Vektor Fisika Analisis Vektor untuk Gerak

Hai sahabat semua, kali ini saya bukan mau menjadi guru atau menggurui anda ya, saya hanya sekedar sharing sedikit pengetahuan saya saja tentang Vektor Fisika Analisis Vektor untuk Gerak.

Analisis vektor untuk gerak adalah materi fisika kelas sebelas bab pertama yang ada di kurikulum 2013. Mata pelajaran fisika sendiri memiliki kesulitan tersendiri untuk admin sendiri, tapi disini saya sebisa mungkin berbagi kepada anda apa yang saya ketahui tentang materi ini, jadi jika ada kesalahan mohon dimaklumi karena admin juga masih belajar.

Kembali ke materi, sebelum kita melangkah ke materi Vektor Fisika Analisis Vektor untuk Gerak, sebelumnya ada 2 materi prasyarat yang harus anda kuasai terlebih dahulu sebelum melangkah ke bab ini.

Kedua materi prasyarat itu adalah Diferensial dan Integral.

Nah bagi kalian yang belum tahu apa itu Diferensial dan Integral, simak penjelasan berikut:

Pengertian Diferensial dan Integral

Saya hanya menjelaskan singkat saja ya apa yang saya tahu tentang kedua materi tersebut, semoga kalian bisa mengerti maksud dari saya.

Jadi, Diferensial itu adalah turunan, sedangkan integral adalah kebalikan dari diferensial.

Nah sekarang kita bahas satu demi satu supaya lebih paham dan juga kita akan membahas contoh soal dari 2 materi prasyarat tersebut.

  • Diferensial ยป Turunan
Diferensial atau turunan ini memiliki rumus lho.. Berikut ini rumus dari Diferensial atau Turunan:
Vektor Fisika Analisis Vektor untuk Gerak
untuk dy/dt cara bacanya yaitu turunan y terhadap t.
Nah setelah ada rumusnya, selanjutnya kita bahas contoh soalnya sebagai berikut :
Tentukan Turunan dari nilai y berikut ini :
Turunan dan Diferensial
Nah untuk pembahasannya silahkan lihat gambar dibawah ini :
Contoh Soal dan pembahasan Diferensial
Ingat ! Cara mengerjakannya lihat pada rumus diatas. Pahami baik-baik ya!!!

Itu untuk soal yang sederhana, bagaimana jika kita menemui soal yang agak rumit dan panjang. Tenang, caranya mudah kok kalian tinggal menjabarkannya satu-satu terlebih dahulu, setelah itu digabungkan. Lebih jelas lihat contoh berikut :
Materi Diferensial
Nah itu tadi penjelasan mengenai Diferensial, selanjutnya kita akan membahas materi kedua dari prasyarat ini yaitu Integral.
Integral adalah mengembalikan semula, artinya mengembalikan bentuk turunan atau diferensial ke bentuk semula sebelum diturunkan. Bingung ya.. langsung saja kita lihat rumusnya :
Rumus Integral
Kurang lengkap rasanya jika tidak disertai dengan contoh, berikut contoh beserta pembahasannya :
Contoh soal dan pembahasan integral
Nah itu tadi materi prasyarat sebelum kita melangkah ke materi Vektor Fisika Analisis Vektor untuk Gerak, untuk postingan selanjutnya kita kan masuk ke materi tersebut, sekarang silahkan pahami dulu 2 materi diatas, jika kurang paham atau ingin mengajukan pertanyaan, silahkan berkomentar di kolom komentar yang sudah tersedia.
Terima Kasih semua.

Leave a Reply