Teks Ulasan, Pengertian Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

Materi teks ulasan adalah salah satu materi bahasa Indonesia yang wajib sobat ketahui. Tidak hanya sebatas pengertiannya saja, melainkan sobat juga harus tahu struktur dari teks ulasan itu sendiri.

Untuk itulah saya buat artikel ini….

Pada artikel ini, saya akan berbagi kepada Anda mengenai Teks Ulasan, seperti yang saya katakan tadi, kita tidak hanya membahas sebatas pengertiannya saja.

Kita akan membahas seperti apa struktur teks ulasan, dan juga contohnya untuk menambah pemahaman sobat.

Jadi bagi kalian kelas 11 dan sedang mencari materi tentang teks ini tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu membaca artikel ini sampai habis.

Oke langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini, silahkan disimak.

Pengertian dan struktur teks ulasan

Pengertian Teks Ulasan dan Strukturnya

Teks ulasan adalah teks yang isinya mengenai review atau ulasan terhadap suatu karya orang lain, biasanya berupa film atau drama.

Nah melihat dari pengertian dari teks ulasan diatas, biasanya yang dijadikan review itu adalah sebuah film atau drama.

Tujuannya adalah agar orang tertarik untuk menonton film atau drama tersebut. Jadi itulah tujuan teks ulasan.

Tapi perlu diperhatikan, dalam membuat sebuah ulasan dari suatu film atau drama usahakan isinya sesuai dengan yang ada pada film atau drama tersebut, jangan terlalu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan.

Selanjutnya kita lihat seperti apa sih struktur dari teks ini yang benar. Berikut penjelasannya.

Struktur Teks Ulasan yang Benar

Sebuah teks ulasan dibangun oleh beberapa bagian yang membuat teks tersebut menjadi utuh. Adapun bagian-bagian tersebut adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Berikut penjelasan dari masing-masing bagian dari teks ulasan.

  1. Orientasi, adalah bagian yang berisi gambaran umum dari sebuah drama atau film yang diulas. Bagian ini menjelaskan kepada pembaca tentang latar belakang suatu karya.
  2. Tafsiran, adalah bagian yang berisi gambaran detail suatu karya yang sedang diulas. Biasanya yang diulas adalah bagian-bagian yang menarik atau unik yang membuatnya berbeda dari yang lain.
  3. Evaluasi, adalah bagian yang berisi pandangan dari orang yang mereview atau mengulas suatu karya. Usahakan saat melakukan evaluasi ini data yang diberikan harus objektif atau sesuai dengan fakta yang Anda dapat ketika melakukan sebuah ulasan terhadap suatu karya.
  4. Rangkuman, adalah bagian akhir yang memuat pendapat dari pengulas mengenai suatu karya apakah berkualitas atau tidak, apakah layak untuk ditonton atau tidak.
Ciri Kebahasaan Teks Ulasan
Bagi yang belum tahu kaidah kebahasaan dari teks ulasan, silahkan simak tulisan dibawah
  • Berisi penonjolan terhadap unsur-unsur suatu karya seni yang mau di ulas, biasanya dalam bentuk drama atau film.
  • Kalimatnya berupa opini atau pendapat dan persuasif.
  • Penggunaan kata hubung internal dan eksternal.
  • Penggunaan ungkapan perbandingan.
  • Penggunaan Kata kerja material dan kata kerja rasional
Dengan melihat struktur dan cirinya, kita bisa tahu kalau ini merupakan ciri-ciri teks ulasan, jadi silahkan dipahami terlebih dahulu ya.

Contoh Teks Ulasan dan Penjabaran Strukturnya

Nah setelah Anda semua tahu dan mengerti pengertian dan struktur dari teks ulasan, tidak lengkap rasanya kalau tidak menyertakan contoh dari teks ini sendiri agar sobat menjadi lebih mengerti.

Berikut contoh teks ulasan sebuah film yang berjudul “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk” beserta strukturnya.

Tenggelamnya Kapal Van Der Dijk

Orientasi :
Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk atau disingkat TKVDW merupakan adaptasi dari roman karya Buya Hamka yang kemudian difilmkan. Film ini dibintangi oleh beberapa artis berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahadian. Film ini rencananya akan rilis pada tanggal 19 Desember 2013 dan bisa langsung Anda tonton di bioskop-bioskop kesaangan Anda. Film yang disutradarai oleh Sunil Soraya ini sukses menjadi film yang cukup laris pada tahun 2013.
Tafsiran :
Dikisahkan, tahun 1930 Zainudin yang diperankan oleh Herjunot Ali berlayar dari tanah kelahirannya Makassar menuju ke Batipuh, Padang Panjang yang tidak lain adalah tempat kelahiran ayahnya. Ia bertemu dengan Hayati (Pevita Pearce) yang menjadi bunga persukuan di Minagnkabau. Zainuddin jatuh hati kepada Hayati dan kemudian memberikan kata-kata yang bisa membuat wanita terbawa dalam setiap kata yang dirangkai oleh Zainuddin.
Setelah melihat alur romantisme dari film ini, selanjutnya penonton akan mulai diperlihatkan konflik-konflik yang mulai muncul, seperti ketika hubungan antara Zainuddin dan Hayati tidak disetujui oleh para ninik-mamak dan juga tetua suku karena dirasa Zainuddin masih belum mapan dan tidak memiliki darah Minang.
Sebelum Zainuddin meninggalkan Batipuh, keduanya menuliskan sebuah ikrar setia akan menjalani hidup bersama suatu saat nanti. Tetapi kenyataan kembali datang pada Zainuddin ketika dalam sebuah pertunjukkan opera, ia bertemu dengan Hayati yang saat itu bersama dengan suaminya yaitu Aziz. Kisah cinta keduanya kini mengalami masa yang paling berat.
Evaluasi :
Film yang berdurasi 2,5 jam lebih ini memperlihatkan artistik dan properti ala tahun 1930-an. Namun kurang begitu meyakinkan kalau peristiwa itu terjadi pada tahun tersebut. Hal yang paling terasa adalah alur cerita yang terkesan lampat dan ada beberapa bagian yang tida kbegitu menarik sama sekali, seperti terlihat pada adegan ketika tokoh Zainuddin dan Hayati sedang surat menyurat. Akibatnya, konflik yang didapat kurang menarik, hanya sebagian saja yang naik, tapi kemudian menjadi datar. Penggunaan lagi Nidji pada backsound dirasa kurang pas untuk menyertai film ini, hal ini karena film ini bersetting pada tahun 1930-an sedangkan lagu tersebut terkesan modern.
Special effect ketika kapal tenggelam dirasa biasa saja dan terkesan agak dipaksakan. Kita bisa melihat ketika kapal Titanic tenggelam, yaitu karena menabrak karang, berbeda dengan tenggelamnya kapal van der wijk ini yang tidak begitu jelas apa sebab tenggelamnya kapal tersebut.
Rangkuman :
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, film ini tetap menarik untuk ditonton. Penggunaan kata yang pas serta kostum yang apik dari Samuel Wattimena membuat film ini menjadi salah satu film terbaik tahun 2013 lalu. Penggunaan kalimat yang cenderung puitis membuat film ini menarik dan bisa Anda jadikan referrensi untuk ditonton bersama keluarga tercinta.

Contoh lain, silahkan simak dibawah ini.

Contoh Teks Ulasan Laskar Pelangi

Siapa tidak tahu laskar pelangi? Ya film karya Riri Riza bisa dikatakan salah satu film Indonesia terbaik dan paling diingat hingga sekarang. Film yang diangkat dari sebuah karya novel dengan judul yang sama buah karya Andrea Hirata ini dibuat tahun 2008 silam. Sejak awal pemutarannya, film ini telah mendapat apresiasi yang positif dari para penonton sama seperti bukunya. Bagaimana tidak, berkat kolaborasi 2 produser terbaik negeri ini, Mira Lesmana dan Riri Riza, dapat menghantar film laskar pelangi yang bisa dikatakan sebagai film nasional terbaik sepanjang masa.

Yang membuat film ini terasa sangat menarik adalah tidak hanya dari segi alur ceritanya saja, melainkan juga tokoh-tokoh dalam cerita memiliki andil besar dalam kesuksesan film ini. Ya tokoh-tokoh dalam film Laskar Pelangi diambil dari anak-anak asli Belitung sehingga membuat pesan dan maksud dalam film ini dapat diterima oleh para penonton. Tokoh-tokohnya antara lain Ikal diperagakan oleh Zulfani, Lintang oleh Ferdian, Mahar diperankan oleh Verrys Yamarno dan tokoh-tokoh lain.

Laskar pelangi mengisahkan tentang 10 orang sahabat yang bersekolah di SD Muhammadiyah, salah satu sekolah kecil di Pulau Belitung. Awalnya, tempat mereka belajar tersebut diancam ditutup karena minat belajar siswa sana yang sangat rendah, namun karena keinginan keras dan kegigihan dari 10 sahabat ini, sekolah tersebut tidak jadi ditutup.

Hal itu tidak lepas pula dari peran guru mereka Bu Muslimah yang dilakonkan oleh Cut Mini dan Pak Harfan yang diperagakan oleh Ikranagara.

Tidak hanya mengisahkan persahabatan 10 anak tadi, film laskar pelangi juga menghadirkan cerita emosional mengenai Lintang, anak yang sangat pandai namun serba kekurangan. Ia harus bekerja keras diusinya untuk menghidupi dirinya dan adik-adiknya karena sang ayah yang telah meninggal dunia.

Kita tinggalkan sejenak masalah alur cerita, didalam pembuatannya yang kebanyakan bertempat di luar ruangan, membuat efek suara yang dihasilkan menjadi agak kurang jelas. Namun secara keseluruhan film ini layak dinobatkan menjadi salah satu karya film anak bangsa terbaik dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan dari berbagai generasi.

Oke, jika masih belum lengkap, silahkan kunjungi klik contoh ulasan film berikut Contoh Teks Ulasan Film 5 cm.

Nah itu tadi artikel dari saya mengenai pengertian teks ulasan, struktur dan contoh teks ulasan laskar pelangi. Semoga bermanfaat.

4 Comments

Leave a Reply