Pemberontakan Andi Azis : Latar Belakang dan Sebab

Hai, kali ini aku mau share artikel tentang Pemberontakan Andi Azis di Makassar, lebih tepatnya di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan. Andi Azis sendiri adalah seorang mantan perwira KNIL yang baru diterima masuk kedalam APRIS. Nah terus apa yang menjadi penyebab Pemberontakan Andi Azis ini?.

Nah pertanyaan itu dan pertanyaan-pertanyaan lain berkaitan dengan Pemberontakan Andi Azis di Makassar ini akan terjawab melalui artikel ini, jadi jangan lupa untuk membaca secara runtut dan dipahami dengan baik ya hehehehe.....

Baca Juga : Pemberontakan APRA

Pemberontakan Andi Azis di Makassar


Pemberontakan Andi Azis<

Seperti yang kita tahu, Pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar (Ujung Pandang, Sulawesi Selatan) yang menjadi pemimpinnya tidak lain adalah kapten Andi Azis sendiri. Sedikit penjelasan tentang Kapten Andi Azis sendiri, jadi Andi Azis itu adalah seorang mantan Perwira KNIL yang baru saja diterima ke dalam APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat).

Nah tujuan pemberontakan Andi Azis sendiri untuk mempertahankan Negara Indonesia Timur (NIT), sedangkan latar belakang pemberontakan Andi Azis adalah karena gerombolan Andi Azis menolak masuknya anggota TNI sebagai bagian dari APRIS.

Gerombolan Andi Azis mulai melancarkan beberapa serangan, misalnya pada tanggal 5 April 1950, gerombolan ini menyerang dan menduduki tempat-tempat penting dan menawan Panglima Teritorium Indonesia Timur Letnan Kolonel A.J. Mokoginata.

Pemerintah tidak diam begitu saja, pemerintah bereaksi dengan mengeluarkan ultimatum yang isinya memerintahkan Andi Azis melaporkan diri dan mempertanggunjawabkan perbuatannya ke Jakarta dalam waktu 4 hari. Ultimatum tersebut dikeluarkan tanggal 8 April 1950 yang intinya memerintahkan Andi Azis untuk menarik pasukannya, menyerahkan semua senjata dan membebaskan sandera.

Hal itu tidak digubris oleh Andi Azis, dan akhirnya pemerintah bereaksi dengan mengirimkan pasukan ekspedisi di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Tanggal 26 April 1950 seluruh pasukan mendarat di Makassar dan terjadilah pertempuran.

Pemberontakan Andi Azis di Makassar

Tanggal 5 Agustus 1950, secara tiba-tiba pasukan Andi Azis mengepung markas staf Brigade 10/Garuda Mataram di Makassar. Namun TNI berhasil memukul mundur pasukan Andi Azis tersebut.

Setelah bertempur selama 2 hari, KNIL/KL (pasukan pendukung Andi Azis) meminta berunding dengan TNI. Pada tanggal 8 Agustus 1950, terjadi kesepakatan antara Kolonel Kawilarang (TI) dan Mayor Jendral Scheffelaar (KNIL/KL) yang isinya penghentian tembak menembak, KNIL/KL harus meninggalkan Makassar dan meninggalkan senjatanya. Akhirnya Andi Azis berhasil ditangkap dan di adili di pengadilan militer Yogyakarta pada tahun 1953 dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Oke saya rasa sekian materi tentang Pemberontakan Andi Azis, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Terima kasih.
Tag : sejarah
0 Komentar untuk "Pemberontakan Andi Azis : Latar Belakang dan Sebab"

Back To Top