Struktur Teks Laporan Hasil Observasi yang Benar

Hai sobat semua, kali ini saya akan berbagi artikel tentang struktur teks laporan hasil observasi yang benar. Nah tentunya sobat pasti sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya teks laporan hasil observasi itu sendiri.

Oke saya rasa ada sebagian dari sobat yang belum terlalu paham tentang apa itu teks laporan ini, maka saya akan menjelaskannya sejenak kepada sobat semua.

Jadi Teks laporan hasil observasi adalah teks yang isinya mengenai penjabaran ataupun pembahasan akan suatu hal yang merupakan hasil pengamatan atau observasi yang sebelumnya sudah dilakukan.

Jadi jika sobat tengah melakukan suatu penelitian atau observasi dan kemudian sobat menuliskan hasil observasi tersebut, bisa dikatakan sobat telah 50% membuat suatu teks laporan hasil penelitian ini. Nah untuk lebih jelas dan detail lagi seputar teks ini, sobat perlu mampir ke artikel ini: Pengertian dan Contoh Laporan Hasil Observasi.

Oke kita kembali lagi ke topik bahasan kita yaitu mengenai struktur dari laporan hasil observasi. Nah sobat sudah penasaran kan, langsung saja kita mulai pembahasannya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat 2 versi mengenai struktur dari teks ini, ada yang bilang terdapat 2 struktur saja dan ada juga yang bilang terdapat 4 struktur. Nah mana yang benar? kita jabarkan terlebih dahulu satu persatu.
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Versi 1
Terdapat 2 struktur utama yaitu:
  1. Pernyataan umum (klasifikasi): merupakan bagian pembuka atau pengantar tentang hal yang dilaporkan. Pada tahapan ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan: merupakan bahasan atau rincian tentang objek yang sedang diamati.
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Versi 2
Terdapat 4 struktur utama yaitu:
  1. Definisi Umum: merupakan pembukaan yang berisi pengertian tentang suatu hal yang tengah dibahas di dalam teks.
  2. Definisi Bagian: merupakan bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  3. Definisi Manfaat: merupakan bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
  4. Penutup: merupakan bagian rincian akhir dari teks.
Nah lantas dari 2 versi itu mana yang benar? Semuanya benar sob, tidak ada yang salah. Tapi kalau sobat bertanya mana dari 2 versi diatas yang terbaik? maka saya akan memilih versi yang kedua. Karena pada versi kedua lebih jelas dan rinci penjelasan masing-masing strukturnya, jadi akan mempermudah kita dalam membuat teksnya.

Leave a Reply