Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Beserta Cara Kerja Masing-Masing Organnya

Hai semuanya, pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin berbagi materi yang judulnya Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya didalam tubuh kita ini terdapat sistem peredaran darah yang terdiri dari peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda. Sistem ini memiliki peran yang sangat besar sekali bagi tubuh kita, Mengapa demikian? Karena sistem peredaran darah sangat berperan dalam mengedarkan sari-sari makanan yang telah dicerna ke seluruh bagian tubuh kita.

Tidak hanya itu saja, oksigen yang setiap hari kita hirup saat bernafas juga disebarkan oleh sistem peredaran darah dan hasil dari pernafasan berupa karbondioksida oleh peredaran darah dikeluarkan melalui paru-paru. Sungguh sebuah sistem yang hebat yang ada didalam tubuh kita.

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Selanjutnya, tadi saya menyebutkan mengenai peredaran darah ganda dan peredaran darah tertutup, nah bagi kalian yang belum tahu saya akan menjelaskannya.

> Peredaran darah tertutup adalah sistem peredaran darah yang terjadi didalam pembuluh darah atau bisa disebut darah mengalir melalui pembuluh darah.

> Peredaran darah ganda adalah sistem peredaran darah yang dalam satu kali edar darah akan melalui jantung dengan jumlah dua kali yang dikenal dengan peredaran darah besar dan kecil.

Nah setelah itu muncul 2 hal baru yaitu peredaran darah besar dan peredaran darah kecil, oke kita bahas juga satu persatu.

> Peredaran darah besar adalah dimulai dari jantung (bilik kiri) kemudian menuju ke aorta hingga ke seluruh tubuh kemudian melalui vena cava dan kembali lagi ke jantung (serambi kanan).

> Peredaran darah kecil adalah dimulai dari jantung (bilik kanan) kemudian menuju ke arteri pulmonalis sampai ke paru-paru kemudian melewati vena pulmonalis dan kembali ke jantung (serambi kiri).

Organ Sistem Peredaran Darah Manusia

Didalam tubuh manusia, sistem peredaran darah terdiri dari jantung, pembuluh-pembuluh darah dan darah itu sendiri.
  • Jantung
Organ Jantung pada Sistem Peredaran Darah

Jantung terletak di dalam rongga dada dan diapit oleh belahan paru-paru dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa berwarna merah tua. Didalam jantung terdapat 4 ruangan yang terbagi menjadi 2 bilik dan 2 serambi. Jantung memiliki peran yaitu untuk memompa. Selain memiliki 4 ruangan, jantung juga memiliki 3 buah katup antara lain: 

  1. katup vena semilunair, letaknya di pangkal aorta (arteri besar)
  2. katup valvula bikuspidalis, letaknya dinatara bilik kiri dan serambi kiri
  3. katup valvula trrikuspidalis, letaknya di antara bilik kanan dan serambi kanan.
Kinerja dari jantung tidak dapat kita kendalikan seperti misalnya mempercepat atau memperlambatnya, kita tidak bisa melakukan keduanya karena jantung bekerja dengan perintah saraf otonom yang berpusat di otak kita. Denyut jantung dipengaruhi oleh umur dan aktivitas yang dikerjakannya, untuk orang dewasa rata-rata denyut jantungnya sekitar 70 kali/menit itu dalam keadaan normal, berbeda saat orang tersebut sedang melakukan aktivitas berat seperti berolahraga maka denyut jantung akan semakin cepat.
  • Pembuluh Darah
Pembuluh darah erat hubungannya dengan jantung. Jantung yang berdenyut membuat darah mengalir melalui pembuluh darah. Pembuluh darah yang dekat dengan jantung disebut dengan pembuluh darah utama.
Berikut Macam-Macam Pembuluh Darah:
Pembuluh Arteri (Nadi)
Pembuluh arteri adalah pembuluh yang membawa darah dari jantung. Darah yang ada didalamnya kaya akan oksigen keculai arteri paru-paru.
Ciri-Ciri Pembuluh darah Arteri:
  1. Tempat mengalirnya darah yang dipompa dari bilik
  2. Pembuluhnya liat dan elastis
  3. Terdapat katup yaitu valvula semilunaris di bagian luar jantung
  4. Tekana pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik
  5. Terdiri dari Aorta, Arteriol, dan Kapiler
  6. Dindingnya terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan dalam, tengah dan luar.
Pembuluh Balik (Vena)
Pembuluh balik adalah pembuluh yang membawa darah kembali menuju ke jantung.
Ciri-Ciri Pembuluh Balik:
  1. Terletak pada permukaan kulit
  2. Dinding pembuluh tipis dan tidak elastis
  3. Tekanan pembuluh lebih lemah dari pada pembuluh nadi
  4. Terdapat katup yaitu valvula semi lunaris berbentuk bulan sabit
  5. Terdiri dari Vena cava superior, inferior, dan pulmonalis
Pembuluh Kapiler
pembuluh kapiler adalah pembuluh yang sangat halus yang ada di jaringan tubuh. Pembuluh kapiler merupakan ujung paling akhir dari pembuluh vena maupun arteri, letaknya di dalam jaringan tubuh. Pembuluh ini memiliki dinding yang tipis yang membuat pertukaran oksigen dengan karbondioksida, sari-sari makanan dan sisa metabolisme bisa menembus lapisan dinding tadi.
  • Darah
Didalam tubuh kita terdapat darah yang berwarna merah, Mengapa darah kita berwarna merah? itu karena didalam darah terdapat hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dan karbondioksida.
Didalam darah terdiri dari beberapa bagian, apa saja mereka? silahkan disimak.
  1. Plasma, merupakan bagian darah yang wujudnya cair dan memiliki fungsi untuk mengangkut sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Plasma darah mengandung protein-protein yang fungsinya berbeda-beda, mereka adalah albumin (untuk menjaga tekanan osmotik darah), globulin (untuk membentuk antibodi atau sistem kekebalan), dan fibrinogen (untuk pembekuan darah).
  2. Sel-Sel Darah, terdiri dari Eritrosit, Leukosit, dan Trombosit. Berikut penjelasannya:

    – Eritrosit fungsinya untuk mengangkut hemoglobin dan membawa oksigen dan karbondioksida.

    – Leukosit fungsinya untuk pertahanan atau kekebalan tubuh yaitu dengan cara membunuh dan memakan mikroorganisme dan zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh.

    – Trombosit fungsinya untuk membekukan darah ketika kita luka.

Macam-Macam Peredaran Darah

Sudah saya jelaskan singkat sebelumnya mengenai peredaran darah besar dan kecil, namun biar lebih paham lagi saya akan menjabarkannya menjadi lebih rinci disertai gambar supaya kalian menjadi lebih paham.

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil

  • Peredaran Darah Kecil
Peredaran ini lebih pendek yaitu dari Jantung – Paru-Paru – Jantung, lebih detailnya sebagai berikut:
Ventrikel Kanan > Arteri Pulmonalis > Paru-paru > Vena Pulmonalis > Atrium Kiri
  • Peredaran Darah Besar

Peredaran darah ini lebih panjang dari pada peredaran darah kecil, skemanya yaitu Jantung – Seluruh Tubuh – Jantung

Ventrikel Kiri > Aorta > Arteri > Arteriola > Kapiler > Venula > Vena > Vena cava superior dan inferior > Atrium Kanan
  • Peredaran Darah Tertutup
adalah peredaran darah yang mana darah dialirkan atau diedarkan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.
  • Peredaran Darah Terbuka
adalah peredaran darah yang tidak selalu melewati pembuluh darah, melainkan secara langsung melalui bagian-bagian tubuh lain.
  • Peredaran Darah Ganda
adalah peredaran darah yang dimana darah melewati jantung sebanyak 2 kali dalam satu kali peredaran.
Setelah mengetahui semua tentang peredaran darah, selanjutnya kita lohat Penyakit yang berhibingan dengan sistem peredaran darah pada manusia.
(baca materi sebelumnya mengenai enzim dan cara kerjanya)

Penyakit yang Berhubungan Dengan Sistem Peredaran Darah

  1. Anemia, adalah penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan darah merah sehingga jumlah oksigen yang bisa diikat oleh Hb sedikit. Tanda-tandanya yaitu badan mudah lemas, lesu dan letih.
  2. Hemofilia, adalah penyakit dimana darah sukar membeku. Penyakit ini merupakan penyakit keturunan yang membuat penderitanya bisa saja mati walau mengalami sedikit luka sekalipun.
  3. Leukimia, adalah penyakit dimana kandungan sel darah putih lebih banyak dari sel darah merah, akibatnya sel darah putih akan memakan sel darah merah. Penyakit ini juga sering disebut sebagai kanker darah.
  4. Varises, adalah penyakit karena tekanan darah yang besar sehingga membuat pembuluh darah menjadi melebar dan membuat urat menjadi menonjol.
  5. Thalasemia, adalah penyakit akibat rusaknya gen pembentuk hemoglobin.
  6. Hipertensi, adalah penyakit yang terjadi karena tekanan darah tinggi akibat arteriosklerosis.
  7. Ambeien, adalah penyakit yang disebabkan karena melebarnya pembuluh darah di sekitar dubur.
Nah itu dia materi kita kali ini, semoga vermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
(Baca juga materi tentang keanekaragaman hayati tingkat gen)

Berikut video terkait dengan materi sistem peredaran darah pada manusia, silahkan disimak

Leave a Reply