Rahasia Saya : Cara Menghafal Cepat Pelajaran dan Segala Hal

Hai sob, pada artikel ini saya akan berbagi tips kepada sobat semua mengenai rahasia saya cara menghafal cepat pelajaran dan semua hal yang mengharuskan kita menghafalkannya.

Nah artikel ini saya anggap sangat unik sob, karena biasanya saya memberikan artikel tentang mata pelajaran, tetapi mungkin akhir-akhir ini saya akan lebih menekankan pada tips-tips yang mungkin bisa sobat coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari sobat.

Kita kembali lagi ke materi, nah pasti sobat semua sudah sangat familiar kan dengan mata pelajaran semacam biologi, PKn, Geografi dan mapel lainnya yang isinya kebanyakan materi untuk kita hafalkan.

Memang, dari beberapa materi tersebut sangat menekankan pada hafalan kita, contohnya adalah mata pelajaran Biologi. Banyak sekali materi biologi yang harus kita hafalkan, mulai dari macam-macam organ pencernaan, enzim-enzim, dan masih banyak lagi.

Bagi sobat yang memiliki kemampuan untuk menghafal segala sesuatu dengan cepat hal tersebut bukanlah sebuah masalah, tetapi bagi saya yang notabene sangat sulit sekali untuk menghafal sesuatu, menjadi kendala yang besar.

Baca Juga : Rahasia Otak Super ala Wikibooks

Mengapa Harus Menghafal ?

Cara Menghafal Cepat

Menghafal memang menjadi hal yang wajib bagi siswa, entah itu siswa TK, SD, SMP, SMA maupun mahasiswa.

Hafalan seolah sudah menjadi agenda wajib yang harus dilakukan. Untuk itu, kita harus bisa meningkatkan skill kita dalam menghafal.

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, saya adalah seorang yang sulit sekali untuk meningat sesuatu. Susah sekali bagi saya, jadi saya lebih suka untuk memahami, bukan menghafal.

Mungkin hal itulah yang membuat saya jago memahami pasangan wkwkwkwkwkwk.

Iya saya akui, saya sangat lemah dalam menghafal sesuatu. Selain itu, ingatan saya itu sangat pendek. Jadi misalnya ketika saya menghafalkan materi biologi, ketika saya sudah mulai hafal bagian awal, seketika saya akan lupa ketika saya menghafal bagian akhir..

Paham Maksud saya???

Jadi pernahkah sobat pada kondisi dimana ketika sobat menghafalkan sesuatu yang cukup panjang, misalnya pembukaan UUD 1945. Sobat sudah hafal alenia 1 dan 2, kan sekarang sobat tinggal menghafal 2 alenia lagi. Nah ketika sobat mencoba untuk menghafal 2 alenia terakhir tersebut secara tidak sengaja hafalan pada alenia 1 dan 2 akan kacau.

Itu adalah sebuah masalah. Ada sebuah metode cara mengahafal banyak materi tanpa lupa materi yang sebelumnya. Penasaran? Terus baca artikel ini....

Mengapa harus menghafal? Ya karena hafalan itu sudah menjadi hal wajib bagi setiap orang. Sebagai contoh misalnya saya adalah seorang Muslim, nah di agama saya ada yang namanya ibadah sholat.

Didalam sholat tersebut terdapat bacaan-bacaan yang cukup banyak dan itu perlu untuk dihafal.

Melihat kondisi saya ketika itu yang notabene kesulitan dalam menghafal, apakah saya menyerah dengan keadaan saya tersebut?

Tentu tidak, saya harus berusaha untuk bisa menghafal bacaan-bacaan dalam sholat tersebut, karena apa? Tuhan memberikan kita otak, salah satu fungsinya adalah untuk mengingat, percuma dong kalau kita sebagai hambanya tidak mempergunakan otak sebagaimana mestinya?

Selain itu, sholat sendiri adalah hal yang wajib bagi setiap muslim, ketika saya menyerah dalam menghafal bacaan-bacaan sholat, lantas secara tidak langsung saya juga memutus hubungan saya dengan Tuhan, betulkan?

Oke kita lanjut ke materi selanjutnya.......

Cara Menghafal Cepat Pelajaran atau Hal Lain


Cara Cepat Menghafal

Bagi sobat-sobat semua yang mempunyai masalah saperti saya tadi, ada baiknya untuk mengikuti tips cara menghafal cepat yang sudah saya buktikan sendiri....

Mengapa saya berani membuat postingan ini?

Karena saya memiliki prinsip :
Berbagilah informasi kepada orang lain, walaupun sebenarnya kamu belum terlalu menguasai hal tersebut
Nah maksud prinsip saya diatas, jadi kita sob harus berani berbagi ilmu yang bermanfaat kepada orang lain, walaupun kita sendiri bukanlah master pada bidang tersebut. Mengapa demikian? Karena kalau kita menunggu sampai kita benar-benar menguasai hal tersebut, apakah tentu kita masih memiliki waktu untuk membagikannya kepada orang lain?

Oke kita kembali lagi ke materi.....

Ada banyak metode diluaran sana, mulai dari metode menghafal yang gratisan, sampai yang berbayar.

Tapi tenang sob, yang akan saya bagikan ini gratis, jadi gausah bayar.......

Ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu sebelum sobat memulai metode cara menghafal dengan cepat ini. Ada langkah-langkahnya :


#1 Kenali Seperti apa diri sobat !

Tips Menghafal dengan Cepat

Hal pertama adalah kenali diri sobat sendiri. Nah untuk kasus saya pribadi, awalnya saya memiliki kesulitan dalam menghafal hal-hal yang sebenarnya simpel bagi beberapa orang, tapi itu sangat sulit bagi saya.

Contohnya mengingat urutan suatu hal. Selain itu, ingatan saya sangatlah singkat. Misalnya 2 jam yang lalu saya menghafal urutan tata surya dan saya bisa menghafalkannya dengan baik. Tetapi setelah 2 jam tersebut saya lupa beberapa urutannya.

Nah jadi itu singkatnya masalah yang saya alami. Mungkin kebanyakan dari sobat juga memiliki permasalahan yang sama dengan saya.

#2 Mulai Menggunakan Metode Menghafal Cepat Ala Saya

Cara Cepat Menghafal PelajaranSaya memiliki metode menghafal yang menurut saya sangat cocok bagi saya yang kesulitan dalam menghafal urutan dari sesuatu hal dan memiliki ingatan jangka pendek.

Jadi saya memiliki metode yang saya namai Singkatan Berkalimat. Mungkin metode ini sudah umum ya, tapi saya kasih nama yang unik biar terkesan keren gitu hhahahahahah.

Walaupun mungkin metode dasarnya sama, tapi saya memiliki pengembangan tersendiri yang membuatnya semakin powerful heheheheh.

Jadi maksut metode singkatan berkalimat ini adalah ketika ada sebuah materi yang mengharuskan sobat menghafalkannya secara urut, tidak boleh dibolak-balik, cara menghafal metode ini sangat cocok.

Berikut skema singkatnya :

  • Cari materi yang hendak dihafal
  • Baca dan pahami terlebih dahulu materi tersebut
  • Ambil kata/kalimat awal dari setiap urutan
  • Rangkai kata dari setiap urutan tadi menjadi sebuah kalimat
Nah itu prinsip singkatnya, tetapi itu hanya teori. Banyak orang hanya melihat teori, tanpa melakukan praktek. Karena saya ingin memberikan metode menghafal cepat yang berbeda dari yang lain, maka saya akan memberikan contohnya.

Contoh :
Ada beberapa kata yang harus disusun secara berurutan. Kata-kata tersebut yaitu :
  1. Mandiri
  2. Dinamis
  3. Manunggal
  4. Kewibawaan
  5. Konsultasi dan Kerja Sama
Memang sepintas terlihat mudah untuk dihafal, tapi bagi orang-orang seperti saya, menghafal beberapa kata tersebut memerlukan waktu berpuluh-puluh menit, itupun hanya berlangsung jangka pendek.

Nah dengan mengikuti skema diatas, maka kalimat-kalimat diatas saya susun menjadi :

ManDi di Manunggal Ketika Konser berSama

Keterangan :
  • Saya menggabungkan kata mandiri dan dinamis, sehingga menjadi Mandi. Mengapa saya menyusunnya menjadi kata "mandi"? Karena kata mandi itu sudah sangat umum sekali, semua orang tahu apa itu mandi.
  • Saya menyisipkan kata "di" sebagai imbuhan saja supaya kalimatnya lebih enak dibaca.
  • Manunggal, kenapa saya tetap menggunakan kata manunggal? Karena manunggal adalah tempat berenang di daerah saya, jadi itu sangat umum dengan saya. Selain itu, ada hubungan antara tempat berenang dengan mandi, sehingga hal itu semakin memperkuat kalimat tersebut.
  • Konsultasi saya ganti dengan konser seperti diatas tadi, dan Kerja Sama saya ganti dengan berSama.
TIPS !

Melihat beberapa point diatas, saya perlu memberikan sedikit tips supaya sobat semua semakin paham dan mengerti mengenai metode dari saya ini.
  1. Buatlah sebuah kalimat yang unik dan familiar dengan diri sobat. Kalimat yang sedikit nakal tidak apa-apa, yang penting familiar dengan sobat.
  2. Usahakan kalimat yang dibuat itu layaknya kalimat biasa dan enak dibaca, sehingga sobat semakin mudah untuk memahaminya. Tapi jika hal tersebut tidak memungkinkan ya kembali lagi ke tips pertama yaitu buat kalimat yang familiar.
  3. Usahakan setiap kalimat yang sobat buat memiliki kesan tersendiri bagi sobat. Seperti misalnya ketika saya tetap menggunakan kata "manunggal" pada kalimat saya, itu karena manunggal adalah tempat yang cukup berkesan bagi saya.
Saya rasa itu saja tips menghafal cepat pelajaran dan segala hal dari saya. Nah perlu saya tambahkan juga, ada beberapa keunggulan dari metode singkatan berkalimat ini.

Kelebihan Metode Singkat Berkalimat :
  1. Sangat mudah untuk diterapkan
  2. Ingatan jangka panjang, karena kalimat yang dibuat sangat familiar dengan kita
  3. Tidak memerlukan waktu lama
  4. Sangat cocok untuk menghafal materi yang harus urut
Nah itu dia kelebihan metode cara menghafal cepat versi saya. Ada beberapa hal yang mungkin membuat sobat kesulitan, yaitu ketika merangkai kalimat. Itu juga menjadi problem saya pada awalnya.

Tapi setelah mencoba mendalami metode ini, saya menjadi semakin mudah untuk merangkainya menjadi sebuah kalimat yang sangat mudah untuk saya hafalkan.

Jadi intinya, memerlukan waktu bagi sobat untuk menguasai metode ini. Tapi saya yakin, lambat laun pasti sobat akan bisa. Tetap semangat.

Oke itulah cara cepat menghafal ala saya, semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk memberikan like dan jangan lupa share artikel ini ya sob. Terima kasih.
Tag : Tips
0 Komentar untuk "Rahasia Saya : Cara Menghafal Cepat Pelajaran dan Segala Hal"

Back To Top
Ruangguru.com