Pengertian Teks Eksemplum dan Contohnya Terlengkap

Hai sobat semua, apa kabar kalian semua? semoga baik ya karena kali ini saya mau berbagi sebuah materi yang cukup penting buat sobat semua pahami, yaitu Teks Eksemplum. Seperti biasa yang akan kita bahas kali ini tidak hanya sebatas pengertian teks eksemplum saja, tetapi lebih dari itu sob, kita juga akan membahas mengenai struktur teks eksemplum, melihat seperti apa unsur kebahasaan teks eksemplum dan contohnya.

Oke kita mulai langsung saja ya pembahasan kita kali ini, silahkan disimak.

Pengertian, Struktur dan Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Pengertian Teks Eksemplum dan Contohnya

Bagi sobat yang belum tahu apa itu teks eksemplum, nih saya kasih tahu.
Definisi Teks Eksemplum adalah suatu teks yang menceritakan atau mengisahkan tentang  tokoh atau pelaku dari suatu cerita. Ceritanya diawali dengan pengenalan tokoh, setelah itu peristiwa apa saja yang dilalui tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi dari dalam diri tokoh. Teks Eksemplum termasuk dalam karya satra yang isinya menceritakan atau menjelaskan tentang pengalaman hidup manusia.
Nah sedangkan menurut wikipedia teks eksemplum adalah teks yang isinya menjelaskan baik itu secara singkat maupun panjang lebar dari suatu teks anekdot, ilustrasi, moral dan lainnya.
Baca juga pengertian teks ulasan dan strukturnya.

Struktur dan Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Layaknya teks-teks lain, teks eksemplum juga memiliki struktur dan ciri yang membedakannya dengan bentuk teks lain. Berikut ciri-ciri dan struktur teks eksemplum.
Struktur Teks Eksemplum
  1. Orientasi, adalah bagian awal dari teks eksemplum yang biasanya berisi tentang pengenalan tokoh.
  2. Insiden, adalah bagian yang berisi peristiwa atau kejadian yang dialami oleh tokoh. Biasanya tokoh mendapat  masalah atau persoalan.
  3. Interpretasi, adalah bagian yang isinya pesan moral, eavaluasi, dan akibat yang timbul dari tindakan tokoh. Interpretasi mirip dengan koda yang terdapat pada struktur teks anekdot.
Ciri-Ciri Teks Eksemplum
  1. Berisi tentang peristiwa yang tidak diinginkan oleh tokoh.
  2. Memiliki nuansa naratif.
  3. Umumnya menceritakan tentang pengalaman pribadi seorang tokoh.
  4. Terdapat perubahan perilaku dari tokoh untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
  5. Menunjukkan uruta peristiwa atau kejadian yang jelas.
Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum
Setelah kita mengenal pengertian, struktur, dan ciri-ciri dari teks eksemplum, selanjutnya kita akan melihat unsur kebahasaan dari teks eksemplum itu sendiri.
Menurut beberapa sumber yang sudah saya cari, unsur kebahasaannya adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan Kalimat Kompleks
  2. Menggunakan Kata Rujukan
  3. Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  4. Menggunakan Kata Kerja

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Pengertian sudah, struktur, ciri-ciri, dan unsur kebahasaannya juga sudah, eh tapi kok kayak ada yang kurang ya,, Oh iya contoh teks eksemplumnya belum. Oke langsung saja kita melihat teks eksemplum dan contohnya tentang operasi zebra.
Operasi Zebra

Orientasi
Sebuah kejadian yang membuat saya sadar bahwa menaati aturan adalah sebuah keharusan. Hampir setiap bulan, saya menyempatkan diri untuk pulang ke Demak mengingat disanalah tempat kelahiran saya. Sekarang ini saya tinggal di Semarang, tepatnya ngekos disana karena saya kuliah di UNDIP sedangkan jarak rumah saya dengan UNDIP terlampau jauh, jadi saya memutuskan untuk ngeko di sekitar kampus. Saya tinggal dengan adik saya yang juga sekolah di salah satu sekolah SMA di Semarang. Umurnya masih 16 tahun dan duduk dikelas 2 SMA. Ketika itu saya berangkat dari kosan sekitar pukul 8 pagi hari Sabtu dan kemungkinan akan kembali lagi ke Semarang seminggu setelahnya. Saya pulang naik Sepeda Motor.

Insiden
Waktu perjalanan saya sangat mengantuk, karena sehari sebelumnya saya tidak tidur karena ada tugas mendadak dari dosen yang harus dikumpulkan besok harinya. Dengan kondisi tersebut saya menjadi tidak fokus dalam mengendarai sepeda motor saya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan, saya kemudian menyuruh adik saya untuk bertukar posisi. Adik saya sudah bisa naik motor, tapi belum punya SIM karena umurnya saja masih 16 tahun. Aku sempat berpesan kepadanya untuk tidak ngebut atau melanggar rambu, dan kalau ada operasi zebra berhenti saja, jangan panik. Setelah seperempat perjalanan, saya melihat tidak ada operasi zebra dan adik saya terlihat menikmati perjalanan tersebut. Kemudian saya putuskan untuk istirahat. Tak berselang lama, tiba-tiba motor kami oleng dan kemudian jatuh.
“Gimana kok bisa jatuh” saya bertanya kepada adik saya..
“Itu kak, didepan ada operasi zebra, ya lalu saya banting stir deh ke kiri, eh taunya ada selokan” Jawabnya.
“Kan sudah kakak bilang, jangan panik”

Interpretasi
Al hasil akhirnya motor kami masuk keselokan, beruntung karena warga sekitar mau membantu kami untuk mengeluarkan motor itu. Dari kejadian tersebut, saya sadar akan pentingnya menaati aturan. Tuhan terima kasih karena Engkau masih memberi kami keselamatan.

Sekian artikel dari saya mengenai pengertian, struktur, ciri-ciri dan contoh teks eksemplum, apabila ada salah-salah kata atau penjelasan saya mohon maaf dan bisa langsung berkomentar dibawah agar secepatnya saya benahi, Terima kasih.

Leave a Reply