercayai bahwasana kiamat itu pasti akan datang. Nah yang akan kita bahas pada artikel ini adalah tanda-tanda kiamat besar atau kiamat kubra.

Apa itu kiamat kubro? Kiamat Kubro adalah kiamat besar yang mana pada hari itu semua kehidupan yang ada dialam semesta ini akan berakhir. Semua makhluk yang ada akan mati dan semuanya akan hancur.

tanda tanda kiamat besar

Itulah definisi kiamat menurut islam sendiri. Berbicara mengenai kiamat kubro, ada beberapa tanda tanda yang muncul menjelang terjadinya kiamat ini. Berbagai kerusakan dan hal-hal yang buruk banyak terlihat menjelang terjadinya kiamat ini. Manusia kembali lagi pada masa jahiliyah dan melakukan berbagai kemaksiatan dan tindakan keji. Berbagai fitnah-pun bermunculan.

Diriwayatkan dari Sahabat Hudzaifah bin Usaid Al Ghifari ia berkata: Rasulullah SAW memperhatikan kami sewaktu kami sedang berbincang. Beliau bertanya, Apa yang sedang kalian perbincangkan? Mereka menjawab, Kami berbincang tentang hari kiamat. Beliau bersabda, Sesungguhnya kiamat tidak akan terjadi sehingga kamu melihat 10 tanda. Lalu beliau menyebut asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (Barat), turunnya Nabi Isa, Ya'juj dan Ma'juj, tiga longsor besar, longsor di Timur, longsor di Barat, dan longsor di semenanjung Arab. Yang terakhir adalah keluarnya api yang keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke tempat mahsyar mereka. (HR. Muslim)

Tanda Tanda Hari Kiamat Menurut Islam


Tanda kahir zaman atau kiamat menurut islam sudah dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadist diatas. Beliau menyebutkan ada 10 tanda antara lain yaitu asap, dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa, Ya'juj dan Ma'juj, longsor besar, keluarnya Api. Nah untuk lebih jelasnya mengenai tanda-tanda akhir zaman ini akan dijelaskan pada bagian bawah ini.

Munculnya Dajjal

Tanda Tanda Hari Kiamat

Pasti dari kalian sudah sering mendengar istilah Dajjal kan? Ya memang erat sekali kaitannya antara Dajjal dan akhir zaman. Pasalnya Dajjal ini akan muncul pada akhir zaman nanti dan menjadi fitnah terbesar bagi umat muslim. Menurut sebuah hadist yang shohih dijelaskan bahwa surganya adalah neraka dan nerakanya adalah surga.

Dajjal sendiri adalah seorang manusia dari anak cucu Adam yang muncul pada akhir zaman serta mengaku sebagai Tuhan. Ia keluar pertama kali di Khurasan (sekarang Iran) dan berjalan diatas bumi ini. Namun ada beberapa tempat yang tidak bisa dimasuki oleh Dajjal yaitu Masjidil Aqsa, Mekkah, Madinah dan Tursina karena ditempat-tempat itu dijaga oleh malaikat.

Ciri-ciri dajjal sendiri sudah dijelaskan oleh Rasulullah dalam sebuah hadist.

Dari Ubadah bin Shomit ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Dajjal adalah seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata cekung. Jika disamarkan kepadamu, maka ketahuilah bahwa Tuhanmu Subhanahu wa Ta'ala tidak buta sebelah matanya. (HR. Ahmad)

Dajjal memiliki ciri antara lain seorang laki-laki pendek, matanya buta sebelah, pada bagian antara matanya kafir yang bisa dibaca oleh umat muslim.

Munculnya Dajjal dibumi membuat berbagai kerusakan dan fitnah-fitnahnya yang membuat kondisi menjadi sangat buruk. Pada kondisi inilah, Allah SWT mengutus Nabi Isa untuk turun kebumi dan menghancurkan Dajjal. Nabi Isa turun di Menara Putih sebelah timur Damaskus.

Keluarnya Ya'juj dan Ma'juj

Bagi yang tidak tahu siapa itu Ya'juj dan Ma'juj. Jadi keduanya adalah keturunan nabi Adam yang sangat kuat. Mereka menginjakkan kaki dibumi untuk membuat berbagai kerusakan dan berbagai tindakan keji. Ya'juj dan Ma'juj jumlahnya cukup banyak dan mampu menembus tembok yang dibuat oleh Dzulqarnain. Mereka memakan semua tanaman yang ada dibumi dan meminum danau Thabariyah hingga seakan-akan tidak pernah ada airnya.

Melihat kerusakan yang dilakukan oleh Ya'juj dan Ma'juj tersebut Nabi Isa dan para sahabatnya berdoa kepada Allah SWT agar Ya'juj dan Ma'juj itu dibinasakan. Doa mereka pun dijawab oleh Allah SWT yaitu dengan mengirimkan burung-burung yang membawa Ya'juj dan Ma'juj dan melemparkan mereka di tempat yang dikehendaki oleh Allah SWT. Setelah itu diturunkanlah hujan yang membuat bumi menjadi asri kembali.

Nah itu dia beberapa tanda-tanda hari kiamat besar menurut islam, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua untuk lebih meningkatkan kualitas iman kita menjadi lebih baik lagi. Terima kasih bagi yang sudah berkunjung, jangan lupa temukan artikel bermanfaat lainnya di informasibelajar.com
Tag : agama
0 Komentar untuk "Tanda Tanda Hari Kiamat Besar Menurut Islam"

Back To Top
Ruangguru.com