Pengertian Ideologi Pancasila, Filsafat Pancasila, dan Ideologi Terbuka Tertutup

Hai sahabat semua, untuk meningkatkan rasa nasionalisme kita, kali ini saya mau berbagi sebuah artikel mengenai pengertian ideologi pancasila kepada sobat semua.

Tujuannya adalah supaya kita lebih mengenal lebih dalam lagi mengenai dasar negara kita pancasila, pengertian filsafat pancasila dan semua tentang pancasila. Nah untuk mencari hal-hal yang berhubungan dengan materi ideologi pancasila ini, kalian bisa mengunjungi kumpulan materi PKn berikut.

Rasa nasionalisme anak-anak bangsa sekarang ini memang sedang menjadi perhatian serius, pasalnya rasa itu seakan sudah luntur dari hati para pemuda bangsa ini, padahal nasionalisme sangat diperlukan untuk memperkuat negara kita ini. Untuk itu, saya membuat artikel ini agar semua orang yang membaca artikel ini akan terpupuk kembali rasa nasionalismenya.

Nah, untuk itu silahkan simak baik-baik artikel bermanfaat ini.

Pada artikel ini ada beberapa hal yang akan kita bahas yaitu yang pertama pasti mengenai apa itu ideologi pancasila, apa itu filsafat manusia, apa itu demokrasi pancasila dan ideologi terbuka dan tertutup.
Baca juga artikel mengenai wawasan nusantara dan funginya untuk lebih meningkatkan rasa nasionalisme kalian.

Pengertian Ideologi Pancasila Wajib Diketahui

Pengertian Ideologi Pancasila yang Wajib Kita Pahami!

Negara kita menganut ideologi yaitu ideologi pancasila. Ideologi yang menurut saya cukup relevan sekali bagi bangsa kita. Berbeda dengan ideologi lain yang ada didunia yang hanya didasari pada pemikiran dari orang atau kelompok tertentu, ideologi pancasila membawa sebuah nilai-nilai luhur budaya dan nilai religius bangsa kita.
Pancasila sendiri memiliki kedudukan sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia, artinya pancasila telah menjadi pandangan hidup dan budaya bangsa, bukan mengambil atau mencontoh ideologi negara lain.
Apa itu Pengertian ideologi pancasila? Untuk memahaminya silahkan lihat ulasan berikut:

Ideologi Pancasila adalah kumpulan dari nilai-nilai atau norma-norma yang meliputi sila-sila pancasila

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka Tertutup

Setelah tadi membahas mengenai pengertian ideologi pancasila, selanjutnya kita akan membahas pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka dan ideologi tertutup.
Kita bahas satu persatu ya…….
Pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka → ideologi yang sifatnya tidak mutlak. Ideologi yang dapat menyesuaikan diri dari perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasar pancasila. Dapat juga diartikan kalau nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, melainkan digali lagi.

Pengertian pancasila sebagai ideologi tertutup →  ideologi yang bersifat mutlak. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi.

Pahami Juga Pengertian Filsafat Pancasila

Tidak cukup kalau kita hanya mengetahui tentang pengertian ideologi pancasila saja, kita juga harus memahami mengenai pengertian filsafat pancasila. 
Apa itu filsafat Pancasila?
Definisi filsafat pancasila adalah norma-norma dan pedoman bernegara di Indonesia berdasarkan konsep hidup manusia dan etika yang berubah seiring waktu yang didasari pada fakta-fakta atau kebenaran.
Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi tentang filsafat pancasila, kita pahami terlebih dahulu apa arti “filsafat” itu sendiri. Untuk mengetahuinya silahkan lihat ulasan singkatnya berikut:
Filsafat berasal dari bahasa Yunani yang berarti Philosophia yang merupakan gabungan dari kata Philos yang artinya mencintai dan Sophia yang artinya kebijakan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Philosophia adalah kecintaan terhadap kebijaksanaan atau kebenaran.
Saat awal berkembangnya, filsafat pancasila masih menganut beberapa hal dari negara-negara barat, namun semenjak tahun 1955, Soekarno mengembangkan filsafat pancasila dan pada masa pemerintahan Soeharto, semua paham-paham yang berbau negara barat dihapus atau ditiadakan.

Jangan Lupa Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila

Jelaskan pengertian demokrasi pancasila
Ada sebuah soal yang pernah saya temui, bunyinya begini “Jelaskan Pengertian Demokrasi Pancasila!”
Jawabannya yaitu demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang didasari pada asas kekeluargaan dan gotong-royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia yang ditujukan demi kesejahteraan rakyat, yang mengandung unsur-unsur berkesadaran religius, yang berdasarkan kebenaran, kecintaan dan budi pekerti luhur, berkepribadian Indonesia dan berkesinambungan.
Jadi, ada 2 aspek penting yaitu kekeluargaan dan gotong royong. 2 hal itulah yang menjadi ciri khas dari bangsa kita, kekeluargaan sangat identik dengan Indonesia, bahkan sudah menjadi bagian dari negara kita yang tidak bisa dipisahkan termasuk juga gotong royong.
Kesimpulan……..
Jadi dari artikel diatas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwasanya pemahaman akan pancasila sangat amat diperlukan. Pemahaman akan pancasila akan membuat segala aspek kehidupan bernegara menjadi berjalan lebih baik karena didalam sila-sila pancasila terkandung nilai-nilai moral yang luhur.

Leave a Reply