Pahala Mengaji di Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hai sobat semua, tidak lama lagi kita akan menemui sebuah bulan yang mana didalamnya terdapat banyak sekali kemuliaan, bulan dimana ibadah yang kita kerjakan pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT dan bulan dimana pintu neraka ditutup.

Ya bulan Ramadhan atau bulan puasa adalah bulan yang banyak dinantikan oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Pada bulan tersebut banyak yang berlomba-lomba untuk mengejar pahala dari Allah SWT. Selain ibadah wajib berupa puasa, ada ibadah lain yang bagi sebagian orang intensitasnya menjadi naik atau diperbanyak, ya mengaji di bulan Ramadhan.

Seperti ibadah lain, pahala mengaji pada bulan Ramadhan sangatlah besar pahalanya, apalagi jika dilakukan setiap harinya hingga kita bisa minimal khatam satu kali selama 1 bulan itu.

Bagi sobat semua saya yakin pasti saat bulan Ramadhan sering atau paling tidak pernah ikut yang namanya tadarus Al-Quran di masjid atau mushola didekat rumah sobat. Ya memang ibadah ini paling intens dilakukan hanya pada bulan Ramadhan saja, walaupun sebenarnya pada bulan-bulan biasa banyak juga yang bertadarus Al-Quran bersama-sama.

Bagi sobat yang sudah fasih atau lancar dalam membaca Al-Quran, jangan sia-siakan ilmu itu, bertadarus lah dengan rajin dan bagi sobat yang tidak terlalu lancar bacaannya, jangan berkecil hati, sobat bisa terus belajar dan belajar hingga sobat bisa. Insya Allah, Allah SWT akan memberikan sobat pahala yang berlipat ganda.

Nah bagi sobat yang ingin guru les privat untuk belajar membaca Al-Quran, runagguru.com sudah menyediakannya untuk sobat, berikut ulasan singkatnya.

Lebih dari 60.000 guru berasal dari berbagai kota di Indonesia, telah mendaftar untuk program ini dalam waktu 2 tahun. Ruang les menjadi penyedia layanan untuk pencarian guru privat yang professional bagi murid. 
Dengan layanan ini, selain murid dapat mencari guru untuk setiap mata pelajaran dan keahlian yang ingin mereka pelajari, guru juga dapat mempromosikan profil mereka secara online untuk siswa. Dan menjelang Ramadhan, siswa ataupun umum dapat request untuk mencari guru privat untuk mengaji.
Jika sobat tertarik, langsung saja berkunjung ke Ruangguru.com.

Oke kita kembali lagi nih ke topik pembahasan kita, sekarang untuk membuat sobat lebih semangat lagi dalam bertadarus Al-Quran ketika bulan Ramadhan, berikut ini saya sudah merangkumnya untuk sobat Pahala mengaji pada bulan Ramadhan dan hikmah puasa Ramadhan yang bisa kita peroleh.

Pahala Mengaji di Bulan Ramadhan


Pahala Mengaji di Bulan Ramadhan

Seperti ibadah lainnya di bulan Ramadhan, mengaji atau membaca Al-Quran pada bulan ini juga menjadi ibadah yang pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT. Nah itulah mengapa banyak sekali keutamaan membaca alquran di bulan suci ramadhan ini.

Imam Ja’far Shadiq sebagaimana diriwayatkan oleh Syekh Taqi ad Din Ibrrahim bin Ali bin Hasan bin Muhammad bin Shahih al Amili al Kaf’ami, telah membuat sebuah pernyataan berkaitan dengan manfaat membaca al-quran di bulan ramadhan :

“Orang yang membaca 10 ayat al-Qur’an dalam satu malam, tidak akan tercatat di antara orang-orang yang lalai. Orang yang membaca 50 ayat al-Qur’an, akan tercatat di antara orang-orang yang berdzikir mengingat Allah. Jika ia membaca 100 ayat, ia akan tercatat di antara orang-orang yang berdoa terus menerus.

Jika ia membaca 300 ayat, ia akan tercatat di antara orang-orang yang beruntung. Jika ia membaca 500 ayat, ia akan tercatat di antara orang-orang yang mencapai derajat ijtihad (mujtahid). Dan jika ia membaca 1.000 ayat, ia akan diberi ganjaran satu qanthar yang sama dengan 5.000 mitsqal: satu mitsqal sama dengan 24 karat, yang terkecil sebesar Bukit Uhud, sedangkan yang terbesar membentang sepanjang bumi hingga langit”.

Imam juga berkata sebagaimana dikutip melalui kitab yang sama :

“Jika seseorang membaca al-Qur’an, Allah akan membiarkannya menikmati impian masa depannya, dan bacaan demikian dapat mengurangi hukuman orang tuanya meskipun mungkin (orangtuanya) adalah orang kafir.”

Jadi bisa disimpulkan bahwa keutamaan tadarus alquran di bulan ramadhan pahalanya tidak hanya untuk diri kita pribadi, melainkan juga untuk orangtua kita yang mana telah mendidik kita menjadi seorang muslim yang taat hingga ajal menjemput nantinya Aamiin.

Nah itu dia manfaat dan pahala mengaji di bulan Ramadhan, semoga setelah membaca artikel ini saya dan sobat semua bisa lebih semangat lagi untuk tidak hanya membaca Al-Quran saja, melainkan ibadah-ibadah lainnya. Insya Allah dengan izin Allah kelak kita akan dijauhkan dari panasnya api neraka dan dipertemukan di surga-Nya. Aaminn Allahuma Aamiin.

Sekian dari saya, apabila ada kekeliruan itu datangnya dari saya dan apabila ada kebenaran itu datangnya dari Allah SWT.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tag : agama, Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Pahala Mengaji di Bulan Ramadhan yang Wajib Kamu Ketahui"

Back To Top
Ruangguru.com