Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Kumpulan [Contohnya]

Hai sahabat semua, kali ini saya au berbagi sebuah materi SMA yang judulnya Teks Cerita Sejarah. Materi ini masuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas 12 untuk kurikulum 2013. Bagi kalian yang kelas 12, sangat perlu membaca artikel ini.

Pada artikel ini nanti kita tidak hanya membahas sebatas pengertian saja, tapi kita akan membahas jauh lebih spesifik lagi mengenai struktur Teks Cerita Sejarah itu sendiri dan yang terpenting yaitu contoh teksnya. Oke dari pada berlama-lama langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini, silahkan simak baik-baik.

Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang berisi atau menjelaskan mengenai fakta-fakta yang terjadi pada masa lalu yang asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan.
Itu dia pengertian teks cerita sejarah, untuk selanjutnya yang akan kita bahas yaitu mengenai struktur teks sejarah itu sendiri, berikut pemaparannya.

Struktur Teks Cerita Sejarah yang Benar

Struktur teks cerita sejarah tersusun dari beberapa bagian yaitu orientasi, urutan kejadian atau insiden, dan juga reorientasi. Nah untuk kita akan membahasnya satu persatu sebagai berikut:
1. Orientasi
Pada bagian ini berisi tentang pengenalan atau pembukaan dari teks cerita sejarah. Biasanya berisi mengenai penjelasan singkat dari suatu peristiwa yang diceritakan.
2. Insiden atau Urutan Kejadian
Pada bagian ini berisi mengenai rekaman peristiwa sejarah yang terjadi yang disampaikan menurut urutan kejadian atau waktu dari awal kejadian hingga sampai pada akhir kejadian tersebut. Bagian ini merupakan bagian pokok dari teks cerita sejarah yang biasanya dituliskan secara rinci dan mendetail sehingga para pembaca akan lebih memahami hal apa sebenarnya yang terjadi pada masa lalu.
3. Reorientasi
Merupakan bagian akhir dari teks tersebut. Biasanya pada bagian ini berisi mengenai komentar pribadi dari si penulis itu sendiri mengenai kejadian yang ditulisnya. Namun ada juga beberapa teks cerita sejarah yang tidak menambahkan bagian penutup ini. Itu sah-sah saja karena bagian ini hanya sebagai opsi atau pilihan saja.

Silahkan untuk dihafalkan ya struktur teks sejarah ditaas.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Ciri kebahasaan dari sebuah teks cerita sejarah bisa dilihat dari adanya pronomina atau kata ganti, kata-kata yang menunjukan kejadian, adanya verba material dan juga konjungsi temporal. Berikut detail lengkapnya:

  1. Pronomina (kata ganti), adalah kata yang digunakan untuk mengganti benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.
  2. Verba Material, adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu aktivitas yang menggunakan fisik dalam melakukannya, misalnya membaca, melempar, mendorong, dan lainnya.
  3. Konjungsi Temporal, adalah kata sambung yang berguna untuk menunjukkan urutan kejadian dari suatu peristiwa. Contohnya yaitu “kemudian”, “setelah”, “lalu” dan lainnya.
Sekarang kalian sudah pahamkan mengenai apa itu teks sejarah? Jika sudah kita akan melihat contoh dari teks sejarah itu sendiri.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya

Untuk contoh dari teks cerita sejarah ini sendiri, silahkan untuk cek artikel saya yang sebelumnya sudah pernah saya buat.
Contoh teks sejarah tersebut tentang Candi Borobudur, silahkan klik contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya berikut dan silahkan disimak.
Untuk contoh lain bisa sobat cek di link berikut kumpulan teks cerita sejarah beserta strukturnya
Sengaja saya membuat contoh teks cerita sejarah dan struktur nya di artikel yang berbeda supaya sobat bisa lebih memahami lebih detail lagi mengenai teks yang satu ini.

Sekian artikel dari saya mengenai pengertian dan struktur teks cerita sejarah, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya. Terima Kasih

Leave a Reply