Struktur Teks Eksposisi yang Benar

Hai sobat semua, sudah lama nih saya nggak berbagi materi pelajaran lagi. Nah kali ini saya akan berbagi artikel tentang Struktur Teks Eksposisi yang Benar. Nah tentunya sobat sudah tahu teks eksposisi adalah salah satu teks yang akan sobat pelajajari ketika duduk dibangku SMA/SMK atau sederajat.

Nah sebelumnya saya juga sudah pernah membahas tentang apa itu teks eksposisi, jika sobat belum pernah mendengar atau bahkan baru mengetahui tentang teks eksposisi saya sangat rekomendasikan sobat untuk melihat artikel saya sebelumnya tentang Pengertian Teks Eksposisi dan Contohnya.

Jika sobat sudah membaca artikel tersebut, tentunya sekarang sobat sedikit banyaknya sudah paham kan apa yang dinamakan teks eksposisi itu. Kalau sudah mari kita lanjut...

Seperti kebanyakan teks lainnya, teks ekposisi ini juga dibangun oleh struktur yang selanjutnya dikenal dengan struktur dari teks eksposisi. Nah apa saja strukturnya dan seperti apa penjelasannya, langsung saja cek penjelasan saya dibawah ini.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur Teks Eksposisi

Ketika saya menulis artikel ini, struktur dari teks eksposisi ini terdiri dari 3 bagian yaitu pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi dan penegasan ulang pendapat. Kenapa saya mengatakan demikian? karena biasanya ada pembaruan tentang suatu teks, jadi mungkin beberapa waktu kedepan ada pembaruan, dan jika memang ada pembaruan jangan sungkan untuk memberitahu saya pada kolom komentar supaya konten artikel ini bisa terus fresh hingga beberapa tahun kedepan.

Oke saya tadi sudah menyebutkan ada 3 bagian yang membangun teks ekposisi, nah sekarang saya mengajak sobat semua untuk menguraikannya satu persatu. Oke kita mulai ya...

#1. Pernyataan Pendapat (Tesis)

Tesis adalah bagian yang isinya tentang sudut pandang penulis terhadap suatu topik yang akan dibahas dalam teks. Tesis ini berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan argumen-argumen untuk membuatnya lebih kuat.

Nah sedikit tips dari saya jika sobat ingin membuat sebuah teks eksposisi yang baik, maka modal awal yang harus sobat miliki adalah sobat paham betul topik yang akan sobat bahas. Dengan memahami topik, sobat nantinya akan mudah dalam memahami kelebihan dan kekurangan sehingga akan ada argumen-argumen yang masuk akal nantinya.

Jadi itu tips dari saya, sobat harus memahami terlebih dahulu apa yang sobat bahas itu.

#2. Argumentasi

Nah struktur selanjutnya yaitu argumentasi. Sebenarnya bagian ini sangat mudah untuk dibuat kalau sobat sudah melakukan apa yang saya tuliskan diatas tadi. Dengan memahami topik secara mendalam, nantinya akan muncul argumen-argumen yang mana selanjutnya perlu sobat saring lagi.

Sumbernya bisa dari mana saja, bisa dari hasil penelitian sendiri atau dari data yang sudah ada sebelumnya. Tapi supaya lebih baik lagi hasilnya sobat bisa melakukan penelitian sendiri karena hasilnya akan sobat ketahui secara langsung.

#3. Penegasan Ulang Pendapat

Penegasan ulang atau juga bisa disebut sebagai kesimpulan ini gunanya untuk menegaskan kembali apa yang dijelaskan pada teks eksposisi ini. Tidak perlu saya jelasin lagi ya, pasti sobat sudah paham untuk poin yang terakhir ini.

Oke sekian artikel kali ini tentang struktur teks eksposisi yang benar, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini ya jika memang bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih.
Tag : bindo, Indonesia
0 Komentar untuk "Struktur Teks Eksposisi yang Benar"

Back To Top
Ruangguru.com