Pengertian Vitamin, Macam-Macamnya dan Fungsinya

Hai sobat sekalian, kali ini saya admin dari www.informasibelajar.com ingin berbagi sebuah artikel yang bermanfaat lagi nih sobat yaitu Pengertian vitamin, Macam-Macam Vitamin, dan Fungsi dari Vitamin. Ketiga hal itulah yang akan menjadi prioritas utama untuk dibahas pada artikel bermanfaat ini.

Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh walau dalam kadar yang sedikit. Vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Seperti yang kita tahu, bahwa ada banyak jenis vitamin yang didapatkan baik itu dari buah maupun sayur. Mungkin awalnya sobat hanya mengira bahwa vitamin itu hanya terdiri dari vitamin A, B, C, D dan seterusnya, ternyata masih ada beberapa vitamin lagi yang belum sobat ketahui, misalnya pada vitamin B, masih ada pembagiannya mulai dari B1, B2 dan seterusnya.

Nah untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Vitamin silahkan kalian baca artikel bermanfaat ini sampai habis ya sob….

Pengertian Vitamin dan Macam-Macamnya

Pengertian Vitamin

Definisi dari vitamin adalah sebagai berikut :

Vitamin adalah senyawa organik kompleks yang esensial untuk pertumbuhan dan fungsi biologis yang lain bagi makhluk hidup.

Vitamin dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, tapi meskipun begitu jika kita kekurangan vitamin maka kita juga akan terkena penyakit yang dikenal dengan nama Avitaminosis yaitu penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin.

Sudah pahamkan? Oke kita lanjut lagi sob, siapkan konsentrasi kalian ya..

Manfaat Vitamin Bagi Tubuh
sumber gambar dari pojokpedia.com

Macam-Macam Vitamin

Berdasarkan pelarutnya, vitamin dibedakan menjadi 2 yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Apa saja vitamin yang larut dalam air maupun lemak? Silahkan simak baik-baik.

1. Vitamin yang larut dalam air

Nah vitamin yang larut dalam air sendiri hanya ada 2 yaitu vitamin B dan C. Namun, pada vitamin B masih dibagi lagi menjadi beberapa lagi. Berikut penjelasannya:

Vitamin B
Vitamin B dibedakan menjadi beberapa antara lain B1, B2, B3, B5, B6, B11, dan B12

  • Vitamin B1 Berfungsi untuk membantu berbagai proses metabolisme karbohidrat, penyerapan air dan lemak. Jika kalian kekurangan vitamin ini, maka kalian akan terkena penyakit beri-beri dan menurunnya selera makan. Vitamin ini banyak terkandung dalam hati, daging, kacang-kacangan, dan ikan.
  • Vitamin B2 Berfungsi untuk merangsang saraf mata dan kelancaran oksidasi zat makanan. Kekurangan vitamin ini akan membuat penglihatan menjadi terganggu, luka disekitar sudut mulut dan pertumbuhan terhenti. Sumber vitamin ini yaitu telur, keju, beras, sayuran, dan hati.
  • Vitamin B3 berfungsi untuk mendorong laju pertumbuhan sel serta untuk , mencegah penyakit pelagra. Kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan penyakit anemia, diare, pendarahan digusi dan sering lupa. Sumber vitamin ini antara lain kedelai, usus, tomat, bayam dan kol
  • Vitamin B5 berfungsi untuk menjaga konsentrasi gula darah agar tetap normal. Kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan insomnia atau susah tidur, raadng pada kulit dan menurunnya selera makan. Sumber vitaminnya antara lain buah-buahan, kuning telur dan daging.
  • Vitamin B6 berfungsi untuk pertumbuhan dan merangsang kerja urat saraf serta berperan dalam pembuatan sel darah. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan penyakit pelagra dan sulit buang air besar. Sumber vitamin ini yaitu biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Vitamin B11 berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Kekurangan vitamin ini mengakibatkan penyakit anemia akut.
  • Vitamin B12 berfungsi untuk mencegah penyakit kekurangan darah atau anemia akut. Sumber vitamin ini yaitu susu, hati dan ikan.
Vitamin C
Vitamin C berperan dalam mempertahankan keutuhan zat perekat antar sel, pertumbuhan dinding kapiler, mencegah infeksi hidung dan kerongkongan, mempercepat pembentukan sel darah merah dan mempengaruhi kerja anak ginjal. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan penyakit sariawan, gusi berdarah, dan lamanya penyembuhan luka. Sumber vitamin ini bisa kalian dapatkan pada buah-buahan seperti jeruk, mangga dan buah-buahan lainnya.
2. Vitamin yang larut dalam lemak
Vitamin A
Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan organ mata. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan gangguan pada mata seperti rabun senja, kornea mata kering, dan penyakit lainnya seperti kulit pecah-pecah, pertumbuhan lambat, dan pendarahan pada selaput usus dan ginjal.Sumber vitamin A bisa kalian temui pada sayur-sayuran terutama yang berwarna kuning, minyak ikan, telur, susu, dan lemak hewani.
Vitamin D
Vitamin D berfungsi untuk mengatur kesehatan tulang kita. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan penyakit rakitis, dan tidak sempurnanya pertumbuhan pada tulang. Sumber vitamin D antara lain minyak ikan, susu, kuning telur dan mentega.
Vitamin E
Berperan dalam sistem reproduksi karena bisa mencegah kemandulan, keguguran, embrio mati dalam rahim dan otot-otot menjadi lemah karena rusaknya saraf penggerak. Sumber vitaminnya yaitu toge, susu, kuning telur, ragi dan lemak.
Vitamin K
Vitamin K berfungsi untuk membentuk Protrombin yang diperlukan dalam proses pembekuan darah ketika luka. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan darah sukar membeku dan bisa berakibat fatal yaitu kematian. Sumber vitamin ini yaitu sayur-sayuran, toge, biji-bijian dan hati.

Manfaat Vitamin Bagi Tubuh

Walaupun tubuh kita membutuhkan vitamin dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tetapi vitamin sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita. Berikut fungsi dari vitamin:
  • Dapat mencegah berbagai penyakit ringan maupun berbahaya
  • Berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel
  • Mempertahankan fungsi jaringan agar tetap normal
  • Membantu berbagai proses dalam tubuh seperti metabolisme dan lainnya
Nah sekian artikel mengenai pengertian vitamin, jenis-jenis vitamin serta manfaat vitamin, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel bermanfaat ini ya, Terima Kasih

Leave a Reply