Belajar Membuat Jadwal Untuk Mengerjakan Tugas

Belajar Membuat Jadwal Untuk Mengerjakan Tugas. Nah jika sahabat termasuk murid yang sekarang masih SMP atau SMA, saya tahu betul kalau keseharian sahabat sekarang penuh dengan pekerjaan rumah atau PR yang banyak hehehe.

Apalagi bagi sobat yang tengah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, pasti sudah tidak terbantahkan lagi kalau dalam kesehariannya guru sobat memberikan pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak terdapat bedanya tahun-tahun yang lalu dengan tahun sekarang tentang PR. Walaupun sempat terdengar ultimatum kalau sistem pembelajaran tahun ini tidak diperbolehkan memberikan pekerjaan rumah terlalu banyak untuk murid.

Semua itu hanya bualan saja menurut saya hahaha, saya sempat membaca sebuah tulisan di internet yang isinya mengenai keluhan anak-anak SMP serta SMA yang bertanya tentang kebijakan pemerintah yang baru itu yang nyatanya tidak terlaksana.

Bukannya pekerjaan rumah yang dikurangi, namun sebaliknya, malah semakin banyak. Saya juga pernah lihat sebuah jadwal yang dibuat oleh anak perempuan kayaknya karena saya paham kalau anak cowok nggak akan se rajin itu (termasuk admin), meski tidak semua sih.

Dia membuat jadwal yang mana dari hari senin hingga seninnya lagi terdapat tugas serta Pekerjaan Rumah, sangat menakutkan bukan?.

Malahan ada juga yang harus membuat pekerjaan rumah pada hari libur di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, namun mereka pada hari Sabtunya tetap ke sekolah untuk mengerjakan tugas bersama murid-murid lainnya.

Jadi ya sama aja 6 hari sekolah kan hehehhehe.

Oke maka itu perlu lah dibuat sebuah model perencanaan waktu supaya sahabat nggak keteteran dan waktu istirahat sahabat bisa digunakan sebagaimana mestinya. Oke langsung saja kita mulai tips tentang gimana sih cara mengatur waktu belajar siswa SMP dan SMA berikut.

Oh ya, untuk sobat yang ingin ikut bimbingan belajar secara online, sahabat bisa tuh kunjungi Ruangguru.com, disana materinya lengkap dan didampingi dengan contoh soal beserta penjelasan. Pas untuk sobat yang serba sibuk dan nggak ada waktu buat hadir ke tempat bimbel karena bimbel ini berbasis online.

Cara Mengkoordinir Waktu Belajar Anak SMP SMA

Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Tidak Boleh Menunda-nunda Pekerjaan

Ya, untuk yang pertama ini yang paling penting dan sangat teramat penting, sahabat sebagai murid haram hukumnya untuk menunda-nunda mengerjakan PR.

90% kasus yang mengakibatkan pekerjaan rumah terasa menggunung adalah kebiasaan sobat menyepelekan waktu membuat tugas.

Ah ntar-ntaran ajalah, lagian prnya hanya sedikit!

Nah perilaku inilah yang hanya akan membuat PR lama-kelamaan menumpuk dan sahabat bingung harus ngerjain yang mana terlebih dahulu sementara di hari yang sama ada dua pekerjaan rumah yang berbeda.

Contohnya saja pekerjaan rumah fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan pada hari yang sama.

Mantap tidak tuh….

Kerjain yang mana dulu hayo???

Maka dari itu, usahakan untuk ngerjain tugas secepat mungkin dan usahakan nggak sampai tugas tersebut menggunung jika nggak mau membuat rest time sobat sia-sia cuma untuk ngerjain tugas yang sebenarnya bisa sahabat kerjakan jauh-jauh hari.

#2. Tidak Ada Waktu Tanpa Belajar

Nah untuk yang nomor 2 ini perlu disimak juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya entah itu pada malam hari atau sehabis pulang sekolah, up to you sobat, the important thing, usahakan nggak ada hari tanpa belajar.

Lho terus kapan dong waktu bermainnya?

Waktu untuk bermain atau istirahat masih ada kok, silahkan manage berapa jam time to study yang efektif serta efisien untuk sobat.

Manfaatnya banyak yakni selain membuat sobat lebih siap dalam menghadapi bab-bab baru, sobat juga bakal keinget nanti jika terdapat tugas yang kelupaan.

Selain itu, sobat juga bisa mencicil mengerjakan soal-soal yang ada dibuku sobat, nanti kalau ada pekerjaan rumah dari guru harus ngerjain soal-soal yang ada pada buku sobat dapat santai-santai karena sudah ngerjain sebelumnya.

#3. Khusus Bagi yang Belajar Sambil Bekerja

Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar namun disaat itu juga sambil bekerja, aku punya tips yang mungkin dapat menolong sahabat mengatur waktu untuk belajar.

So, cara mengatur waktu belajar dan bekerja untuk yang belum dan mau mencari job yang paling dasar adalah dengan mencari pekerjaan yang jam kerjanya nggak ketat serta tidak mengganggu waktu sekolah.

Arti dari fleksibel itu sahabat dapat bekerja kapan saja. Walaupun tidak semua job bisa kayak ini namun sebagian besar masih ada kok.

Sobat bisa bilang kepada bos tempat sahabat bekerja untuk memberi pengertian tentang jam kerja sobat, tapi sehabis diberi kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan atasan sobat.

Jika tidak mau bekerja dengan orang lain sobat bisa tuh dengan berjualan makanan bikinan rumah di sekolah atau dengan menitipkannya di kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Nah ini yang kelihatannya paling mudah.

Ada pula job yang dapat sobat lakukan kapan saja dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya berdagang secara online atau membuat sebuah blog.

Nah ini nih bisnis yang sedang saya tekuni, selain karena waktunya yang fleksibel semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika sahabat sudah memiliki suatu sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja ke urusan sekolah kita karena uang akan mendatangi sobat dengan sendirinya.

Nah itu dia Belajar Membuat Jadwal Untuk Mengerjakan Tugas dan cara mengatur waktu belajar dan bekerja bagi sahabat yang mau mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply