Invers Matriks 3X3 Pembahasan

Hai sobat semua, kali ini aku mau berbagi materi tentang invers matriks 3×3 yang mana menjadi salah satu materi dalam mata pelajaran matematika wajib SMA. Nah pasti kebanyakan dari sobat yang sedang membaca artikel ini sekarang sedang duduk di kelas 12 SMA ya? Saya juga ketika menulis artikel ini masih duduk di kelas 12 SMA, jadi tujuan saya selain ingin memperbanyak artikel blog juga sekalian membantu teman-teman mengenai materi invers matriks ini.

Oke pada materi sebelum-sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai pengertian dan jenis-jenis matriks. Nah bagi yang belum membaca artikel saya tersebut bisa mampir terlebih dahulu melalui link tadi. Disana sobat akan belajar mengenai pengertian dari matriks dan juga berbagai macam jenis matriks.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu sobat kuasai terlebih dahulu berkaitan dengan invers matriks 3×3 ini. Berikut mater wajib yang harus sobat kuasai :

Perkalian Matriks dan Determinan Matriks

Jika sobat sudah bisa menguasai kedua hal tersebut, sekarang sobat bisa lanjut ke materi ini yaitu mencari invers matriks 3×3. Silahkan disimak ulasan dari saya dibawah ini…

Invers Matriks 3X3

Misalkan matriks A berordo 3×3, maka invers dari matriks A bisa ditulis :

Invers Matriks 3X3

Untuk mencari determinan matriks 3×3 sudah pernah saya bahas pada artikel diatas, jadi bagi yang lupa bisa membaca artikel saya sebelumnya. Nah karena determinan saya anggap sudah pada paham, selanjutnya saya akan membahas cari mencari Adjoin atau Adj matriks.

Cara Mencari Adjoin Matriks :

Rumus Invers Matriks 3X3

Maksud gambar diatas adalah jika misalnya kita mencari elemen kolom satu baris satu, maka kita tutup kolom satu baris satu, nah yang angka-angka yang tidak ketutup kita determinankan. Begitu seterusnya untuk mencari elemen pada kolom dan baris selanjutnya.

Untuk lebih jelas lagi, sobat bisa mampir ke artikel saya tentang invers matriks, disana dibahas lengkap tentang matriks 2×2 dan 3×3 beserta contohnya. Jadi bagi yang ingin lebih paham lagi silahkan kunjungi artikel saya tersebut.

Leave a Reply