3 CONTOH TEKS ULASAN Film Laskar Pelangi, 5 cm, Sang Pemimpi

Sobat pasti sedang mencari contoh teks ulasan kan? Nah pada artikel ini informasibelajar.com akan berbagi beberapa contoh yang bisa sobat jadikan referensi untuk membuat teks ulasan sobat sendiri. Saya sudah membuat 3 contoh teks ulasan beserta struktunya, jadi sobat tidak akan bingung dalam menentukan strukturnya nanti.

Oh ya sebelumnya bagi yang belum terlalu paham tentang pengertian teks ulasan dan strukturnya, saya sangat merekomendasikan sobat untuk membaca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya, berikut ini linknya: Pengertian dan Struktur Teks Ulasan Lengkap.

Nah jika sobat sudah paham, untuk lebih memantapkan pemahaman sobat lagi, silahkan untuk menyimak contoh teks ulasan film yang sudah saya buat dibawah ini. Langsung saja ya disimak.

Contoh Teks Ulasan Film Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

Pertama saya akan berbagi teks ulasan film laskar pelangi, karena film ini banyak yang nyari dan menjadi salah satu film populer. Oke langsung saja simak contoh teks ulasan film laskar pelangi berikut ini.

Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Beserta Strukturnya

Struktur Teks Ulasan Film Laskar Pelangi

Orientasi:

Keterbatasan yang ada tidak memuat anggota Laskar Pelangi putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.Cerita terjadi di desa Gantung, Belitung Timur yang dimulai ketika SD Muhammadiyyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jika tidak melebihi 10 anak. Saat penutupan sekolah karena jumlahnya hanya 9, Harun dan Ibunya datang dan mendaftarkan diri ke sekolah itu.

Tafsiran:

Dari sanalah cerita dimulai. Mereka, Laskar Pelangi, nama yang diberikan Bu Muslimah akan kesenangan mereka terhadap pelangi sempat mengharumkan nama sekolah dengan berbagai cara.

Novel ini sangat bermanfaat bagi para remaja. Kelebihan novel ini antar lain, berisi motivasi dan amanat-amanat yang dapat diambil dari kisah tersebut. Naskah Laskar Pelangi telah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dengan novelnya.

Evaluasi:

Anggota Laskar Pelangi mempunyai karakter dan bakat yang berbeda-beda. Ikal adalh tokoh “ aku “ dalam cerita ini. Lintang, teman sebangku Ikal, adalah anak yang luar biasa jenius.

Sahara adalah satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi yang memiliki sikap keras kepala dan berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama.

Mahar, pria tampan bertubuh kurus ini, memiliki bakat dan minat besar pada seni. A Kiong adalah keturunan Tionghoa dan pengikut sejati Mahar sejak kelas satu.

Syahdan adalah anak nelayan yang dalam cerita ini tak pernah menonjol. Kucai adalah ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Borek adalah pia besar maniak otot. Harun adalah pria yang memiliki keterbelakangan mental.

Tokoh lain dalam novel ini adalah Bu Muslimah, Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Pak Harfan, kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyyah. Flo, adalah seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. A Ling adalah cinta pertama Ikal yang merupakan sepupu A Kiong.

Rangkuman:

Novel Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata, tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di luar Indonesia, hingga ke Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan penerbit para pemenang nobel sastra.

Nah itu dia struktur teks ulasan laskar pelangi, selanjutnya kita berlanjut ke contoh selanjutnya yaitu contoh teks ulasan film 5 cm. Silahkan disimak ya ulasan dibawah ini.

Contoh Teks Ulasan Film 5 CM

Teks Ulasan Film 5 CM

Judul Film           : 5 cm.

Sutradara             : Rizal Mantovani

Penulis                : Donny Dhirgantoro

Pemeran              : Herjunot Ali, Ferdi Nuril, Saykoji, Raline Shah, Pevita Perace, Deni Sumargo

Produksi              : RAM SORAYA

Didalam film 5cm ini, berkisah tentang kisah persahabatan 5 orang remaja yang bernama Arial (Deni Sumargo), Genta (Ferdi Nuril), Ian (Saykoji), Riani (Raline Shah), Zafran (Herjunot Ali). Film ini juga tak lupa menampilkan sudut-sudut keindahan Negeri kita tercinta, Indonesia. Yaitu diantaranya pesona Puncak Mahameru, Danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, dll.

Si Penulis film ini, Donny Dhirgantoro mempunyai tujuan untuk menunjukkan kepada para penonton bahwa persahabatan tidak hanya sekadar, berkumpul setiap minggu, makan dan nongkrong di tempat yang dianggap “hitz” , tertawa sekencang-kencangnya, tetapi juga persahabatan yang tetap terjalin walaupun tidak tegur sapa selama kurang lebih 3 bulan.

Selain bercerita tentang persahabatan, film ini juga menunjukkan kebersamaan diantara 1 orang dengan yang lain.Cerita tentang persahabatan ini jarang dipilih sebagai tema dalam semua film karena banyak orang yang menganggap terlalu biasa.

Namun, sang sutradara berhasil mengolahnya menjadi hal yang tidak hanya sekadar biasa, tetapi luar biasa. Beberapa adegan ditampilkan melalui kesan humoris seperti pada adegan Arial (Deni Sumargo) dan Ian (Saykoji) yang mengganti nama penyair terkenal Khalil Gibran menjadi Khalil Zafran dengan sajaknya Sayap-Sayap Patah diganti menjadi Sayap-Sayap Ayam.

Film yang cocok ditonton tidak hanya kaum remaja tapi juga orang tua ini menggunakan bahasa yang bisa dibilang santai dan mudah dipahami.

Selain bahasa yang mudah dipahami, para pemain pun juga bermain dengan baik dan sangat menghayati setiap adegan yang mereka mainkan sehingga karakter dari setiap pemain benar-benar terlihat.

Seperti pada adegan di atas mobil pick-up  dimana mereka membacakan “mantra” sebelum melakukan pendakian di puncak mahameru, betapa mereka sangat menghayati peran sehingga semua itu terlihat nyata bukan rekayasa akting.

Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam film ini diantaranya adalah dimana ada beberapa adegan yang terlihat “khayal” – tidak nyata. Seperti salah satunya dalam adegan saat di jalur pendakian dan terdapat hujan batu dari puncak dimana hampir semua pemain terkena batu dan yang terparah, Ian (Saykoji) memiliki banyak luka dan jika kita berfikir secara logis kejadian seperti itu bisa menyebabkan kematian karena sangat mengerikan dan di dalam film tersebut Ian (Saykoji) ternyata hanya pingsan.

Selain itu, hal-hal yang terlihat khayal juga terdapat di poster dan vcd film dimana mereka ber 6- ditambah adik perempuan Arial (Deni Sumargo) yang diperankan oleh Pevita Pearce dan berperan sebagai Dinda.  Di dalam poster dan vcd film itu mereka terlihat seperti mendaki di atas awan, semua itu terlihat sangat khayal dimana sang desainer nya memberikan ilustrasi awan yang terlihat sangat palsu.

Walaupun sebenarnya saat di film memang mereka berada di atas awan. Dimana mimpi-mimpi digantung, setinggi awan, setinggi tekad yang kita tancapkan dalam diri untuk mencapai suatu hal yang sangat diidamkan.

Dan ada juga yang tidak sesuai dengan tema utama yaitu persahabatan, disini juga terdapat beberapa bagian tentang kisah cinta anak jaman sekarang. Dan ending yang sangat mengagetkan dan sangat beda dengan pemikiran para penonton.

Di awal cerita terdapat narasi yang mengatakan secara tidak langsung bahwa Genta (Ferdi Nuril) dan Riani (Raline Shah) terlihat saling menyukai dan didukung dengan adegan saat di Mahameru dimana mereka berdua sering tertangkap kamera saling mencuri pandang. Sedangkan, Zafran (Herjunot Ali) terlihat menyukai Dinda (Pevita Pearce) dan Dinda pun begitu. Namun, pada akhirnya ternyata berkebalikan yaitu, Genta (Ferdi Nuril) ternyata menyukai Dinda (Pevita Pearce) dan begitupun Zafran (Herjunot Ali) menyukai Riani (Raline Shah).

Semua penonton dari awal kebanyakan sudah berpikiran bahwa pemeran utama film ini adalah Genta (Ferdi Nuril), namun ternyata bukan Genta (Ferdi Nuril) melainkan Zafran (Herjunot Ali). Kebanyakan penonton tidak memperhatikan di awal bahwa yang membaca narasi adalah Zafran (Herjunot Ali).

Namun, secara keseluruhan film ini bagus dan sangat menarik terbukti dengan begitu banyak penonton yang antusias setiap kali menonton film ini walaupun sudah diputar beberapa kali. Sebuah karya yang mengedepankan tentang persahabatan dan percintaan menjadi nomor kesekian.

Nah itu dia contoh teks ulasan film 5 cm. Kita sekarang menuju ke contoh terakhir yaitu contoh teks ulasan novel sang pemimpi. Simak berikut ini…

Contoh Teks Ulasan Sang Pemimpi Beserta Strukturnya

Struktur Teks Ulasan Novel Sang PemimpiOrientasi:

Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini berkisah tentang kehidupannya di Pulau Belitong yang serba kesusahan. Ada 3 orang pemuda SMA yang bermimpi untuk menyambung sekolah sampai ke Prancis menjelajah Eropa sampai ke Afrika. Ikal, Arai, dan Jimbron adalah para pemimpi-pemimpi tersebut.

Tafsiran:

Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan tentang dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan 2 temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal.

Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam buku ini. Dia seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main itu. Namun, berbeda dengan sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Ia adalah cermin guru teladan. Pak Belialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.

Pada bab-bab berikutnya pembaca akan melihat potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri. Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Meskipun demikian, pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan.

Evaluasi:

Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan, dan kesedihan.

Selain itu, buku ini memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.

Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.

Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi hanya sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di Novel sebelumnya telah diceritakan dengan jelas.

Rangkuman:

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Buku ini memberi motivasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya sekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.

Nah itu dia artikel tentang contoh teks ulasan novel, contoh teks ulasan film, drama dan lainnya. Semoga bermanfaat ya sob, dan jangan lupa untuk like dan share artikel ini jika memang bermanfaat untuk sobat 🙂

Loading...

Leave a Reply