Jaringan Penyusun Daun Struktur dan Fungsinya

Hai semua, kali ini saya mau berbagi materi lanjutan yaitu mengenai jaringan penyusun daun. Materi Biologi ini masih ada hubungannya dengan materi-materi sebelumnya yang sudah saya bahas, untuk itu bagi yang ketinggalan, bisa dibaca dulu mengenai jaringan yang ada pada tumbuhan dan ciri-ciri jaringan meristem beserta fungsinya.

Nah setelah kalian memahami materi-materi diatas, kita bisa lanjut ke materi selanjutnya yaitu tentang struktur dan fungsi jaringan penyusun daun.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, daun tersusun dari berbagai macam jaringan. Jaringan sendiri merupakan gabungan dari sel-sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Nah untuk jaringan penyusun daun terdiri dari 3 yaitu Epidermis, Parenkim, dan jaringan pengangkut yang akan kita bahas satu persatu nanti.

Selanjutnya, yang perlu kalian ketahui lagi adalah bahwa susunan daun dikotil dan monokotil memiliki beberapa perbedaan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membandingkan dua gambar penampang melintang dari masing-masing daun.

Jaringan Penyusun Daun Struktur dan Fungsinya
sumber gambar dari slideshare

Nah dari gambar diatas sudah jelaskan perbedaannya, yaitu dari segi susunannya.

Struktur dan Fungsi Jaringan Penyusun Daun

Oke kita lanjutkan ke susunan dari jaringan penyusun daun ini, yaitu sebagai berikut :
  • Epidermis
Dinding luarnya dilapisi oleh kutikula yang fungsinya untuk mengurangi penguapan air. Letak dari epidermis ini pada bagian permukaan atas maupun bawah dari daun. Karena letaknya paling luar atau dipermukaan, sudah pasti fungsi utama dari epidermis adalah melindungi lapisan-lapisan yang ada dibawahnya. Didalamnya juga terdapat stomata atau tempat keluar masuknya udara.

  • Parenkim atau Mesofil
Dibagian inilah terjadi proses yang paling penting bagi tumbuhan yaitu proses fotosintesis. Untuk daun dikotil sendiri, mesofil akan mengalami diferensiasi menjadi 2 macam parenkim yaitu sebagai berikut:
  1. Parenkim Palisade (jaringan tiang), tersusun dari sel-sel yang berbentuk silinder, tersusun rapat dan mengandung banyak kloroplas.
  2. Parenkim Spons (jaringan bunga karang), tersusun dari sel-sel yang tidak beraturan, tersusun renggang, dan hanya memiliki sedikit kandungan kloroplas.
Untuk mesofil pada daun monokotil letaknya di antara urat daun dan tidak mengalami diferensiasi serta bentuknya yang seragam.

  • Jaringan Pengangkut
Letaknya pada bagian bawah daun dan disebut tulang-tulang daun di tumbuhan dikotil. Sedangkan pada tumbuhan monokotil, letaknya berada atau sejajar dengan sumbu daun yang dihubungkan oleh berkas pengangkutan yang kecil.
Nah saya rasa cukup sekian materi kita kali ini mengenai Jaringan Penyusun Daun Struktur dan Fungsinya, semoga bermanfaat dan bagi yang belum paham bisa berkomentar di kolom yang sudah tersedia. Terima Kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply