Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Fungsinya Disertai Contoh Soal

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi sebuah artikel yang sangat bermanfaat bagi sobat semua, terutama bagi kalian yang sedang mencari artikel yang berhubungan dengan sistem pernapasan pada manusia.

Bagi kalian yang kebetulan banget sedang mencari informasi tentang itu, sobat beruntung karena pada artikel ini saya akan membahas segala sesuatu mengenai sistem pernapasan manusia.

Pada artikel ini ada beberapa hal yang akan kita bahas karena menurut saya hal-hal tersebut perlu anda ketahui jika ingin menguasai materi Biologi ini.

Hal-hal yang akan saya berikan kepada anda semua antara lain :
Silahkan klik pada bab yang anda ingin ketahui

Nah bagi kalian yang sudah tidak sabar, silahkan simak pemaparan dari saya mengenai Sistem Pernapasan Manusia.

Pengertian Sistem Pernapasan

Proses Manusia Bernafas

Secara sederhana, pernapasan bisa diartikan sebagai kegiatan menghirup dan menghembuskan udara. Itu pengertian buat kalian yang masih SD, nah untuk siswa-siswa SMP dan SMA pengertian tersebut terlalu simpel dan bisa saja dianggap salah oleh guru kalian. Nggak mau disalahkan sama gurukan? Kalau begitu silahkan simak definisi lengkap dari Pernapasan.

Pengertian Sistem Pernapasan adalah suatu proses dimana sistem organ (dalam hal ini sistem pernapasan) menjalankan tugasnya yang diawali dari pengambilan oksigen dan diakhiri dengan hembusan keluar yang menghasilkan karbondioksida dan air.

Pernapasan atau respirasi sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup tidak hanya oleh manusia saja. Seperti misalnya hewan dan tumbuhan, keduanya juga melakukan proses respirasi atau pernapasan sama seperti kita, hewan melakukan respirasi melalui kulit, trakea, paru-paru dan lainnya, sedangkan pada tumbuhan respirasi terjadi pada stomata yang terletak didaun.

Didalam proses pernapasan ada bahan pokok yang sangat diperlukan yaitu Oksigen. Oksigen kita dapatkan secara free alias gratis sebagai pemberian Tuhan kepada kita semua.

Mengapa Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia???

Pertanyaan yang bagus, jadi jawabannya harus bagus juga dong… Jadi, oksigen sangat diperlukan oleh tubuh kita karena oksigen memiliki peran yang berhubungan erat dengan terbentuknya energi pada tubuh kita, lebih tepatnya pada proses pembakaran.

Selain itu, oksigen juga memiliki peran lain yang tidak kalah pentingnya yaitu membantu proses peredaran darah manusia, membantu kerja sel, bahkan sampai mencegah penuaan dini. Tidak mau cepat tua kan, makanya sering-seringlah bernafas…..

Oke Lanjut…

Dari beberapa uraian diatas, terlihat jelas bahwa bernafas sangat penting sekali bagi seluruh makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini.

Organ-Organ Pernapasan pada Manusia

Nah setelah tadi membahas definisi pernafasan, selanjutnya kita akan melihat organ-organ yang digunakan oleh manusia dalam melakukan proses bernafas atau respirasi. Sebelum itu, silahkan kalian simak gambar dibawah ini:

Organ-Organ Pernapasan Pada Manusia

Gambar diatas adalah anatomi sistem pernapasan yang ada pada tubuh kita. Terlihat terdapat bagian-bagian yang sudah umum kita ketahui yaitu hidung dan paru-paru. Tapi ternyata, masih ada banyak organ-organ lain yang berperan dalam proses respirasi pada manusia, untuk mengetahui lebih dalam dari semua organ-organ yang ada, simak penjelasan berikut:

A. Rongga Hidung

Bagian yang satu ini merupakan bagian yang terletak di luar, fungsinya pasti kalian semua sudah pada tahu yaitu untuk menghirup oksigen. Tidak hanya itu saja, hidung juga termasuk salah satu dari 5 panca indera kita yang memiliki fungsi untuk membau sesuatu, jadi kalian bisa mencium harumnya parfum atau mencium sedapnya aroma makanan.

B. Tekak (Faring)

Bagi yang belum tahu apa itu faring, faring adalah organ yang letaknya diantara rongga hidung dan tenggorokan. Pada bagian belakang faring terdapat yang namanya laring atau pangkal tenggorokan, pada laring tedapat pita suara dan epiglotis. Nah sekarang ada pertanyaan seperti ini.

Mengapa kita bisa tersedak?

Kita mengalami peristiwa tersedak karena makanan atau minuman yang kita makan atau minum masuk kedalam rongga pernapasan, penyebabnya yaitu karena kesalahan pada epiglotis yang seharusnya menutup ketika menelan, tapi malah dalam keadaan membuka. Itu sebabnya makanan atau minuman bisa masuk kedalam tenggorokan dan mengakibatkan tersedak.

C. Trakea (Tenggorokan)

Tenggorokan memiliki panjang sekitar 10 cm. Terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  • Lapisan Luar, terdiri atas jaringan ikat
  • Lapisan Tengah, terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan
  • Lapisan Dalam, terdiri atas jaringan epitel bersilia
Nah, tenggorokan sendiri memiliki peran dalam menyaring benda-benda asing yang masuk setelah berhasil lolos dari hidung. Bagian yang bersilia tadi yang digunakan untuk menyaring semua benda asing yang masuk.
D. Cabang Tenggorokan (Bronkus)
Pada tenggorokan tadi setelah sampai di paru-paru akan mencabang lagi, nah cabangnya disebut Bronkus. Jumlah bronkus yaitu sepasang yang menuju ke paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Bronkus pada bagian kanan lebih pendek dan panjang dari pada bronkus kiri. Bronkus akan bercabang menjadi bronkiolus yang jumlahnya juga berbeda antara kanan dan kiri.
E. Cabang Bronkus (Bronkiolus)
Bronkiolus adalah cabang dari bronkus, lebih detailnya adalah cabang dari cabang tenggorokan, karena istilah tersebut agak aneh, jadi kita pakai istilah bronkiolus saja ya…
Seperti yang saya jelaskan tadi, jumlah bronkiolus bagian kanan dan kiri berbeda, pada bagian kanan jumlahnya 3 sedangkan bagian kiri jumlahnya 2. Bronkiolus tidak mempunyai tulang rawan, namun rongganya terdiri dari silia-silia. Semua bronkiolus akan bermuara ke alveolus.
F. Alveolus
Berupa saluran udara buntu yang tersusun dari gelembung-gelembung udara dan lembab. Fungsi alveolus yaitu sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.
G. Paru-Paru
Bagian yang paling banyak orang tahu yaitu paru-paru. Letaknya dibagian rongga dada. Paru-paru terdiri dua bagian yaitu paru-paru kanan dan kiri. Keduanya dilapisi oleh selaput yang bernama pleura.

Tahukah kamu bahwa paru-paru kanan mudah terkena penyakit dibanding dengan paru-paru kiri, hal ini terjadi karena cabang atau bronkus yang mengarah ke paru-paru kanan lebih besar sehingga berbagai udara yang tercampur zat berbahaya akan masuk ke paru-paru kanan dibanding dengan paru-paru kiri

Kapasitas maksimal paru-paru setiap orang rata-rata 3.5 liter.

Proses Pernapasan Pada Manusia

Proses pernafasan pada manusia diawali dari rongga hidung dan diakhiri di paru-paru (alveolus) sebelum dikeluarkan lagi keluar tubuh.

Urutannya yaitu Rongga Hidung – Faring – Trakea – Bronkus – Paru-Paru (Bronkiolus dan Alveolus).

Proses Pernapasan Manusia:

Pernapasan meliputi 2 proses yaitu inspirasi dan ekspirasi.

Fase inspirasi
Pada awalnya oksigen masuk kedalam tubuh baik melalui rongga hidung maupun rongga mulut. Pada saat menghirup nafas tersebut, otot diafragma berkontraksi dan kedudukan diafragma menjadi lurus yang sebelumnya pada posisi melengkung, bersamaan dengan itu otot-otot tulang rusuk pun ikut berkontraksi, akibatnya rongga dada menjadi mengembang.

Rongga dada yang mengembang tadi membuat tekanan dalam rongga dada menjadi berkurang sehingga udara diluar akan masuk kedalam hidung maupun mulut dan mengisi paru-paru kita.

Fase ekspirasi
Saat kita menghembuskan nafas, otot diafragma dan otot tulang rusuk akan melemas dan kembali pada keadaan awal, akibatnya rongga dada mengecil dan tekanan udara didalam paru-paru naik sehingga udara keluar.

Penting, udara mengalir dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah


Jenis-Jenis Pernapasan Pada Manusia

Pernapasan pada manusia dibagi menjadi 2 yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut. Berikut penjelasannya satu persatu.

Proses Pernapasan Dada
Pernapasan ini melibatkan otot antar tulang rusuk. Mekanismenya bisa kalian lihat pada bagan dibawah ini.

Saat Inspirasi :
Otot antar tulang rusuk (muskulus intercostalis eksternal) berkontraksi 

Tulang rusuk terangkat (posisi datar)  Paru-paru mengembang  Tekanan udara dalam paru-paru menjadi lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar 
Udara luar masuk ke paru-paru.

Saat Ekspirasi :
Otot antar tulang rusuk relaksasi Tulang rusuk menurun paru-paru menyusut  Tekanan udara dalam paru-paru lebih besar dibandingkan dengan tekanan udara luar Udara keluar dari paru-paru.

Proses Pernapasan Perut
Pernapasan ini melibatkan otot diafragma. Mekanisme bisa dilihat pada bagian bawah ini.

Saat Inspirasi :
Sekat rongga dada (diafragma) mengalami kontraksi Posisi dari melengkung menjadi mendatar paru-paru mengembang  tekanan udara dalam paru-paru lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar  udara masuk.

Saat Ekspirasi :
Otot diafraghma relaksasi  Posisi dari mendatar kembali melengkung  paru-paru mengempis  Tekanan udara di paru-paru lebih besar dibandingkan tekanan udara luar  Udara keluar dari paru-paru.

Gangguan Pada Sistem Pernapasan

Beberapa Penyakit yang Menyerang Penapasan
Seperti sistem-sistem lain yang ada pada tubuh, sistem pernapasan juga bisa mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan, kelainan dan kebiasaan buruk seperti merokok. Berikut beberapa penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia.
  1. Asma  gangguan pada organ pernapasan terjadi karena penyempitan saluran pernapasan akibat reaksi terhadap suatu rangsang tertentu. Rangsang bisa berupa debu, bulu, asap, udara dingin, serbuk, dan aktivitas berat seperti olahraga.
  2. Bronkitis  gangguan yang terjadi pada bronkus yaitu mengalami peradangan. Penyakit ini tergolong penyait yang ringan dan bisa sembuh dengan sempurna, namun untuk tahap yang sudah kronis, biasanya penyakit ini disertai dengan penyakit lain.
  3. Influenza  penyakit ini disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini sangat mudah berpindah dan menular kepada orang lain. Penyebarannya yaitu melalui media udara, ketika si penderita bersin, maka virus tersebut akan berpindah dan tanpa sengaja dihirup oleh orang lain.
  4. Flu Burung  penyakit ini disebabkan oleh virus yang sebelumnya telah menjangkiti hewan seperti burung dan mamalia. Virus ini sangat mudah berpindah yaitu melalui medium makanan, minuman, dan sentuhan. Untuk menanggulanginya, makanan yang berhubungan dengan unggas harus dimasak dengan matang karena virus ini akan mati pada suhu yang tinggi.
  5. Flu Babi  penyakit ini disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae yang biasanya menyerang babi. Tapi karena interaksi manusia dengan hewan ini, mengakibatkan penyakit ini bisa berpindah dan menular kepada manusia. Setelah itu jika tidak ditangani dengan baik virus tersebut juga bisa menular ke manusia lain dan berujung pada kematian.
  6. Asbestosis  penyakit yang disebabkan karena menghirup serat-serat asbes yang mengakibatkan terbentuknya jaringan parut yang luas pada paru-paru.
  7. Faringitis  penyakit yang sering disebut sebagai radang tenggorokan. Hal tersebut disebabkan karena virus atau kuman dan daya tahan tubuh yang lemah.
  8. TBC  penyakit yang disebabkan karena bakteri Mikrobacterium tuberkulosa. Penyakit ini akan semakin buruk jika banyak bakteri tersebut terkumpul di paru-paru kita, karena bakteri tersebut mampu menyebar melalui pembuluh darah sehingga bisa menyerang organ-organ lain yang vital.
  9. Emfisema  penyakit yang disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Hal tersebut mengakibatkan karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan, malah terperangkap didalamnya.
  10. Kanker Paru-Paru  penyakit yang paling mematikan dan pembunuh pertama. Penyakit ini penyebabnya ada beberapa faktor, tapi yang paling terlihat adalah karena asap rokok yang mengandung zat-zat berbahaya yang bisa memicu kanker.
  11. Pneumonia  penyakit yang disebabkan karena infeksi pada jaringan paru )parenkim) yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Pengobatan penyakit ini yaitu dengan rutin mengkonsumsi antobiotik.
Soal dan Pembahasan Seputar Sistem Pernapasan
Berikut soal seputar sistem pernapasan pada manusia, untuk pembahasannya bisa langsung di klik soalnya
Sekian artikel mengenai sistem pernapasan pada manusia, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Terima Kasih

Leave a Reply