Barang Tambang dan Persebarannya Geografi SMA

Hai teman-teman semua, kali ini saya mau berbagi ilmu lagi kepada kalian semua yaitu mengenai Barang Tambang dan Persebarannya di Indonesia. Materi ini diajarkan di kelas 11 mata pelajaran Geografi, jadi buat kalian yang sedang mendapat tugas atau hanya sekedar mencari referensi saja bisa membaca artikel ini sampai habis.

Di materi sebelumnya kita membahas hal-hal biotik ya yaitu mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia, nah kali ini kita akan membahas yang abiotik atau tak hidup yaitu barang tambang.

Kita tahu bawa negara kita tercinta ini merupakan negara yang kaya akan segalanya, mulai dari budaya hingga sumber daya alamnya. Semua itu merupakan ciri khas dari negara kita ini.

Salah satu sumber daya yang ada di Indonesia adalah Barang Tambang. Memakan waktu yang cukup lama untuk membentuk barang tambang ini, memerlukan berbagai proses yang sampai akhirnya bisa tercipta dan dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Nah pada tahu nggak Barang Tambang itu apa? 

Peta Persebaran Barang Tambang di Indonesia

Pengertian Barang Tambang

Barang Tambang adalah sumber daya alam yang didapat dengan melalui proses penambangan yang meliputi eksplorasi, eksploitasi, dan ekstraksi.

Walaupun kaya akan sumber daya tambangnya, ternyata persebarannya tidak merata lho.., maksudnya yaitu ada beberapa barang tambang yang hanya bisa kita jumpai pada tempat itu saja, sedangkan ditempat lain kita tidak bisa menemuinya.

Lalu mengapa barang tambang di Indonesia tersebar tidak merata??
Jawabannya karena keadaan wilayah yang berbeda-beda. Tidak semua wilayah mendukung terbentuknya barang tambang, memerlukan proses yang mana kondisi lingkungan sekitar sangat berpengaruh, jadi bisa disimpulkan kalau tidak semua wilayah mendukung berlangsungnya proses pembentukan barang tambang tersebut.

Barang tambang sendiri merupakan barang tambang yang tidak bisa diperbarui atau hanya sekali pakai. Untuk itu, kalian harus bijak dalam menggunakan barang tambang itu ya..

Faktor yang mempengaruhi Indonesia kaya akan Barang Tambang di Indonesia adalah karena letaknya yang dilalui oleh jalur persebaran gunung api dunia. Namun, sebanyak atau sekaya apapun sumber daya suatu negara tapi tidak dikelola dengan baik, maka percuma saja. Untuk itu, pengelolaannya sangat penting guna meningkatkan devisa suatu negara.

Tahukah kalian, bahwa sebenarnya barang tambang mengalami proses pembentukan yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya bisa kalian baca berikut ini.

  • Barang Tambang Berdasarkan Cara Terbentuknya
  1. Bahan Galian Magmatik, bahan galian yang terjadi karena magma berhubungan serta dekat dengan magma lain.
  2. Bahan Galian Permatit, bahan galian yang terbentuk didalam diatrema dan bentukan intrusi.
  3. Bahan Galian Hasil Pengendapan, bahan galian yang terbentuk karena pengendapan di sungai atau genangan air.
  4. Bahan Galian Hasil Pengayakan Sekunder, bahan galian yang terbentuk karena proses pelarutan pada batuan hasil pelapukan.
  5. Bahan Galian hasil metamorfosis kontak, terbentuk karena adanya magma yang saling bersentuhan.
  6. Magma Galian Hidrotermal, terbentuk karena pembekuan magma.

Potensi dan Persebaran Barang Tambang

Setelah sebelumnya kita memahami mengenai pengertian dari bahan tambang, selanjutnya kita akan membahas jenis-jenis barang tambang yang paling berpotensi di Indonesia berikut ini.
  • Minyak Bumi
Minyak Bumi Sumber Daya Utama
Minyak bumi merupakan barang tambang yang sangat bermanfaat sekali. Minyak bumi dijuluki sebagai Emas Hitam karena warnanya yang hitam serta kental.
Minyak bumi terbentuk dari organisme-organisme yang telah mati yang kemudian mengalami proses yang sangat panjang dan berulang hingga membentuk Minyak Bumi.
Setelah minyak bumi ini diproses, maka akan bisa menghasilkan berbagai macam bahan bakar seerti bensin, minyak tanah, aspal dan lainnya.
Minyak bumi memiliki keuntungan yang besar sekali, antara lain sebagai berikut :
  1. bisa menghasilkan berbagai macam bahan bakar
  2. memiliki nilai kalor yang tinggi
  3. bisa menghasilkan berbagai pelumas
  4. dapat digunakan sebagai bahan baku
  5. mudah dibawa dan disimpan karena sifatnya yang cair
  • Batu Bara
Batu bara adalah batuan yang berasal dari tumbuhan yang mati yang tertimbun dan mengendap selama berjuta-juta tahun lamanya.
Sama seperti minyak bumi, batu bara juga sangat berguna sekali, terutama sebagai bahan bakar. Persebaran dari Batu Bara ini cukup luas, yaitu meliputi Sumatra, Kalimantan, dan Papua.
  • Besi
Merupakan barang tambang yang sering kita jumpai sehari-hari. Besi sudah menjadi bahan yang wajib jika ingin membangun sebuah rumah atau keperluan lainnya. Persebaran dari Barang Tambang ini sendiri memang tidak terlalu merata, hanya di beberapa wilayah saja.
  • Perak dan Emas
Emas dan Perak Sebagai Sumber Daya
Barang yang mudah sekali kita jumpai, terutama bagi kaum hawa karena kedua benda tersebut biasa dijadikan sebagai perhiasan yang berfungsi untuk mempercantik diri atau hanya sekedar koleksi. Tidak hanya itu saja, emas dan perak sudah sejak lama digunakan untuk alat pembayaran atau sebagai jaminan.
Nah saya rasa itu saja jenis-jenis barang tambang yang ada di Indonesia, sebenarnya masih ada banyak sekali, tapi yang saya tuliskan diatas adalah yang umum yang sering kita jumpai setiap harinya. Sekian Materi Kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply