Pengertian Manajemen Secara Umum dan Menurut Para Ahli LENGKAP

Manajemen adalah metode/teknik atau proses untuk mencapai tujuan. Sesimpel itu kah? Mungkin tidak tapi penjelasan diatas bisa sedikit mewakili apa itu manajemen secara umum.

Hai sobat informasibelajar.com, kali ini saya kembali lagi dengan membawa sedikit informasi mengenai pengertian manajemen untuk sobat semua.

Namun kita tidak hanya membahas sebatas pengertian singkat dari manajemen saja, kita akan melihat beberapa pandangan mengenai pengertian manajemen menurut para ahli dan juga kesimpulan dari beberapa definisi manajemen yang ada.

Ada berbagai pandangan tentang manejemen dari berbagai tokoh, namun dari semua itu dapat kita ambil kesimpulan nantinya.

Nah karena sangat banyak sekali pengertian-pengertian dari manajemen menurut para ahli diluaran sana, saya hanya akan menampilkan beberapa saja dan saya yakin nantinya sobat akan memahami dengan detail mengenai apa itu manajemen setelah membaca artikel ini.

Oke untuk itu langsung saja kita mulai ya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian Manajemen Secara Umum

Sebelumnya saya sudah mengutarakan kalau manajemen itu adalah metode/teknik atau proses untuk mencapai tujuan. Ya pada dasarnya manajemen mengacu pada metode atau teknik yang diaplikasikan dalam bisnis agar target yang ditentukan sebelumnya dapat dicapai dengan efektif dan efisien.

Nah pertanyaannya apa perbedaan dari efektif dan efisien itu sendiri? Bingung kan? Walaupun kita sering menggunakannya sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut.

Untuk itu saya akan menjelaskannya untuk sobat semua. Berikut penjelasannya..

Efektif adalah melakukan suatu pekerjaan yang tepat.

Efisien adalah melakukan suatu pekerjaan dengan tepat.

Sudah paham? Oke jika belum kita buat studi kasusnya saja.

Studi Kasus:

Dalam sebuah perusahaan terdapat 10 orang pekerja yang setiap harinya dapat menyelesaikan 1 produk. Hal ini dikatakan EFEKTIF jika dibanding dengan memakai 5 orang yang mungkin harus memerlukan waktu 2 hari untuk menyelesaikan 1 produk.

Namun jika pekerja dikurangi menjadi hanya 5 orang  dan masih dapat menyelesaikan 1 produk per harinya maka ini yang dinamakan EFEKTIF DAN EFISIEN. Tentu 5 orang tenaga yang dihilangkan tadi diganti menggunakan mesin yang mampu bekerja lebih optimal dibanding manusia.

Sudah paham kan perbedaan kedua hal tersebut? Jika sudah oke kita lanjut.

Terdapat beberapa tokoh yang mengutarakan pandangannya tentang apa itu manajemen, berikut ini beberapa pengertian manajemen menurut para ahli.

Definisi Manajemen Menurut:

Fayol

Manajemen adalah fungsi-fungsi untuk merencanakan (planning), mengorganisir (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling).

Stoner

Manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing/leading), dan pengawasan (controlling) terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dengan mempergunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang hendak dicapai.

Koonentz dan Donnel

Manajemen menitikberatkan pada pemaanfaatan SDM untuk tercapainya tujuan yang mana mengharuskan orang-orang yang terlibat harus mempunyai tugasm tanggung jawab dan wewenang yang jelas (job description).

Untuk lebih lengkapnya tentang apa itu manajemen menurut para ahli, silahkan kunjungi link berikut Pengertian Manajemen dari Para Ahli.

Oke dari beberapa definisi diatas, yaitu pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli kita bisa mengambil kesimpulan, berikut ini kesimpulan menurut saya.

Kesimpulan:

Manajemen adalah metode/teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan melalui tahapan-tahapan perencanaan(planning), pengorganisasian(organizing), pelaksanaan dan pengarahan (directing & leading), serta pengawasan(controlling) demi tercapainya proses yang efektif dan efisien.

Itu dia penjelasan mengenai definisi manajemen, apabila sobat memiliki pandangan lain silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya. Bye-Bye 🙂

Leave a Reply