Pengertian Teks Berita Bahasa Indonesia

Hai sobat semua, kali ini saya akan berbagi sebuah materi tentang pengertian teks berita bahasa Indonesia. Apa sih teks berita itu. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, disitu sudah saya jelaskan secara detail mengenai pengertian teks berita itu sendiri. Tapi untuk lebih memperjelas pemahaman sobat semua, maka saya memutuskan untuk membuat artikel ini yang fungsinya adalah penegasan ulang tentang materi yang sudah saya sampaikan sebelumnya.

Pasti dari kalian seringkan yang namanya mendengarkan atau membaca sebuah berita. Nah berita sendiri setiap hari kita jumpai, baik pada media elektronik seperti televisi, radio dan juga media cetak seperti contohnya adalah koran.

Semua persitiwa yang sudah terjadi bisa diangkat sebagai sebuah berita. Tapi ada juga yang tidak pas jika kita jadikan sebuah berita. Jadi kita harus pintar-pintar menentukan topik apa yang kira-kira diminati oleh banyak orang dan orang akan melihat berita tersebut jika ia menemuinya di media-media yang sudah saya jelaskan tadi.

Pengertian Teks Berita

Nah berbicara mengenai postingan saya sebelumnya, disitu telah jelas, bahwa teks berita itu berisi tentang sebuah fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Jadi bukan sebuah rekaan semata, tapi bisa dibuktikan kebenarannya.

Pengertian Teks Berita adalah teks yang berisi tentang informasi dari suatu peristiwa yang terjadi didunia ini yang dimuat diberbagai media.

Bagi yang belum membaca postingan saya tersebut, silahkan kunjungi terlebih dulu teks berita bahasa indonesia berikut.

Oke bagi yang sudah membaca materi tersebut, mari kita lanjutkan…..

Seperti layaknya teks-teks lainnya, teks berita memiliki beberapa struktur seperti orientasi, peristiwa dan sumber informasi. Untuk lebih jelasnya baca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya. Setiap struktur tersebut saling bekaitan antara satu dengan yang lain. Ada hubungan timbal balik antar struktur tersebut. Sehingga, teks berita tidak akan terbentuk jika salah satu dari struktur tersebut tidak ada atau tidak dicantumkan.

Untuk contoh teks berita sendiri, sangat banyak sekali kita jumpai. Kita mau melihat pada media elektronik, itu gampang. Tinggal nyalakan televisi atau radio sobat pasti akan terdengar dan terlihat berbagai macam berita yang membahas tentang suatu topik yang terjadi sesaat atau sedangn trending.

Kita juga dimudahkan untuk mengakses berbagai berita yang terjadi hari ini. Berbagai situs berita seperti liputan6.com, merdeka.com dan lainnya telah menyediakan puluhan berita setiap harinya yang bisa sobat baca dimanapun dan kapanpun dengan catatan harus terhubung dengan internet.

Oh ya hampir lupa, pengertian teks berita itu sendiri tidak sebatas yang sudah saya jelaskan diatas tadi, itu adalah pengertian dasar saja. Untuk pengertian yang lebih detail sobat bisa juga berkunjung pada artikel saya yang sudah tersedia diatas.

Oke sekian dari saya mengenai pengertian teks berita, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya jika bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung…

Leave a Reply