Bandung Lautan Api : Latar Belakang dan Jalannya Perang

Hai, kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan berbagi informasi tentang Bandung Lautan Api, nah sudah pada tahukan apa itu Bandung lautan api? Jika belum tahu pas sekali jika sobat membaca artikel dari saya ini.

Awal mula dari peristiwa Bandung Lautan Api itu sendiri sama dengan peristiwa pertempuran lain seperti misalnya pertempuran Ambarawa yaitu diawali dari kedatangan Sekutu yang hendak menjalankan misi tersembunyi yaitu untuk mengambil alih kembali Indonesia ke tangan Belanda. Namun karena kesigapan dan kecakapan para pejuang, membuat kota Bandung tidak jatuh ke tangan Sekutu, tapi justru Sekutu yang kewalahan menahan serangan dari pasukan kita.

Oke tidak usah berlama-lama sob, langsung saja kita mulai pembahasan kali ini …

Jalannya Perang Bandung Lautan Api

Bandung Lautan Api
Sejak tanggal 12 Oktober 1945 pasukan Sekutu mulai memasuki kota Bandung. Ketika Sekutu memasuki kota Bandung, rakyat Bandung sedang mengadakan pengambilalihan kantor-kantor pemerintahan dan perebutan senjata dari tentara Jepang.
Tentara Sekutu berusaha menempati Bandung Utara. Pada tanggal 21 November 1945, Sekutu menyampaikan ultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh pihak Indonesia paling lambat 29 November 1945. Namun ultimatum itu tidak diindahkan oleh rakyat Bandung.
Pada tanggal 1 Desember 1945 kedudukan tentara Sekutu diserang dari segala penjuru, sehingga pertempuran terjadi di perbatasan rel kereta api. Tentara Sekutu mengadakan serangan balasan dengan mengerahkan pesawat terbangnya, untuk melakukan pemboman di berbagai daerah, seperti Cicadas, Lengkong, Tegalega dll.
Sekutu merasa terancam, kemudian meminta bantuan kepada pemerintah Pusat RI agar memerintahkan TRI mundur meninggalkan kota Bandung, keluar kota dengan jarak 11 km. Hal itu disetujui oleh pemerintah RI kemudian memerintahkan TRI mundur meninggalkan kota Bandung.
Peristiwa Bandung Lautan Api
Dengan hati yang berat dan semangat “lebih baik hancur dari pada dijajah kembali” maka TRI dan para pemuda pejuang mentaati perintah dari Pemerintah Pusat RI, sehingga pada tanggal 24 Maret 1946 malam hari, sambil mundur maka kota Bandung dibakar menjadi lauran API peristiwa tersebut dikenal dengan “Bandung Lautan Api”.
Pertempuran berlangsung sampai pada bulan April 1946 dengan masih sering terjadi kontak senjata. Semangat para pemuda yang pantang menyerah, berhasil menghancurkan gudang mesiu milik NICA di Dayeuhkolot. Penghancuran gudang mesiu itu dilakukan oleh pemuda pemberani Mohamad Tohadan Ramdan. Kedua pemuda itu berhasil memasuki gedung mesiu, kemudian diledakannya dengan granat tangan yang dibawanya, Mohamad Toha dan Ramdan ikut gugur dalam peledakan gudang mesiu tersebut.
Nah itu dia sob materi tentang perang Bandung Lauran Api, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob..

sumber :MGMP sejarah kota Semarang

Leave a Reply