Struktur dan Ciri-Ciri Virus Yang Benar

Hai sobat semua, kali ini admin mau berbagi lagi nih artikel mengenai ciri-ciri virus. Pasti sobat semua sudah tahukan apa itu virus. Ya virus adalah parasit mikroskopis yang menginfeksi sel hidup. Dengan kata lain virus ini hanya bisa hidup di sel hidup saja, diluar itu, virus akan mati atau nonaktif (artinya masih bisa aktif lagi jika sewaktu-waktu masuk ke sel hidup).

Pernahkan kalian melihat virus secara langsung tanpa bantuan alat, dan pernahkah sobat mencoba untuk melihat virus tersebut secara langsung? Jika ia maka tindakan tersebut adalah sia-sia, karena virus ini memiliki sifat mikroskopis, dan hanya bisa dilihat dengan bantuan alat seperti mikroskop elektron.

Ada beberapa ciri-ciri virus yang membedakannya dengan bakteri, karena banyak orang menyamakan antara virus dan bakteri, padahal itu berbeda sekali. Nah untuk itu coba sobat liat ciri ciri virus dan strukturnya berikut yang sudah saya siapkan.
Baca juga ciri ciri bakteri dan struktur tubuhnya.

Ciri-Ciri Virus dan Struktur Tubuhnya

Ciri-Ciri Virus dan Strukturnya
Virus memiliki beberapa ciri sebagai berikut :
  1. Memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu antara 20 sampai 300 nanometer dengan diameter terkecil kurang lebih 17 nanometer.
  2. Hanya bisa dilihat dengan mikroskop elektron.
  3. Bersifat parasit obligat, artinya hanya bisa hidup dan berkembang biak di sel-sel makhluk hidup saja, diluar itu mati atau nonaktif.
  4. Tubuhnya hanya tersusun atas selubung protein dan asam nukleat.
  5. Tidak dapat diendapkan dengan sentrifugasi biasa, tetapi dapat dikristalkan.
  6. Tidak dapat bergerak maupun melakukan metabolisme sendiri.
  7. Tidak dapat membelah diri, tidak bernapas, tidak tumbuh, dan tidak mengalami ekskresi.
  8. Bentuk tubuh virus bervariasi, ada yang berbentuk kotak, silinder, batang bulat, seperti huruf T, dan seperti kubus.
Adapun struktur rubuh virus berupa partikel yang disebut Virion. Oleh karena itu virus bukan berupa sel, maka virus tidak memiliki bagian-bagian sel seperti membran plasma, sitoplasma, dan inti. Tubuh virus tersusun dari selubung protein dan asam nukleat.
Tubuh Virus terdiri dari sebagai berikut.
  1. Selubung protein (kapsid) adalah pembungkus asam nukleat. Kapsid tersusun daru subunit protein yang disebut kapsomer.
  2. Asam Nukleat adalah pembawa informasi genetika. Asam nukleat virus terdiri dari DNA atau RNA saja.
Nah itu dia sob artikel mengenai ciri-ciri virus dan juga struktur tubuh virus, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa kunjungi informasibelajar.com untuk materi pelajaran sekolah lainnya.

Leave a Reply