Tips Bagaimana Cara Mengatur Waktu Belajar dan Sekolah

Tips Bagaimana Cara Mengatur Waktu Belajar dan Sekolah. Nah jika sobat termasuk siswa yang duduk di bangku SMP atau SMA, aku paham betul kalau kehidupan sahabat sekarang ditemani dengan tugas-tugas hehehe.

Apalagi bagi kamu yang tengah duduk di bangku SMA, pasti sudah tak terbantahkan lagi kalau setiap harinya para pengajar sobat memberikan pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak terdapat bedanya tahun-tahun sebelumnya dengan tahun saat ini mengenai Pekerjaan Rumah. Walaupun sempat terdengar ultimatum jika sistem belajar tahun ini tidak memperbolehkan memberikan pekerjaan rumah terlalu banyak untuk siswa.

Semua itu hanya bualan saja menurut aku hahaha, aku pernah membaca sebuah postingan di facebook yang isinya tentang keluhan murid-murid SMP serta SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru itu yang faktanya tak terlaksana.

Bukannya PR yang berkurang, tapi malah bertambah banyak. Aku juga pernah membaca sebuah jadwal yang ditulis oleh murid perempuan kayaknya karena saya paham jika siswa laki-laki tidak akan se rajin itu (termasuk admin), meski tidak semua sih.

Dia membikin sebuah jadwal yang mana dari hari senin sampai seninnya lagi terdapat tugas ataupun PR, sungguh menakutkan memang.

Lebih parahnya lagi ada pula yang harus membuat pekerjaan rumah di hari libur di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, namun mereka pada hari Sabtunya berangkat untuk menggarap tugas bersama teman-temannya.

Jadi ya sama aja 6 hari sekolah kan hehehhehe.

Ok maka itu perlu lah dibuat sebuah model perencanaan waktu agar sobat nggak keteteran dan rest time sahabat dapat dipakai sebaik-baiknya. Baiklah langsung saja kita bahas tips tentang bagaimana cara mengatur waktu belajar siswa SMP dan SMA berikut.

Oh ya, bagi sobat yang mau ikut bimbingan belajar lewat sistem online, sobat bisa tuh menjajal Ruangguru.com, disana materinya lengkap dan disertai contoh soal beserta pembahasan. Cocok untuk sobat yang serba sibuk serta tidak ada waktu untuk datang ke tempat bimbel karena bimbingan belajar ini berbasis online.

Tips Mengatur Waktu Belajar Anak SMP SMA

Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Haram Hukumnya Menunda-nunda Tugas

Ya, yang pertama ini yang paling penting serta sangat teramat penting, sahabat sebagai siswa haram hukumnya untuk menunda-nunda membuat pekerjaan rumah.

90% kasus yang mengakibatkan pekerjaan rumah terasa menggunung ialah kebiasaan sahabat menyepelekan waktu membuat tugas.

Ah nanti ajalah, lagian tugasnya hanya sedikit!

Nah hal inilah yang malah membuat pekerjaan rumah lama-lama menumpuk dan kita bingung harus ngerjain yang mana terlebih dahulu sementara pada hari yang sama terdapat dua pekerjaan rumah yang berbeda.

Contohnya saja pekerjaan rumah fisika dan matematika yang harus dikumpulkan pada hari yang sama.

Mantap nggak itu….

Kerjain yang mana dulu hayo???

Maka dari itu, usahakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah secepat mungkin dan usahakan tidak sampai pr tersebut menggunung jika nggak ingin membuat waktu istirahat sahabat sia-sia cuma untuk mengerjakan tugas yang semestinya bisa sobat buat di jauh-jauh hari.

#2. Tidak Ada Hari Tanpa Belajar

Nah untuk yang nomor 2 ini perlu disimak juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya baik itu pada malam hari atau sehabis pulang sekolah, up to you sahabat, the important thing, usahakan tidak ada hari tanpa belajar.

Lho jadi kapan dong waktu bermainnya?

Waktu untuk liburan atau istirahat masih ada kok, silahkan manage berapa jam waktu belajar yang efektif serta efisien untuk sahabat.

Keuntungannya banyak yaitu selain membuat sahabat lebih siap untuk menghadapi bab-bab baru, sahabat juga bakal keinget nanti kalau ada tugas yang kelupaan.

Nggak cuma itu, sobat juga dapat mencicil menggarap pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku sobat, nanti kalau ada pekerjaan rumah dari guru harus ngerjain soal-soal yang ada pada buku sobat bisa enjoy-enjoy karena sudah ngerjain sebelumnya.

#3. Khusus Bagi yang Belajar Sambil Bekerja

Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar dan diwaktu yang bebarengan juga sambil bekerja, saya ada tips yang mungkin bisa menolong sobat mengatur waktu untuk belajar.

Jadi, cara mengatur waktu belajar serta bekerja untuk yang belum dan ingin mencari pekerjaan yang paling dasar ialah dengan mencari pekerjaan yang fleksibel dan nggak mengganggu jam pelajaran sekolah.

Arti dari fleksibel itu sahabat bisa bekerja kapan saja. Meskipun tidak semua job dapat seperti ini namun sebagian besar masih ada kok.

Sobat dapat meminta kepada atasan sobat tempat sahabat bekerja untuk mengasih sahabat pengertian mengenai jam kerja sobat, tapi setelah dikasih kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan bos sahabat.

Jika nggak mau bekerja dengan orang lain sahabat bisa tuh dengan berdagang makanan buatan rumah di sekolah atau dengan menitipkannya di kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Nah ini yang nampaknya paling gampang.

Terdapat juga job yang dapat sahabat lakukan kapan saja dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya berdagang lewat online atau membuat sebuah blog.

Nah ini nih bisnis yang sedang saya tekuni, selain karena waktunya yang bebas semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika sahabat sudah memiliki sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja ke urusan sekolah sobat karena uang akan datang dengan sendirinya.

Nah itu dia Tips Bagaimana Cara Mengatur Waktu Belajar dan Sekolah serta cara mengatur waktu belajar dan bekerja untuk sobat yang ingin mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply