Mikroskop: Pengertian Bagian-Bagian dan Fungsinya

Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam melakukan praktikum-praktikum, terutama praktikum biologi. Nah pada artikel ini kita akan belajar tentang mikroskop secara detail.

Yang akan kita pelajari tidak hanya sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini sobat tidak tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk memperjelas pemahaman sobat, nanti saya juga akan menyediakan sebuah gambar mikroskop beserta nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari awal hingga akhir.

Oke yang pertama yang akan kita bahas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari sobat sudah tahu apa itu mikroskop, saya yakin pasti kebanyakan sudah tahu. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Mikroskop

Mikroksop adalah sebuah alat yang dapat membantu kita melihat objek-objek berukuran sangat kecil yang tidak bisa kita lihat hanya menggunakan mata saja.
Contoh sederhananya jika kita ingin mengamati struktur daun suatu tanaman, nah kita tidak mungkin bisa melihat secara detail hanya dengan mata telanjang saja, kita memerlukan sebuah alat yaitu mikroskop.
Ada berbagai jenis mikroskop, tergantung tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, binokuler, elektron dan lainnya. Saya akan membahas secara lengkap pada tengah artikel nanti jadi silahkan simak hingga selesai.
Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang belum tahu nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sobat bisa lihat gambar dibawah ini.

Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Oke jika sobat penasaran dan ingin tahu secara lebih detailnya, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kita meletakkan mata kita untuk mengamati objek.
  • Lensa objektif, fungsinya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum kita mengamati objek, sebelumnya kita harus mengoleskan minyak emersi ke objek terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.
  • Diafragma, fungsinya untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.
  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya diobjek.
  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.
⏩ Bagian-Bagian Non-Optik
  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk memindahkan benda ini ke tempat lain.
  • Tabung mikroskop, bagian mikroskop yang menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif adalah tabung mikroskop.
  • Revolver, fungsinya untuk mengatur perbesaran lenda objektif yang diinginkan.
  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur fokus dari gambaran objek yang kita mau.
  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat guna mengatur fokus dari gambaran objek yang kita mau.
  • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat 2 penjepit untuk menjepit preparat agar tidak bergeser ketika diamati.
  • Kaki Mikroskop, fungsinya sebagai penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika hendak dipindahkan ke tempat lain.
Nah itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sobat ketahui.
Jenis-Jenis Mikroskop
Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya bahas disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya dan jumlah lensa. Berikut ulasannya.
⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya
#1. Mikroskop Cahaya
Nah ini dia yang sering kita jumpai dan kita gunakan saat praktikum di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa digunakan.
Jika suatu ruangan tempat kita mengadakan praktikum pengamatan sangat minim cahaya, maka kita kesulitan untuk bisa melihat objek bayangan secara jelas karena cahaya berperan sangat penting dalam hal ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.
#2. Mikroskop Elektron
Gambar Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Gambar bayngan yang dihasilkan pun jauh lebih baik dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset detail seputar benda-benda mirkoskopis.
⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa
#1. Mikroskop  Monokuler
Seperti namanya, mikroskop monokuler ini menggunakan satu lensa pembesar saja. Mikroskop ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang sederhana, tidak bisa digunakan untuk melihat objek yang sangat-sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.

#2. Mikroskop Binokuler
Gambar Mikroskop Binokuler

Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa pembesar yang mana keduanya saling menguatkan detail dari suatu objek yang sedang diamati. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat tepat untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler.

Jika sobat ingin tahu lebih banyak seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop dan Gambarnya yang sudah saya buat sebelumnya.

Cara Kerja Mikroskop

Nah selanjutnya yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijelaskan dengan kata-kata, maka silahkan sobat simak video dibawah ini.

Sekian artikel dari saya mengenai pengertian mikroskop, bagian-bagian mikroskop dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat 🙂

2 Comments

Leave a Reply