Teks Tantangan : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan

Hai sobat semua, kali ini saya admin dari informasibelajar.com ingin berbagi sebuah materi yang rasanya cukup penting bagi sobat semua nih. Nah materi yang saya bagikan kali ini adalah Teks Tantangan. Materi ini akan kita dapatkan pada mata pelajaran SMA/MA.

Nah bagi sobat yang sedang mencair artikel mengenai apa sih pengertian teks tantangan, seperti apa sih kaidah kebahasaan, dan juga struktur teks tantangan sendiri. Saya juga akan berbagi satu contoh teks tantangan yang pastinya akan membuat sobat semua memahami materi yang akan saya berikan pada artikel kali ini.

Oke tidak udah berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai pembahasan awal, yaitu pengertiannya.

Teks Tantangan Bahasa Indonesia

Pengertian Teks Tantangan


Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan adalah teks yang isinya tentang berbagai bantahan atau sanggahan mengenai suatu hal yang kontroversial dan sedang berkembang di masyarakat yang dilengkapi dengan pendapat-pendapat beserta data untuk memperkuat bantahan tersebut.

Jadi, didalam teks nantinya terdapat beberapa sanggahan atau dalam hal ini adalah ketidak setujuan mengenai suatu hal yang sedang dibahas. Entah itu mengenai suatu hal yang sedang berkembang, atau suatu hal yang sudah lama namun belum ditemukan titik terangnya. Untuk itu muncul berbagai pendapat dan juga sanggahan mengenai hal yang sedang dibahas tersebut.

Dalam teks ini tidak hanya sanggahan saja yang diberikan, tetapi harus disertai dengan bukti-bukti atau data-data untuk memperkuat pendapat seseorang. Dengan begitu, pendapat tersebut dapat diterima dan dipertimbangkan nantinya.

Struktur Teks Tantangan

Seperti teks-teks lainnya, teks tantangan juga memiliki struktur yang membentuk sebuah teks tantangan tersebut. Apa saja kah strukturnya? Mari kita simak :

  • Pengantar, adalah bagian yang isinya mengenai topik yang akan disanggah atau dibantah.
  • Argumen, adalah bagian yang berisi bukti-bukti atau data-data untuk memperkuat suatu sanggahan.
  • Simpulan, adalah bagian yang isinya berupa penegasan bantahan yang sudah diutarakan.
Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan
Ada 4 kaudah kebahasaan dari teks ini, berikut ulasannya :
  1. Kalimat Kompleks, adalah kalimat yang mempunyai lebih dari satu struktur dan satu verba.
  2. Kalimat Rujukan, adalah kata yang menunjukkan rujukan sebagai pemberi informasi.
  3. Kata Hubung, fungsinya untuk menghubungkan antar kata.
  4. Diksi (Pemilihan Kata), penggunaan kata yang baik dan sesuai.

Contoh Teks Tantangan

Teks Tantangan Tentang Narkoba
Narkoba merupakan suatu bahan yang tersusun dai beberapa rangkaian dan campuran bahan aktif. Campuran bahan yang ada didalam narkoba dimasukkan kedalam golongan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif. Banyak yang berpendapat jika narkoba itu merupakan obat yang terlarang dan sangat berbahaya bagi tubuh orang yang mengkonsumsinya. Tapi anggapan mereka tidak sepenuhnya benar,
Narkoba merupakan suatu obat yang biasa digunakan dalam ilmu medis atau ilmu kesehatan. Kebutuhan narkoba juga sangat banyak bagi para penderita penyakit. Namun, narkoba yang diberikan dokter kepada pasiennya tentulah sesuai dengan ilmu medis yang berbasis kesehatan. Jadi tidak terlalu berefek samping. 
Apabila Anda menemui berbagai pengguna narkoba di jalanan lalu Anda melihat pengguna itu gila, berarti itu karena penyalahgunaan obatnya saja. Narkoba yang seharusnya digunakan sebagai penyembuh penyakit yang harus digunakan dengan hati-hati, malahan disalahgunakan. Itulah yang mendapatkan citra buruk pada masyarakat.
Nah itu dia artikel dari saya mengenai teks tantangan, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini keteman sobat yang lainnya ya supaya mereka juga bisa memahami pengertian dan struktur teks tantangan ini. Terima Kasih yang sudah berkunjung.

Leave a Reply