Isi SUPERSEMAR (Surat Perintah Sebelas Maret) 1966 Terlengkap

Hai guys, pada artikel ini saya akan berbagi materi tentang isi Supersemar atau Surat Perintah Sebelas Maret 1966 lengkap dan detail kepada sobat semua, saya harap sobat membaca artikel ini hingga selesai.

Nah materi ini menjadi salah satu materi yang wajib diajarkan ketika kita duduk dibangku sekolah, baik SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA, pasti semua akan mendapatkan materi tentang Supersemar ini.

Nah isi supersemar sendiri menjadi salah satu bukti sejarah bangsa ini yang sangat perlu kita ketahui sebagai warga negara Indonesia yang baik. Oke tidak usah berbasa-basi lagi, langsung saja kita cari tahu latar belakang SUPERSEMAR 1966 ini dan kita lihat beberapa versi isi supersemar yang memiliki perbedaan antara yang versi TNI AD dan versi lainnya.

Isi SUPERSEMAR 1966 Terlengkap

ISI SUPERSEMAR atau Surat Perintah Sebelas Maret adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Pertama yaitu Ir. Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966. Surat “sakti” ini berisi perintah yang menginstruksikan Soeharto, selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban/Pangkopkamtib (saat itu) untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu dalam mengatasi situasi keamanan yang buruk pada saat itu.
Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi lahirnya Supersemar ini, antara lain :
  1. Situasi dan kondisi negara tengah kacau dan genting
  2. Untuk mengatasi situasi buruk akibat pemberontakan G-30S PKI
  3. Menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari kehancuran
  4. Mengembalikan kewibawaan pemerintah
Nah itu tadi latarbelakang lahirnya supersemar, selanjutnya kita akan membahas tentang Isi Supersemar itu sendiri.
Isi Supersemar 1966 :
Seperti yang sebelumnya saya utarakan, ada 2 versi dari supersemar yang hingga saat ini menjadi perdebatan. 2 versi tersebut adalah versi supersemar dari TNI AD, dan versi supersemar dari Versi lainnya.
Isi Supersemar Versi TNI-AD dan Versi Lain
Isi SUPERSEMAR 1966
Gambar saya ambil dari situs wikipedia, untuk lebih jelasnya bisa lihat disana.

Nah itu dia sob isi supersemar atau surat perintah sebelas maret 1966 yang menjadi kontroversi hingga saat ini. Jika gambar kurang jelas sobat bisa mengklik gambar tersebut atau jika tidak bisa sobat bisa klik kanan pada gambar dan open image in new tab (Khusus pengguna PC).

Leave a Reply