Kabinet Wilopo : Program Kerja dan Penyebab Jatuhnya

Ok, kita langsung saja memulai artikel kali ini tentang Kabinet Wilopo. Apa saja sih yang akan kita bahas tentang kabinet wilopo ini? Banyak sob, kita akan membahas tentang program kerja kabinet wilopo dan juga penyebab jatuhnya kabinet ini. Tidak lupa juga, nanti akan terdapat sejarah kabinet wilopo dari awal hingga jatuhnya kabinet tersebut.

Nah pemabahasan yang cukup menarik, karena memang belajar tentang sejarah itu membuat kita menjadi manusia yang semakin baik lagi dibanding sebelumnya. Itulah tujuan utama dari sejarah.

Kabinet Wilopo merupakan salah satu kabinet yang ada pada masa Demokrasi Liberal. Pada pembahasan sebelumnya saya juga pernah membahas tentang kabinet Sukiman yang terbentuk pada masa demokrasi liberal juga.

Kabinet ini berlangsung mulai tanggal 3 April 1952 - 2 Juni 1953, jadi sudah lebih dari satu tahun kabinet ini mengabdi untuk negeri ini. Kabinet ini dipimpin oleh Mr. Wilopo yang juga sebagai perdana menteri.

Oke itu dia sejarah kabinet wilopo, selanjutnya kita masuk ke materi inti....

Program Kerja Kabinet Wilopo

Program Kerja Kabinet Wilopo


Penyebab Jatuhnya Kabinet Wilopo

Kabinet ini mempunyai PROKER atau program kerja kabinet wilopo sebagai berikut :
  1. Mempersiapkan pemilihan umum.
  2. Berusaha mengembalikan Irian Barat ke dalam wilayah Republik Indonesia.
  3. Menigkatkan keamanan dan kesejahteraan.
  4. Memperbarui bidang pendidikan dan pengajaran.
  5. Melaksanakan politik luar negeri bebas dan aktif.
Itu dia beberapa proker yang dilakukan oleh kabinet Wilopo ini. Dari beberapa program kerja tersebut, terlihat ada beberapa program untuk mempersipakan berlangsungnya pemilu atau pemilihan umum.

Penyebab Jatuhnya Kabinet Wilopo

Seperti yang sudah saya utarakan tadi, kabinet ini hanya bertahan kurang dari 1,5 tahun. Hal itu dikarenakan adanya erakan separatisme si sejumlah daerah, adanya peristiwa 17 Oktober 1952 mengenai gerakan sejumlah perwira Angkatan Darat (AD) yang menekan presiden pertama kita Ir. Soekarno untuk membubarkan parlemen, dan peristiwa Tanjung Morawa di Sumatra Utara.

Beberapa hal itulah yang membuat kabinet ini tidak langgeng, banyaknya tekanan dan hambatan yang terjadi masa itu, membuat kabinet ini harus jatuh dan mengembalikan mandatnya kepada Presiden Soekarno.
Tag : sejarah
0 Komentar untuk "Kabinet Wilopo : Program Kerja dan Penyebab Jatuhnya"

Back To Top
Ruangguru.com