Rumus Volume Tabung dan Contohnya

Hai sobat, kali ini kita akan belajar mengenai rumus volume tabung dan contohnya. Pastinya sobat semua sudah pada tahu kan apa itu Tabung. Nah bagi sobat yang belum tahu apa itu tabung dan seperti apa bentuknya, sobat bisa langsung melihat gambar dibawah ini...

Rumus Volume Tabung

Nah itu dia penampakan dari tabung itu sendiri. Sekarang kita akan mencari tahu apa sih rumus volume tabung itu sendiri, dan bagaimana sih cara mengerjakan soal yang ada hubungannya dengan ini? Tenang sob, semua pertanyaan tersebut akan terjawab pada artikel ini.

Eh sebentar, saya lupa menjelaskan kepada sobat semua pengertian tabung itu sendiri. Jadi definisi tabung adalah sebagai berikut :
Tabung adalah bangun ruang yang mempunyai tiga sisi. Sisi tersebut meliputi sisi alas dan tutup yang sama besar berbentuk lingkaran dan sebuah sisi lengkung.
Nah sudah paham kan sekarang sob? Jika sudah paham, mari kita lanjut....

Rumus Volume Tabung dan Contoh


Untuk mencari volume suatu tabung, langkah pertama adalah mencari luas lingkaran dari tabung tersebut. Bagian bawah dan atas dari tabung itu kan bentuknya lingkaran, nah kita cari terlebih dulu luas lingkaran tersebut, ingat kita mencari salah satu luas lingkaran saja.

# Rumus Luas Alas Tabung (Lingkaran) :

Luas : π r2

Untuk nilai dari π sendiri bisa 22/7 atau 3,14 tergantung soal ya sob. Untuk jari-jari (r) biasanya sudah diketahui didalam soal.

Nah setelah sobat mendatkan Luas Alasnya, selanjutnya sobat hanya perlu mengalikannya dengan tingi dari tabung itu sendiri, nah itulah rumus volume tabung. Kurang jelas? berikut ulasan lengkapnya...

# Rumus Volume Tabung :

V : π r2 x tinggi

Nah untuk π r2 tadi kan sudah dicari menggunakan rumus diatas, jadi sobat tinggal memasukkan hasil yang sudah didapat tadi kemudian kalikan dengan tinggi tabung itu. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar tabung dibawah ini :

Rumus Volume Tabung dan Contoh

Contoh Soal Volume Tabung


Seorang penjual minyak memiliki sebuah drum berbentuk tabung yang ia gunakan untuk menyimpan minyak dagangannya. Jari-jari alas yang dimiliki drum itu adalah 70cm dan memiliki tinggi 100cm. Berapa liter minyak yang dapat ditampung dalam drum tersebut?

Jawab : V = π r2 x tinggi

V = 22/7 x 702 x 100

V = 1.540.000 cm3 = 1. 540 dm3 = 1.540 liter

Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah minyak yang mampu ditampung dalam drum tersebut sebanyak 1.540 liter. 

Nah itu dia sob artikel tentang rumus volume tabung, semoga bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob, Makasih banyak bagi yang sudah berkunjung..
0 Komentar untuk "Rumus Volume Tabung dan Contohnya"

Back To Top
Ruangguru.com