Alat Reproduksi Wanita Luar Dalam dan Fungsinya

Hai sobat semua, pada artikel ini saya ingin membahas tentang alat reproduksi wanita dan fungsinya. Setelah pada artikel sebelumnya saya juga membahas tentang alat reproduksi pada pria, kali ini untuk yang wanita akan kita kupas dan kita selidiki seperti apa sih alat-alatnya dan fungsinya.

Mungkin untuk para wanita sudah sedikit pahamlah mengenai alat reproduksi wanita, tapi bukan tidak mungkin mereka belum tentu paham tentang fungsinya, jadi itulah tujuan dari dibuatnya artikel ini, supaya sobat semua selain mengerti alat-alatnya, juga tahu fungsinya.

Oke langsung saja kita mulai pembahasan mengenai alat reproduksi wanita dan fungsinya. Silahkan disimak baik-baik ya….

alat reproduksi wanita

Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Alat Reproduksi Luar
Alat reproduksi luar terdiri dari vulva (terdiri dari labia mayora dan labia minora), klitoris (kelentit), orificium urethrae (muara saluran kencing), dan himen/selaput dara.
Alat Reproduksi Dalam
  1. Ovarium (indung telur), berjumlah sepasang dan terletak di rongga perut, di dalamnya terdapat folikel-folikel. Ovarium berfungsi menghasilkan ovum (sel telur) serta hormon estrogen dan progesteron.
  2. Fimbriae, merupakan silia lembut yang terdapat di pangkal ovarium, berfungsi menangkap ovum dari ovarium.
  3. Infundibulum tuba, merupakan bagian ujung oviduk yang berbentuk corong, berfungsi menampung ovum yang ditangkap oleh fimbriae.
  4. Tuba fallopi (oviduk), berjumlah sepasang dan menghubungkan ovarium dengan uterus, berfungsi sebagai tempat terjadinya fertilisasi.
  5. Uterus (rahim), merupakan rongga tempat pertumbuhan embrio. Rahim tersusun dari tiga lapisan, yaitu perimetrium, miometrium, dan endometrium.
  6. Vagina, merupakan sebuah tabung berlapis otot yang membujur ke arah belakang dan atas. Pada dinding vagina terdapat kelenjar Bartholini yang menghasilkan lendir dan mempermudah saat melahirkan.
alat reproduksi wanita dan fungsinya
Setelah mempelajari alat reproduksi wanita dan fungsinya diatas, diharapkan sobat semua sudah paham dan mengerti fungsi dari masing-masing alat tersebut. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob.. Terima kasih.

Leave a Reply