Teks Eksplanasi Tentang Banjir Terbaik

Hai semua, pada artikel kali ini saya ingin berbagi sebuah materi berkaitan dengan teks eksplanasi, yaitu tentang Teks Eksplanasi Tentang Banjir. Kita tahu, bahwa banjir adalah bencana yang rutin menimpa beberapa wilayah dinegara kita Indonesia saat datangnya musim penghujan.

Ketidakmampuan tempat resapan serta macetnya aliran sungai ditengarai menjadi faktor utama bencana tersebut rutin terjadi dinegera ini. Nah kali ini saya mengajak sobat semua untuk melakukan sebuah riset kecil berkaitan dengan bencana banjir ini. Jadi harapan saya, setelah sobat mengetahui proses bajir terjadi, sobat menjadi terketuk hatinya dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat menimbulkan persitiwa banjir ini.

Oh ya, materi ini juga pernah saya posting juga di blog saya ini, yaitu mengenai pengertian teks eksplanasi dan juga contoh teks eksplanasi berkaitan dengan fenomena alam yang terjadi. Jadi bagi sobat yang sedang mencari materi tersebut, tidak ada salahnya untuk mampir dan membaca postingan lawas saya tersebut.

Oke langsung saja kita mulai pembahasan artikel kali ini mengenai teks eksplanasi tentang banjir.

Teks Eksplanasi Tentang Banjir Bahasa Indonesia

teks eksplanasi tentang banjir
Proses terjadinya banjir

Kita tahu bahwa di Indonesia sering sekali terjadi fenomena alam yaitu banjir, terutama pada saat musim penghujan. Banjir disebut sebagai bencana alam karena fenomena alam ini sangat merugikan sekali bagi masyarakat. banjir sendiri dapat diartikan sebagai kurangnya atau tidak cukupnya kapasitas sungai, danau, drainase atau aliran air lainnya untu menampung debit air yang jumlahnya sangat banyak. Karena itu, air akan meluap dan akan memasuki lingkungan sekitarnya.

Umumnya masyarakat yang tinggal di kota yang padat akan menempati tempat yang seharusnya tidak ditinggali, salah satunya yaitu bantaran sungai. Karena banyak yang tinggal disana mengakibatkan kapasitas dari sungai itu sendiri akan berkurang, ditambah dengan perilaku membuang sampah sembarangan semakin memperburuk keadaan. Akibatnya juga akan berdampak pada masyarakat itu sendiri yaitu lingkungannya akan terendam banjir.

Ada dua faktor yang memicu terjadinya bencana banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial. Faktor alam yaitu banjir yang disebabkan karena faktor alam. Alam akan menghasilkan hujan deras yang terjadi dalam waktu yang cukup lama, akibatnya, daerah-daerah seperti sungai, danau dan daerah penampung lainnya akan meluap karena tidak bisa menampung kapasitas air yang masuk kedalamnya. Setelah itu, air akan meluber ke daerah sekitarnya termasuk ke pemukiman warga sekitar. Selain itu, ada juga banjir lahar dingin yang disebabkan karena erupsi gunung berapi.

Faktor kedua yaitu faktor sosial. Faktor sosial ini sering sekali menjadi penyebab terjadinya banjir akhir-akhir ini. Hal ini terjadi karena kebiasaan manusia yang merusak alam. Yang paling terlihat adalah perilaku masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan termasuk di sungai. Selain itu, membangun di daerah resapan juga mengakibatkan terjadinya bencana banjir.

Mendangkalnya permukaan sungai dan hilangnya daerah resapan mengakibatkan semua proses yang seharusnya terjadi dengan baik akan kacau, seperti misalnya sungai yang menyempit karena banyaknya tumpukan sampah mengakibatkab daya tampung dari sungai menjadi sedikit dan juga hilangnya daerah resapan akan membuat air hujan akan sulit untuk masuk kedalam tanah, akibatnya semua air tersebut akan masuk ke pemukiman warga dan terjadilah bencana banjir.

Berdasarkan pemaparan diatas, kita bisa menarik kesimpulan, bahwasanya bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Untuk itu, jangan hanya menyalahkan alam saja, tetapi juga kita harus mengoreksi diri kita masing-masing yang sebenarnya kitalah yang menyebabkan bencana banjir itu terjadi.

Nah sekian artikel dari saya mengenai teks eksplanasi tentang banjir, semoga bermanfaat bagi sobat semua, dan jangan lupa like dan share artikel ini ya jika bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih…..

Leave a Reply