Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Beserta Ciri dan Jenisnya

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana setiap warga negaranya mempunyai hak yang sama dalam pengambilan keputusan untuk menentukan nasibnya sendiri.

Itu dia pengertian demokrasi secara singkat yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu. Lantas bagaimana pengertian demokrasi menurut para ahli, apa saja ciri-ciri demokrasi dan apa saja jenis-jenis demokrasi?
Hai sobat semua pada artikel ini informasibelajar.com akan berbagi sedikit pengetahuan tentang beberapa hal diatas tadi.
Jadi bagi sobat yang ingin memahami dengan lebih spesifik lagi seputar bentuk pemerintahan demokrasi silahkan sobat simak terus artikel ini.
Mengapa ini penting? Pasalnya negara kita tercinta ini juga menerapkan bentuk pemerintahan demokrasi, jadi kita sebagai warga negara yang baik harus paham tentang hal ini tentunya.
Oke langsung saja ya kita mulai pembahasannya, berikut ini beberapa definisi demokrasi menurut para ahli.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Sebelum kita melihat beberapa pendapat dari para ahli, silahkan simak pengertian demokrasi secara umum berikut ini.

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana rakyat memiliki hak yang setara antara satu dan lainnya dalam pengambilan keputusan serta mempersilahkan rakyat menyampaikan aspirasi mereka melalui wakil-wakilnya yang duduk dipemerintahan.

Untuk penjelasan lebih detail lagi seperti asal kata dan artinya serta sejarah demokrasi dan perkembangannya, silahkan kunjungi Pengertian Demokrasi Secara Umum.
Oke kita lanjutkan……
Apa itu Demokrasi?

Abraham Lincoln:

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Charles Costello: 

Demokrasi ialah suatu sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.

John L. Esposito:

Demokrasi pada dasarnya adalah kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Hans Kelsen:

Demokrasi adalah pemerintahan oleh dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan Negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Di mana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan Negara.

Sidney Hook:

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

C.F. Strong:

Demokrasi adalah Suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

Itu dia beberapa pengertian demokrasi menurut para ahli, nah untuk materi selanjutnya silahkan klik link-link dibawah ini.


Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Contoh Pelaksanaan Demokrasi

Leave a Reply