Macam Macam Energi : Sumber dan Bentuknya

Oke, materi kita kali ini adalah macam macam energi. Nah pada artikel ini kita akan belajar semua tentang energi, mulai dari macam macam sumber energi, hingga bentuk bentuk energi akan kita pelajari pada kesempatan kali ini.

Kita juga akan belajar tentang macam macam energi alternatif yang cukup berguna sekali bagi kita, karena kita tidak hanya terpaku pada satu sumber energi saja, melainkan ada cadangan lainnya yang bisa kita gunakan. Jadi sewaktu-waktu sumber energi utama habis, maka kita tidak usah pusing lagi, karena sudah ada gantinya.

Tapi itu semua tidak lantas membuat kita seenaknya saja dalam menggunakan energi, kita harus menggunakan sebijak mungkin, jangan seenaknya.

Oke langsung saja kita mulai pembahasan kali ini....

Macam Macam Energi

Macam Macam Energi dan Bentuknya


Pertama kita akan mencari tahu, apa saja energi yang ada didunia ini. Berikut ulasannya.

Energi kimia

Pengertian energi kimia adalah energi yang dilepaskan selama reaksi kimia berlangsung atau terjadi. Sumber energi ini dapat bertahan lama sehingga sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk dapat beraktivitas sehari-hari.

Dalam metabolisme sel, ATP merupakan salah satu bentuk dari energi kimia yang sangat berguna bagi manusia. Contoh sumber energi kimia adalah bahan makanan yang kita makan setiap hari. Energi kimia dilepas setelah melalui beberapa proses didalam tubuh kita dan menghasilkan energi yang dapat kita gunakan untuk beraktivitas.

Contoh lain dari energi kimia adalah energi kimia yang terkandung pada bahan bakar seperti bensin, solar avtur dan lainnya yang bisa menggerakan kendaraan.


Energi Panas (Kalor)

Kalor adalah salah satu bentuk energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu dan wujud dari suatu zat. Energi ini biasanya terbentuk karena adanya energi lain yang bekerja, seperti misalnya ketika terjadi proses pembakaran (energi kimia), maka akan tercipta suatu panas atau kalor seketika itu juga. Contoh lain adalah ketika kita meggosok-gosokan kedua tangan kita (energi kinetik) maka kedua telapak tangan kita akan hangat, itulah yang dinamakan energi panas (kalor).


Energi Suara

Energi suara adalah salah satu bentuk dari perubahan energi. Suara biasa terjadi ketika ada 2 benda besentuhan atau bertabrakan dengan keras.


Energi Cahaya

Macam Macam Sumber Energi

Apakah kalian tahu sumber energi terbesar yang ada di alam semesta ini? Ya jawabannya adalah matahari. Matahari juga menjadi salah satu sumber energi cahaya. Tidak hanya matahari, ada beberapa sumber energi cahaya lainnya seperti api, lampu dan benda lain yang bisa memancarkan cahaya.

Energi cahaya biasanya disertai dengan bentuk energi lain seperti energi kalor yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Untuk membuktikannya sobat bisa mencoba untuk menyalakan sebuah lampu, tunggu beberapa menit dan coba pegang lampu tersebut. Maka akan muncul rasa hangat pada permukaan lampu tersebut.


Energi Listrik

Nah kalau energi yang satu ini pasti sobat semua sudah tahu. Energi listrik ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu pekerjaan-pekerjaan kita. Bayangkan jika tidak ada listrik, pasti semua aktivitas kita akan terganggu. Tanpa listrik beberapa jam saja kita sudah sangat kesusahan kan? Untuk itu, kita harus menggunakan energi listrik dengan bijak ya sob..

Energi ini dapat diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi seperti air, angin, panas, cahaya, dan bahan bakar fosil (bahan kimia).


Energi Gerak

Energi gerak adalah salah satu bentuk dasar dari energi. Ketika sebuah benda bergerak atau substansi, maka pada benda itu terdapat energi yang mana bisa membuat benda tersebut berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Energi gerak ini juga bisa menjadi sebab terbentuknya energi lain. Seperti pada contoh bergeraknya turbin oleh air atau angin, maka dari gerakan tersebut akan tercipta energi listrik.


Energi Pegas

Semua benda yang lentur atau elastis mempunyai energi pegas. Energi pegas sendiri secara sederhana bisa disebut sebagai energi yang bisa membuat sebuah benda kembali ke bentuk aslinya setelah diberi sebuah tarikan atau dorongan. Contoh benda elastis bisa sobat lihat pada pegas, busur panah, trampolin, dan ketapel. Semua benda tersebut bekerja sesuai dengan prinsip energi pegas.


Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi yang ada di materi atau substansi yang tentu saja terdiri dari atom dan bahan subatomik seperti elektron, neutron, dan juga proton. Energi nuklir sendiri diperoleh melalui proses yang sangat rumit dan untuk sekarang ini hanya bisa diambil dari bahan yang radioaktif dan tidak stabil dengan inti berat seperti uranium dan plutonium. Untuk atom lainnya masih cukup sulit.

Itu dia sob macam macam sumber energi yang sudah saya bagikan untuk sobat semua. Nah sekarang kita akan mencari tahu juga macam macam energi alternatif. Berikut penjelasannya :

Macam Macam Energi Alternatif

Macam Macam Energi Alternatif

Nah energi alternatif yang saya sebutkan ini masih beberapa saja, sebenarnya masih banyak lagi energi alternatif diluaran sana, jadi jika sobat ingin mencari tahu lebih banyak lagi bisa langsung cari cari di internet atau bertanya pada guru sobat.

#Panas Bumi
Energi panas bumi adalah panas yang terdapat di dalam bumi. Biasanya, panas bumi muncul di permukaan bumi akibat aktivitas vulkanik (gunung berapi).

#Angin
Energi angin adalah energi yang berasal dari hembusan angin. Beberapa negara mulai melirik energi dari alam ini. Belanda sudah sejak dulu memanfaatkan angin untuk digunakan sebagai energi.

#Hydropower
Hydropower adalah energi listrik yang dihasilkan dari kekuatan air. Hydropower dibuat dengan cara membendung air sungai, kemudian menggunakan pipa air tersebut diarahkan menuju turbin. Nah prinsip itulah yang dipakai pada PLTA.

#Gas Alam
Gas alam adalah gas yang terkumpul di bawah tanah dengan berbagai macam komposisi campuran hidrokarbon yang mempunyai daya tekan tinggi. Gas alam setelah diolah kita kenal dengan nama elpiji.

#Biodiesel
Biodiesel sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar fosil telah lama menjadi wacana dibeberapa negara dunia. Bahkan, telah ada negara yang mampu sedikit demi sedikit melepaskan ketergantungan pada bbm, dan beralih ke biodiesel. Energi yang berasal dari tumbuhan atau lemak binatang ini dapat digunakan, baik secara murni atau dicampur dengan bahan bakar lain. Sifatnya yang ramah lingkungan, dapat diperbaharui, serta dapat menghilangkan emisi gas buang, menjadikan biodiesel dapat menjadi solusi menghadapi kelangkaan energi fosil pada masa mendatang.

#Etanol
Etanol (etil alkohol) adalah sumber energi berupa alkohol hasil dari fermentasi tumbuhan tertentu, seperti; gandum atau jagung. Contoh negara di dunia yang sangat baik mengembangkan energi alternatif etanol ini adalah Brazil.

Nah itu dia macam macam energi dan macam macam energi alternatif semoga bermanfaat untuk sobat semua.
Tag : biologi
0 Komentar untuk "Macam Macam Energi : Sumber dan Bentuknya"

Back To Top
Ruangguru.com